Wow, Honda Indonesia Pasarkan 2,13 Juta Unit Motor di Januari-Juni 2015

0

OTONITY.com – Angka Penjualan Motor Honda Bulan Januari-Juni 2015. Penjualan sepeda motor dari PT Astra Honda Motor (AHM) masih menjadi yang paling tinggi di tahun 2015 ini. Terhitung sejak bulan Januari hingga Juni pabrikan berologo sayap kepak ini sukses menjual produknya hingga 2,13 juta unit di seluruh Indonesia sedangkan pada bulan Juni kemarin saja AHM sudah mencatat penjualan sebanyak 357.000 unit. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bulan Mei kemarin yang hanya meraih 304.900 unit.

Meskipun saat ajang Jakarta Fair Kemayoran 2015 kemarin penjualan motor Honda masih kalah dengan Yamaha namun setidaknya secara keseluruhan AHM masih menjadi terbaik dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Khusus untuk bulan Juni kemarin faktor bulan ramadhan dan memasuki musim mudik menjadi alasan utama mengapa penjualannya naik drastis dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang selalu memberi barang baru ternyata juga berdampak pada penjualan sepeda motor.

Selain itu menurut Margono Tanuwijaya selaku Direktur Marketing AHM mengatakan jumlah hari kerja di bulan Juni juga lebih banyak dibandingkan Mei sehingga secara otomatis juga meningkatkan jumlah penjualan meskipun hanya berjarak dua hari saja. Sayangnya dibandingkan penjualan motor Honda di bulan Juni tahun ini masih jauh lebih rendah dari periode sama pada tahun lalu yang sukses mencetak penjualan sebanyak 471.585 unit. Saat itu kondisi perekonomian dalam negeri masih terbilang bagus sehingga minat masyarakat untuk membeli motor baru pun juga meningkat.

Honda BeAT Pop 2015

Margono juga menjelaskan penurunan perekomian dalam negeri tidak hanya berdampak pada bidang otomotif saja namun juga terjadi di seluruh industri. Meskipun demikian dirinya memprediksi pada semester kedua nanti kondisi pasar tanah air akan cenderung lebih baik dibandingkan semester 1 kemarin walaupun diperkirakan tidak akan berdampak secara signifikan.

Pemerintah sendiri baru saja menerapkan peraturan baru mengenai DP kredit sebuah kendaraan yang semula 25 persen menjadi 15 persen. Namun Margono meyakini hal tersebut tidak akan terlalu berdampak kepada masyarakat mengingat semuanya juga tergantung terhadap kondisi pasar. Selain itu masyarakat pun cenderung lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan pokok terlebih dulu dibandingkan dengan membeli kendaraan baru.

Pihak Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menargetkan penjualan sepeda motor di tanah air selama tahun 2015 ini akan mencapai 6,8 juta sampai 7 juta. Sementara itu untuk bulan Januari-Mei kemarin saja penjualan motor sudah mencapai 2,6 juta unit dan jika tidak ada kendala bisa saja target tersebut akan tercapai apabila rata-rata penjualan seluruh merek bisa mencapai 500 ribu unit per bulan.

AHM sendiri memang menyadari kalau pasar otomotif dalam negeri sedang lesu, meskipun demikian tahun ini mereka telah meluncurkan banyak sekali produk baru seperti Honda Vario 150 dan Vario 125, lalu Honda BeAT Pop dan masih banyak lagi varian motor matik. Belum lagi ditambah oleh dua produk andalan terbarunya yang baru saja meluncur yaitu New Honda CB150R dan Honda Sonic 150.

Diharapkan hadirnya kedua motor baru tersebut bisa meningkatkan penjualan AHM apalagi target utama dari Honda CB150R maupun Sonic 150 adalah kalangan anak muda yang ingin tampil percaya diri dan elegan. Khusus untuk Honda Sonic ini merupakan pertama kalinya kembali diproduksi setelah sekian tahun discontinue. Pasar motor bebek yang cenderung menurun ternyata tidak menyurutkan minat AHM untuk mendatangkan pesaing Suzuki Satria F150 tersebut. Apalagi secara desain dan juga teknologi jauh lebih menarik dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang masih memakai mesin 125 cc. Baca Juga, Penjualan Motor Anjlok Pada Bulan April 2015, CB150R Dongkrak Penjualan Motor Sport Honda Indonesia dan Motor Terbaru Yamaha Laris di Pertengahan 2015.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY