Home Mobil Sokon Siap Produksi MPV Baru di Indonesia, Saingi Avanza dan Xenia

Sokon Siap Produksi MPV Baru di Indonesia, Saingi Avanza dan Xenia

2942
0

OTONITY.com – MPV Sokon Terbaru Akan Diproduksi di Indonesia. Pasar otomotif di kelas low MPV sepertinya bakal semakin ramai setelah hadirnya penantang baru dari China, PT Sokonindo Automobile (SA) selaku pemegang saham di pasar tanah air bahkan berani melakukan investasi sebesar USD 150 dolar atau setara dengan Rp 2,01 triliun. Rencananya produksi mobil Sokonindo bakal dilakukan di daerah Cikande, Banten dan menariknya lagi produksi pertama nanti bakal disaksikan oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin. Sementara itu untuk kapasitas produksi awal pihak SA bakal membuat hingga 50 ribu unit per tahun dan tidak hanya untuk memenuhi permintaan dalam negeri saja namun juga turut diekspor ke beberapa tetangga.

Mobil MPV terbaru dari PT Sokonindo nanti diprediksi akan menjadi pesaing bagi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Apalagi dari segi harga jelas jauh lebih murah sehingga diharapkan bisa menjaring lebih banyak konsumen terutama di kelas menengah ke bawah. Hanya saja hingga kini untuk masalah banderol harga resminya memang belum bisa diumumkan. Sementara itu menurut Alexander Barus selaku Komisaris SI mengatakan bahwa untuk urusan dapur pacu akan dibenamkan mesin diesel berkapasitas 1.3 liter dan bensin 1.5 liter. Menariknya Alex berani mengklaim bahwa dimensi dari mobil terbarunya tersebut bakal lebih besar dibandingkan dengan Daihatsu Xenia atau Toyota Avanza.

Menurut Alex produksi dari mobil Sokonindo nanti kebanyakan akan menggunakan komponen lokal yaitu mencapai 80 persen sedangkan komponen impor hanya 20 persen. Jadi tidak mengherankan jika banderolnya lebih terjangkau. Sedangkan untuk produksi awal MPV anyar ini akan dimulai pada bulan November 2015 di daerah industri Cikande, Serang, Banten. Hingga kini pabrik tempat perakitan mobil Sokon memang masih belum rampung dan baru mencapai 40 persen.

Mobil Sokong di Indonesia

Produk China di pasar Indonesia memang sudah cukup menjamur namun untuk sektor otomotif khususnya mobil mungkin ini adalah sesuatu yang jarang. Banyak pihak memprediksi bahwa hadirnya Sokon di Indonesia nanti belum mampu bersaing dengan pabrikan mobil lainnya yang berasal dari Jepang. Di tanah air sendiri sebenarnya sudah ada beberapa merek China yang turut meramaikan pasar seperti Gelly, Great Wall, Foton dan Cheery. Hanya saja semua mobil asal negeri tirai bambu tersebut belum bisa menarik minat masyarakat untuk membelinya.

Sementara itu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pihak Sokonindo telah melakukan berbagai strategi seperti menyiapkan jaringan layanan purna jual Sokon di Indonesia dengan melakukan mitra kerjasama dengan PT Kaisar Motorindo Industri (KMI). Alex menjelaskan permasalahan utama yang biasanya membuat mobil-mobil di Indonesia tidak mampu berkembang adalah karena jaringan kurang begitu kuat sehingga meskipun harganya murah namun karena terkendala lokasi servis dan juga suku cadang tentu membuat masyarakat enggan untuk membelinya.

Berbeda dengan pabrikan asal Jepang yang telah memiliki banyak sekali dealer dan suku cadangnya pun sudah sangat lengkap. Sedangkan alasan utama dari Sokonindo melakukan kerjasama dengan KMI adalah karena mitranya tersebut telah memiliki jaringan 200 dealer resmi di seluruh Indonesia. KMI sendiri merupakan perusahaan perakitan sepeda motor dan motor roda tiga di Indonesia serta telah berdiri sejak tahun 2013 silam. Layanan purna jual dari KMI tidak hanya berpusat di kota-kota besar saja namun juga sudah merambah hingga ke daerah yang sedang berkembang seperti Ambon, Pontianak, Manokwari, Medan, Pekanbaru dan Padang.

Diperkirakan mobil MPV Murah buatan Sokon ini akan dimulai produksi pada bulan November mendatang dan untuk pemasarannya sendiri baru bisa dilakukan pada pertengahan tahun 2016. Baca Juga, DP Grand New Avanza 2015 Cuma Rp 5 Juta dan Tanda Jadi Great New Xenia 2015 Cuma Rp 2,5 Juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here