Home Mobil Bahan Bakar Pertalite Mulai Dijual, Ini Kelebihannya

Bahan Bakar Pertalite Mulai Dijual, Ini Kelebihannya

905
0
SHARE

OTONITY.com – Keunggulan BBM Terbaru Pertalite. Bahan bakar baru bernama Pertalite sudah resmi diluncurkan oleh pihak PT Pertamina Persero dan ternyata antusias masyarakat pun juga cukup banyak baik dari pemilik kendaraan roda dua maupun roda empat. PT Pertamina sendiri menjual Pertalite dengan harga Rp 8.400 atau lebih mahal Rp 1.000 rupiah dari harga Premium. Walaupun baru dijual di tiga kota saja namun sepertinya kehadiran Pertalite mampu menarik lebih banyak masyarakat untuk mulai meninggalkan premium.

Andy Noorsaman Sommeng selaku kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi mengatakan setidaknya ada 4 kelebihan yang dimiliki oleh BBM baru ini. Yang pertama adalah Durability yaitu membuat mesin lebih baik dan menjadi semakin bersih. Dengan demikian mesin kendaraan tidak mudah mengalami kerusakan karena Pertalite telah dilengkapi dengan ecosave yang akan selalu menjaga mesin kendaraan.

Kelebihan kedua yang dimiliki bahan bakar Pertalite adalah sisi Benefits, yaitu dimana pembakaran menjadi lebih baik dan mampu memiliki efisiensi mencapai 10 sampai 11 persen dibandingkan dengan premium. Jadi tidak hanya kualitas mesin saja yang menjadi lebih bagus namun untuk urusan konsumsi bahan bakar pun menjadi semakin baik dan tentu saja membuat konsumen lebih hemat dalam pengeluaran.

Pertalite diluncurkan

Ketiga Fuel Consumption yaitu konsumen diharapkan bisa lebih pintar dalam memilih bahan bakar dan jangan terlalu mudah untuk menggunakan BBM karena melihat dari segi harga. Pertalite telah dilengkapi dengan teknologi yang mutakhir sehingga meskipun digunakan pada saat suhu maupun cuaca panas bahan bakar baru ini tetap mampu melakukan pembakaran secara efisien sehingga membuat kendaraan lebih hemat. Berbeda dengan premium yang pada saat siang hari menjadi lebih mudah menguap.

Terakhir adalah dari segi performa dan tentu saja karena Pertalite ini memiliki RON 90 maka secara kualitas memang lebih baik dibandingkan dengan premium yang hanya memiliki RON 88. Pertalite membuat mesin menjadi lebih bersih dan ringan sehingga performanya pun menjadi lebih optimal. Jadi tidak ada salahnya kalau mulai sekarang anda yang sebelumnya masih memakai bahan bakar premium bisa pindah dengan menggunakan Pertalite.

Meskipun memiliki banyak kelebihan namun ternyata tidak semua kendaraan sebenarnya cocok memakai Pertalite, sebenarnya penggunaan bahan bakar pada sebuah kendaraan ditentukan oleh rasio dan semakin tinggi tingkat kompresi Rasio tersebut maka seharusnya pemilik mobil maupun motor juga diwajibkan menggunakan RON dengan kualitas tinggi seperti Pertamax.

Jika tetap memaksakan kendaraan yang seharusnya menggunakan RON 92 namun diisi dengan memakai RON 90 atau 88 maka hasilnya membuat mesin menjadi knocking atau mengelitik sehingga kendaraan pun tidak lagi bertenaga seperti saat baru. Tidak hanya itu saja dengan memakai bahan bakar RON rendah maka konsumsinya pun juga menjadi lebih boros. Apabila terus dibiarkan bukan tidak mungkin akan membuat piston menjadi rusak dan menyebar ke daerah lainnya.

Sayangnya masyarakat Indonesia memang kurang begitu peduli terhadap masalah tersebut dan apapun kendaraannya masih banyak yang tetap memakai premium (RON88). Jadi dengan hadirnya Pertalite sebenarnya sedikit membantu para pemilik kendaraan dalam menjaga kualitas mesin mereka. Apalagi harga dari Pertalite ini sendiri tidak terlampau mahal jadi bisa menjadi alternatif bagi yang sebelumnya masih enggan untuk membeli Pertamax.

Belum ada keterangan resmi dari pihak Pertamina mengenai kapan Pertalite bisa dijual di seluruh SPBU yang ada di Indonesia karena kini masih dalam tahap uji coba untuk mengetahui bagaimana respon masyarakat terhadap bahan bakar baru tersebut. Namun menurut kabar yang beredar jika Pertalite mendapat respon positif kemungkinan besar pada akhir tahun 2015 bisa mulai dipasarkan ke daerah lain. Baca Juga, Manfaat Mesin Mobil Memakai Bahan Bakar Pertamax dan Efek Mencampur Premium dengan Pertamax.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here