Thursday, July 16th, 2015 - Motor Sport, News, Yamaha

OTONITY.com – Motor Yamaha MT-03 Terbaru. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali memproduksi motor sport naked di tahun 2015 ini. Setelah meluncurkan secara resmi New Yamaha MT-25 yang merupakan versi telanjang dari Yamaha R25 kini giliran Yamaha MT-03 turut dipasarkan. Motor naked dengan mesin 300 cc tersebut adalah versi telanjang dari Yamaha R3. Namun sayangnya meskipun diproduksi di dalam negeri ternyata Yamaha MT-03 tidak dijual di Indonesia dan justru akan diekspor ke beberapa negara Eropa dan Asia.

Cukup aneh memang walaupun produksinya di dalam negeri namun YIMM justru tidak dijual di Indonesia. Meskipun demikian pihak Yamaha memiliki alasan sendiri mengapa motor sport naked terbarunya tersebut tidak dijual di tanah air. Seperti yang diungkapkan oleh Mohammad Masykur selaku Asisten General Manager Marketing Yamaha Indonesia bahwa Yamaha MT-03 diproduksi khusus hanya untuk pasar ekspor saja, alasan utamanya adalah beban pajak yang diberikan oleh pemerintah Indonesia menyangkut pada motor dengan mesin di atas 250 cc.

Tentu saja secara otomatis hal tersebut membuat sulit bagi Yamaha Indonesia untuk menjualnya di dalam negeri. Meskipun sebenarnya bisa dilakukan namun harga yang akan dipatok terlalu mahal bagi konsumen tanah air. Untuk itulah pihak YIMM sendiri lebih memilih untuk memperkuat pasar Yamaha MT-25 saja yang secara harga jauh lebih murah namun dengan desain tidak berbeda sama sekali dengan Yamaha MT-03.

Walaupun wujud aslinya belum diperkenalkan namun sudah dapat dipastikan bahwa New Yamaha MT-03 bakal mengusung mesin berkapasitas 321 cc dua silinder yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 24 hp serta torsi puncak hingga 29,6 Nm. Selain itu karena motor ini memang khusus untuk pasar Eropa maka juga sudah dibekali dengan teknologi ABS (Anti-Lock Braking System). Kabar terbaru mengungkapkan bahwa Yamaha MT-25 akan mengaspal di Eropa pada bulan November mendatang atau tepatnya saat pameran EICMA 2015 yang berlangsung di Italia.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memang sudah dipercaya sebagai produsen kendaraan dengan mesin kecil untuk pasar global. Sebelumnya YIMM juga sudah meluncurkan motor sport Yamaha R15 dan R25 untuk pertama kalinya. Motor dengan fairing tersebut dirancang mirip seperti Yamaha M1 milik Valentino Rossi di ajang MotoGP. Setelah itu YIMM kemudian turut memproduksi New Yamaha R3 namun tidak dijual di Indonesia dan hanya diekspor ke beberapa negara Eropa karena alasannya sudah jelas yaitu terkendala oleh beban pajak pemerintah.

Sebagai tambahan informasi bahwa setelah bermain di segmen motor sport YIMM kemudian menghadirkan motor matik bongsor terbaru dengan mesin 150 cc yakni New Yamaha NMAX. Sama seperti keluarga MAX lainnya skuter bertubuh gagah buatan Karawang tersebut memiliki desain yang mirip motor sport di bagian depan dan didukung pula berbagai fitur canggih di dalamnya termasuk teknologi Blue Core dan ABS. Selang beberapa bulan ke depan YIMM meluncurkan kembali New Yamaha NMAX namun kali ini tanpa dibekali piranti ABS sehingga secara harga pun juga lebih terjangkau namun tidak mengurangi kualitasnya.

Terakhir pabrikan berlogo garpu tala ini secara resmi meluncurkan New Yamaha MT-25 di ajang Jakarta Fair Kemayoran 2015 dengan banderol hanya Rp 46 jutaan. Motor sport naked tersebut memiliki tampilan yang garang serta dibekali posisi berkendara lebih nyaman dibandingkan dengan versi fairing. Kita tunggu saja model apa lagi yang nantinya bakal dihadirkan oleh YIMM, apalagi peminat dari produk Yamaha Indonesia tidak hanya berasal dari konsumen di dalam negeri saja namun juga menyasar ke negara tetangga hingga Eropa. Baca Juga, Harga Aksesoris Yamaha MT-25 Terbaru Indonesia, Yamaha R25 Versi MotoGP Dikirim Ke Jepang dan New Yamaha R3 2015 ABS.

Motor Matic Yamaha XMAX 250 Meluncur, Ada 4 Pilihan Warna

Daftar Harga Aksesoris Suzuki GSX-R150 2017

Harga Aksesoris Resmi Suzuki GSX-S150 2017

Yamaha Jupiter MX 135 Harga, Fitur, Kelebihan Dan Kekurangan

Yamaha MT-25 2017 Harga, Fitur Dan Kelebihan

Motor Matic Yamaha XMAX 250 Meluncur, Ada 4 Pilihan Warna

Daftar Harga Aksesoris Suzuki GSX-R150 2017

Harga Aksesoris Resmi Suzuki GSX-S150 2017

Toyota Great Corolla – Harga, Spesifikasi Dan Review Singkat

Toyota Soluna Bekas – Harga, Spesifikasi Dan Review Singkat