Home Mobil Tips Mudah Rawat Cat Doff Pada Motor/Mobil

Tips Mudah Rawat Cat Doff Pada Motor/Mobil

9609
0

OTONITY.com – Cara Merawat Cat Warna Doff Motor Mobil. Dalam beberapa tahun belakangan ini para pabrikan otomotif memberikan sentuhan warna yang semakin beragam pada produknya, jika dulu kendaraan baik sepeda motor maupun mobil lebih banyak menggunakan cat metalik kini justru cat doff menjadi semakin populer. Doff sendiri memiliki sifat tidak memantulkan cahaya jika terkena sinar matahari atau lampu di malam hari, selain itu tampilannya pun juga terlihat lebih kusam dibandingkan dengan mobil atau motor yang memakai cat metalik.

Meskipun demikian warna Doff membuat kendaraan tersebut tampil lebih elegan dan juga semakin garang, jadi tidak mengherankan jika warna ini semakin populer terutama di Indonesia yang kini sudah mulai tersedia di beberapa varian motor matik seperti Honda Vario 150. Hanya saja cara merawat cat Doff pada kendaraan tidaklah mudah dan memerlukan cara khusus supaya warnanya bisa semakin awet, jika salah dalam perawatannya justru akan membuat cat menjadi pudar dan tentu saja warnanya tidak keren seperti sebelumnya.

Kelemahan warna Doff pada kendaraan adalah mudah sekali mengalami cacat apabila terkena goresan seperti debu dan partikel kecil lainnya. Untuk membersihkan kendaraan warna Doff sebaiknya bersihkan terlebih dulu permukaan dengan menggunakan kain halus atau bisa juga memakai kemoceng. Hal ini dilakukan supaya debu dan juga kotoran lainnya bisa terangkat terlebih dulu. Apabila anda langsung menyiramnya dengan air maka debu pun tidak bisa hilang dengan mudah.

tips dan cara merawat cat mobil motor warna doff

Selanjutnya persiapkan dua buah ember kemudian isi dengan air bersih, satu ember khusus untuk mencampurkan dengan sabun dan satu ember lagi hanya berisi air yang gunanya nanti untuk menyiram kendaraan. Jangan lupa persiapkan pula beberapa bahan lainnya seperti busa, sabun khusus mencuci mobil dan juga kanebo. Namun perlu anda ingat busa yang digunakan harus lembut dan tidak mudah menempel bersama kotoran. Dikhawatirkan jika debu melekat pada busa nantinya justru akan menggores bodi kendaraan anda sendiri.

Baca juga: Cara Merawat Cat Tidak Cepat Kusam / Pudar

Sementara itu untuk sabun atau sampo yang digunakan juga harus khusus untuk kendaraan, hindari memakai sabun cuci pakaian karena zat kimia yang terdapat di dalamnya juga berbeda-beda. Kualitas sampo cuci kendaraan yang bagus adalah memiliki kontur lembut dan mudah berbusa. Anda bisa membelinya di toko-toko aksesoris kendaraan atau bisa juga memperolehnya di mini market. Tuangkan sampo tersebut ke dalam ember yang telah di isi air bersih lalu aduk hingga berbusa.

Selanjutnya jika kendaraan sudah dibersihkan memakai kain atau kemoceng langkah berikutnya adalah siram atau semprot menggunakan air bersih. Sebaiknya jangan menyemprot dengan tekanan tinggi karena bisa berakibat fatal apabila mengenai komponen listrik terutama pada motor berteknologi injeksi.

Setelah semua anda siram dengan rata berikutnya celupkan busa ke dalam ember yang telah terisi sabun lalu gosokan ke bodi kendaraan. Lakukan dengan perlahan tanpa tekanan untuk menghindari goresan, jika terdapat kotoran yang sulit dihilangkan seperti bekas kotoran hewan atau lain sebagainya anda bisa memakai sikat gigi, namun perlu diingat gosok secara perlahan dan jika sudah hilang segera siram kembali menggunakan air bersih.

Baca juga: Harga Cat Krom Komponen Motor Dan Mobil

Setelah selesai mencuci bilas kendaraan anda menggunakan air bersih atau bisa juga menggunakan air mengalir. Periksa juga bagian kolong apakah benar-benar bersih atau belum dan setelah itu baru keringkan menggunakan kanebo. Sebaiknya hindari memakai kanebo yang sudah tidak layak pakai seperti mulai kaku hingga penuh dengan bekas lipatan. Untuk hasil lebih maksimal anda juga bisa memberikan semprotan khusus agar kualitas cat doff pada kendaraan anda bisa semakin awet serta terlihat kinclong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here