Home Daihatsu Mobil Terlaris Daihatsu Indonesia di Semester 1 Tahun 2015

Mobil Terlaris Daihatsu Indonesia di Semester 1 Tahun 2015

1020
0

OTONITY.com – Mobil Daihatsu Paling Laris Januari-Juni 2015 Indonesia. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memang sedikit mengalami penurunan penjualan pada semester pertama tahun 2015 ini dibandingkan dengan periode yang sama pada 2014 kemarin. Meskipun demikian pabrikan asal Jepang ini masih mampu bertahan di tengah lesunya pasar otomotif dalam negeri sejak beberapa bulan terakhir. Menariknya penyumbang terbesar mobil Daihatsu bukan berasal dari segmen kendaraan keluarga melainkan dari mobil niaga yaitu Daihatsu Gran Max. Hal ini memang cukup mengejutkan mengingat para pabrikan lain lebih mengandalkan kendaraan berpenumpang seperti MPV, hatchback atau SUV untuk mendongkrak penjualan.

Sementara itu dengan semakin larisnya pikap Daihatsu Gran Max membuktikan bahwa tingkat perekonomian masyarakat Indonesia khususnya di daerah pedesaan sudah mulai meningkat karena kebanyakan kendaraan pikap digunakan untuk mengangkut hasil pribumi seperti padi dan lain sebagainya. Apalagi penjualan Daihatsu Gran Max semakin meningkat ketika masa panen sudah tiba.

Menurut data dari ADM penjualan mobil Daihatsu Gran Max secara wholesales atau dari pabrik ke dealer mencapai 40.420 unit terhitung sejak Januari sampai Juni 2015 atau menyumbang sebesar 45,5 persen dari seluruh total penjualan mobil Daihatsu di Indonesia dengan rincian 36,6 persen atau 32.510 unit untuk mobil pikap dan 7.910 unit atau 8,9 persen pada varian mini bus. Sementara itu di urutan kedua ditempati oleh MPV kembaran Toyota Avanza yaitu New Daihatsu Xenia yang pada semester pertama kemarin sukses menyumbang penjualan hingga 19.612 unit atau setara dengan 22,1 persen.

Daihatsu-Ayla-M-Sporty

Sedangkan hatchback Daihatsu Ayla berada di urutan ketiga dengan 17.518 unit atau 19,7 persen terhitung sejak Januari hingga Juni 2015. Mobil yang berada di segmen LCGC ini kabarnya bakal mendapatkan varian limited edition pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 untuk memperingati hari ulang tahun Indonesia yang ke-70 tahun.

Penjualan mobil Daihatsu secara retailsales pun ternyata juga tidak jauh berbeda dan lagi-lagi Daihatsu Gran Max masih menjadi yang paling laris selama semester pertama kemarin. Baik Gran Max pikap maupun Mini bus secara total telah terjual sebanyak 37.985 unit atau sekitar 44,4 persen dari seluruh penjualan. Sementara itu Daihatsu Xenia kembali berada di urutan kedua dan kali ini secara retailsales terjual hingga

Tak hanya wholesales, di penjualan retail ketiga model tersebut juga masih mendominasi. Gran Max untuk jenis pikap dan minibus terjual sebanyak 19.129 unit atau 22,4 persen. Diurutan berikutnya masih ditempati Daihatsu Ayla yang memberikan sumbangan sebanyak 17.383 unit atau mencapai 20,3 persen dari seluruh penjualan Daihatsu Indonesia.

Amelia Tjandra selaku marketing director PT ADM mengatakan pihak Daihatsu berhasil melewati semester pertama tahun 2015 dengan cukup baik dan hasilnya sangat memuaskan meskipun berada di tengah kondisi pasar otomotif dalam negeri yang kurang begitu stabil. Setidaknya Daihatsu masih bisa mencatat penjualan positif dibandingkan dengan pabrikan-pabrikan lain sekaligus menempatkan Daihatsu Gran Max Pikap sebagai kendaraan niaga paling laris di Indonesia.

Amelia menambahkan secara total penjualan selama Januari-Juni 2015 memang jumlahnya sedikit lebih rendah dibandingkan tahun lalu namun setidaknya ADM masih mampu berkontribusi dengan baik dalam menghadapi masalah perekonomian dalam negeri yang semakin memburuk akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Walaupun hanya mengandalkan tiga produknya yaitu Daihatsu Gran Max, Xenia dan Ayla saja namun setidaknya mampu meningkatkan permintaan penjualan untuk pasar wholesales sebesar 2 persen di tahun ini yaitu mencapai 16,9 persen sedangkan tahun lalu hanya 14,9 persen. Sementara itu untuk penjualan retailsales naik 1 persen yakni dari 15,2 persen mejadi 16,2 persen selama 6 bulan awal tahun 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here