Home Motor Motor Matik Kelebihan dan Kekurangan Mudik Gunakan Motor Matic

Kelebihan dan Kekurangan Mudik Gunakan Motor Matic

1835
0

OTONITY.com – Keunggulan & Kelemahan Mudik Pakai Sepeda Motor Matic. Mudik dengan menggunakan sepeda motor sebenarnya memang tidak dianjurkan oleh pihak kepolisian karena memiliki potensi besar terjadi kecelakaan akibat kelelahan. Meskipun demikian tidak sedikit pula masyarakat yang memilih mudik memakai kendaraan roda dua karena dianggap lebih cepat dan terbebas dari kemacetan. Dalam beberapa tahun terakhir banyak pemudik lebih memilih pulang kampung ke halaman menggunakan motor matik.

Menurut pengendara memakai matik memiliki banyak sekali kelebihan seperti tidak merasa cepat lelah karena tidak harus bermain dengan perseneling. Selain itu motor matik juga mempunyai suspensi yang lebih empuk sehingga sangat nyaman sekali digunakan bersama keluarga termasuk ketika membawa anak kecil. Sayangnya di balik kelebihan-kelebihan tersebut matik juga memiliki beberapa kelemahan.

Misalnya saja adalah ruang kapasitas tangki bahan bakar yang rata-rata sangat kecil membuat pengendara harus lebih sering berhenti ke tempat pengisian bahan bakar. Selain itu motor matik juga lebih boros dibandingkan motor bebek karena tidak memiliki jeda seperti kopling. Kekurangan yang terakhir adalah motor matik tidak dapat digunakan untuk menampung banyak barang dan rata-rata hanya cocok untuk memuat pengendara dan pembonceng saja. Meskipun tersedia ruang di bagian depan namun sebenarnya tempat tersebut hanya khusus digunakan sebagai pijakan saja.

Untuk itulah bagi pemudik yang memakai motor skutik disarankan tidak membawa barang terlalu banyak agar tetap nyaman selama perjalanan. Selain itu pastikan kondisi speedometer pada informasi bahan bakar aktif guna mengetahui apakah masih cukup untuk mencapai SPBU berikutnya. Meskipun demikian ada keuntungan sendiri bagi pengendara yang memakai motor matik yaitu dengan sering berhenti mengisi BBM juga berguna untuk mengistirahatkan tubuh.

Disarankan sebelum jarum menyentuh tanda merah sebaiknya isi kembali motor matik anda ke SPBU. Hal itu dilakukan agar nantinya ketika anda melewati jalur yang sepi SPBU masih bisa mencukupi terutama bagi anda yang belum hafal lokasi-lokasi stasiun pengisian BBM. Rata-rata motor matik yang saat ini sudah beredar di Indonesia telah dilengkapi dengan teknologi fuel injection namun meskipun demikian jika digunakan untuk jarak jauh tetap saja kurang baik bagi kendaraan.

Selain itu bagi pemudik motor matik hindari jalur yang memiliki medan banyak berlubang dan kurang rata karena seperti kita ketahui matik memiliki ground clearance yang cukup rendah dan dikhawatirkan jika masuk ke lubang akan merusak beberapa bagian seperti mesin atau bagian lainnya. Jangan lupa selalu lengkapi kendaraan anda dengan perangkat perbaikan seperti kunci dan juga baut atau mur cadangan supaya nantinya jika ada kendala atau sesuatu yang terlepas tidak menimbulkan kepanikan.

Kondisi ban juga harus selalu dilakukan pemeriksaan misalnya saja setiap masuk ke SPBU cek pula tekanan ban apakah sudah tepat atau belum, jika merasa kurang di SPBU biasanya telah disediakan kompresor angin. Yang paling penting adalah sistem pengereman dan sebaiknya selalu melakukan pemeriksaan ketika anda berhenti. Lakukan penyetelan apabila rem motor matik anda terlalu dalam. Selain itu pastikan pula bagian cakram rem dalam kondisi normal dan jika terdengar suara decit berarti ada masalah di bagian kampas. Lebih baik segera cari bengkel terdekat dan minta untuk dilakukan perbaikan atau penggantian kampas. Baca Juga, Motor Matic Murah Bagasi Besar Untuk Mudik, Resiko Mudik Gunakan Sepeda Motor dan Perlengkapan Motor Untuk Mudik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here