Home Motor Harga Motor Yamaha R3 Buatan Indonesia Siap Melenggang di India

Yamaha R3 Buatan Indonesia Siap Melenggang di India

1384
0

OTONITY.com – Motor Sport Yamaha YZF-R3 2015 Segera Rilis di India. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memang memproduksi New Yamaha YZF-R3, namun sayangnya tidak dijual di pasar dalam negeri karena beberapa alasan dan justru dijual ke beberapa negara di kawasan Asean serta India. Motor sport yang berada di segmen 300 cc ini sesuai rencana bakal mengaspal di negara hindustan pada tanggal 11 Agustus mendatang dan peluncurannya sendiri akan dilakukan di Buddh International Circuit.

Tentu saja Yamaha R3 yang ada di India tersebut didatangkan secara CKD dari Indonesia, sedangkan untuk masalah harga memang pihak Yamaha India masih belum ingin membocorkannya. Meskipun demikian menurut spekulasi yang beredar kemungkinan besar banderol dari Yamaha R3 tersebut akan ada di angka Rp 63 jutaan atau setidaknya hampir sama dengan harga pesaingnya yaitu Kawasaki Ninja 300. New Yamaha R3 2015 ini mengusung mesin berkapasitas 321 cc silinder ganda yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 41,4 hp serta torsi puncak hingga 29,6 Nm.

Dengan bobotnya yang hanya 169 kg tentu akselerasi dari Yamaha R3 buatan Indonesia ini cukup bagus, apalagi di sektor kaki-kaki juga telah dibekali dengan fitur ABS sebagai penunjang keselamatan, walaupun demikian pihak Yamaha juga sudah menyiapkan versi Non ABS dengan harga lebih murah. Di pasar India motor sport berdesain keren tersebut akan bersaing dengan beberapa kompetitor lainnya seperti Hyosung GTR 250, KTM RC 390, Kawasaki Ninja 300 dan Honda CBR300.

Yamaha R3 2015

Berbeda dengan negara India dan Eropa yang dalam waktu dekat sudah bisa merasakan New Yamaha R3, Indonesia sebagai produsen justru tidak menjadi prioritas utama dari PT YIMM karena secara harga dan juga mesin kurang sesuai bagi pecinta otomotif di tanah air. Seperti yang dijelaskan oleh M. Abidin selaku GM Service & Motorsport Yamaha Indonesia bahwa pihaknya memang lebih fokus untuk memenuhi ekspor terlebih dulu dan belum mau menerima permintaan dari dalam negeri. Peraturan PPnBM dari pemerintah Indonesia yang cukup berat menjadi alasan utama mengapa YIMM justru enggan untuk menjualnya di tanah air.

Perlu anda ketahui pajak PPnBM untuk motor berlaku bagi yang menggunakan mesin di atas 250 cc hingga 500 cc akan dikenakan pajak mencapai 65 persen. Sedangkan untuk motor di atas 500 cc dibebankan pajak sebesar 125 persen. Tentu saja ini cukup menyulitkan bagi Yamaha Indonesia apabila tetap menjual R3 yang memiliki mesin 300 cc. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan apabila suatu saat nanti YIMM turut menjual Yamaha R3 ke publik dalam negeri namun dengan beberapa pertimbangan. Sementara itu menurut Mohammad Masykur selaku Asisten GM Pemasaran YIMM mengatakan saat ini pihaknya memang masih belum tertarik untuk menjual Yamaha R3 di Indonesia.

Dirinya menambahkan jika masuk ke pasar dalam negeri diperkirakan Yamaha R3 dibanderol dengan harga sangat mahal yaitu mencapai Rp 84 jutaan lebih, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga Yamaha R25 yang hanya Rp 53 juta serta harga Yamaha R3 di Jepang dengan banderol 68,3 jutaan. Tentu saja angka tersebut cukup diperhitungkan bagi masyarakat tanah air dan kemungkinan lebih memilih untuk membeli Yamaha R25 yang hanya selisih 50 cc saja.

Apalagi secara desain, bentuk maupun akselerasi baik Yamaha R3 dan juga Yamaha R25 tidak jauh berbeda. Pihak Yamaha Indonesia mengklaim konsumen dalam negeri sebenarnya lebih cocok pada kendaraan roda dua dengan mesin 250 cc dan 150 cc saja karena lebih sesuai baik dari postur tubuh maupun harga pembelian. Baca Juga, Alasan Yamaha R3 Terbaru Belum Dijual di Indonesia dan Yamaha MT-03 Indonesia Dikirim ke Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here