Home Motor Pertalite Cocok Untuk Semua Motor Buatan Yamaha

Pertalite Cocok Untuk Semua Motor Buatan Yamaha

895
0

OTONITY.com – Sepeda Motor Yamaha Cocok Gunakan BBM Baru Pertalite. PT Pertamina Persero Secara resmi telah meluncurkan bahan bakar jenis baru bernama Pertalite sejak tanggal 24 juli 2015 lalu. Antusias masyarakat terhadap Pertalite ini pun ternyata cukup besar meskipun pihak Pertamina sendiri hanya menyediakan stok terbatas karena masih dalam masa uji coba. Meskipun demikian banyak pemilik kendaraan khususnya sepeda motor masih bingung apakah tunggangannya tersebut sesuai atau tidak jika memakai BBM dengan kadar oktan RON 90 itu. Banyak pihak menilai kualitas RON 90 memang lebih baik dibandingkan dengan premium yang hanya memiliki kadar RON 88.

Hanya saja ada beberapa merek mobil maupun motor yang sebenarnya lebih cocok jika memakai Pertamax dengan RON 92. Menanggapi hal tersebut pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memastikan bahwa semua produk sepeda motornya cocok memakai Pertalite.

Hal ini diungkapkan sendiri oleh Mohammad Masykur selaku Asisten GM Marketing PT YIMM beberapa waktu lalu yang menyebutkan bahwa semua kendaraan produksinya termasuk motor matik dengan teknologi Blue Core tetap cocok jika menggunakan Pertalite. Bahkan Masykur memastikan bahwa untuk motor sport maupun motor bebek juga siap apabila di “paksa” minum Petalite. Pihak Yamaha sendiri menyambut positif hadirnya bahan bakar baru dari Pertamina tersebut karena bisa membantu masyarakat dalam menentukan BBM yang sesuai dengan kendaraannya.

Pertalite Cocok Untuk Yamaha

Menurut Masykur motor-motor Yamaha yang telah dilengkapi dengan teknologi Blue Core sebenarnya memang tidak diperuntukkan untuk mengkonsumsi premium dan dengan memakai Pertalite bisa membantu proses pembakaran pada mesin lebih sempurna sehingga kualitas mesin serta tingkat konsumsinya pun bisa semakin bagus. Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya Pertalite memiliki RON 90 diklaim cocok dipakai untuk kendaraan keluaran terbaru yang telah dibekali berbagai teknologi canggih.

Seperti kita ketahui PT YIMM pada tahun ini telah meluncurkan banyak sekali produk terutama di segmen motor matik dengan menggunakan teknologi Blue Core, sebut saja New Yamaha Mio M3, Yamaha NMAX 150, Yamaha Grand Filano dan Yamaha Soul GT125, sedangkan di segmen motor bebek seperti Yamaha MX King 150 serta motor sport R15 maupun R25 dan Yamaha MT-25 tidak memakai Blue Core.

Sejak pertama kali diluncurkan Pertalite langsung laris manis baik itu pengguna sepeda motor maupun mobil. Sayangnya dalam masa uji coba kali ini PT Pertamina baru memasarkan produk terbarunya tersebut di tiga kota saja yaitu Jakarta, Bandung serta Surabaya dengan jumlah total sebanyak 103 SPBU. Sementara itu untuk harganya sendiri masih dalam promosi yaitu dibanderol Rp 8.400. Angka tersebut sedikit lebih murah dari harga pertamax yang mencapai Rp 9.300 dan lebih mahal dari Premium Rp 7.400.

menurut pihak Dirjen Migas melalui keputusannya nomor 313.K/10/DJM.T/2013 bahwa Pertalite ini tidak memiliki kandungan logam maupun timbal. Selain itu stabilitas oksidasinya pun mencapai 360 menit dengan kandungan sulfur hingga 0,05%m/m atau setara dengan 500 ppm. Sedangkan untuk kandungan oksigen bisa mencapai 2,7 % m/m dan kandungan pewarna 0,13 g/100 liter serta memiliki Berat jenis minimal 715 kg/m3 dan maksimal 770 kg/m3. Untuk warnanya sendiri Pertalite berwarna hijau cerah berbeda dengan Premium yang memiliki warna kuning tua serta Pertamax biru tua.

Dengan melihat antusias masyarakat yang begitu besar bukan tidak mungkin jika PT Pertamina nantinya turut memasarkan Pertalite ini ke seluruh Indonesia, namun belum diketahui apakah hadirnya bahan bakar baru tersebut bakal menggantikan Premium atau tidak karena hingga kini pihak Pertamina sendiri masih belum menentukan. Baca Juga, Kelebihan Bahan Bakar Pertalite dan Harga Promo BBM Pertalite.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here