Home Mobil Suzuki Ciaz Terbaru Siap Mejeng di GIIAS 2015

Suzuki Ciaz Terbaru Siap Mejeng di GIIAS 2015

1582
0

OTONITY.com – Sedan Suzuki Ciaz 2015 Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dipastikan akan mengikuti ajang otomotif bertajuk Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 yang rencananya bakal berlangsung mulai 20 Agustus mendatang. Menariknya PT SIS tidak hanya mengandalkan kendaraan MPV saja namun juga menghadirkan salah satu mobil sedan bernama New Suzuki Ciaz.

Nantinya mobil terbaru berdesain mewah ini akan tampil di GIIAS 2015 bersama 31 mobil display lainnya milik SIS termasuk New Suzuki Ertiga, enam unit mobil modifikasi dan satu mobil konsep bernama Suzuki IK-2. Hanya saja meskipun dipastikan bakal diluncurkan pada bulan Agustus ini namun pihak Suzuki Indonesia baru bisa menjual mobil sedan pesaing Honda City tersebut pada bulan Desember mendatang atau paling tidak pada awal tahun 2016. Sedangkan untuk masalah harga dan spesifikasi New Suzuki Ciaz versi Indonesia ini sepertinya masih dirahasiakan oleh PT SIS.

Selain itu belum ada kabar mengenai dari mana Suzuki Ciaz tersebut didatangkan apakah dari India atau justru dari Thailand. Namun diperkirakan mobil terbaru ini akan didatangkan langsung dari pabrik Rayong yang ada di negara Thailand sama seperti Suzuki Swift dan Suzuki Celerio. Di negeri gajah putih Suzuki Ciaz dibekali dengan mesin berkapasitas 1.250 cc empat silinder dengan transmisi otomatis CVT dan manual lima percepatan.

Suzuki Ciaz 2015 Terbaru

Meskipun pasar sedan di Indonesia kurang begitu diminati oleh masyarakat tanah air karena masih kalah dibandingkan dengan segmen MPV atau SUV namun sepertinya hal tersebut tidak menyurutkan niat SIS untuk tetap mendatangkannya. Sementara itu menurut Davy J Tuilan selaku Deputy 4W Managing Director SIS mengatakan untuk menjual mobil sedan di Indonesia memang memiliki banyak kendala dan salah satunya adalah pajak yang terlalu tinggi.

Davy menambahkan jika saja pemerintah bisa menurunkan pajak terhadap mobil sedan maka bukan tidak mungkin mobil dengan dua baris kursi ini bisa meraih penjualan yang cukup meyakinkan. Sayangnya saat ini para pabrikan lebih berkonsentrasi ke segmen low MPV sehingga peluang sedan untuk tetap bisa bersaing semakin sulit dilakukan.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada periode Januari hingga Mei 2015 kemarin penjualan mobil sedan di pasar tanah air hanya mencapai 8.427 unit saja atau menyumbang sekitar 2 persen dari total seluruh penjualan mobil di Indonesia yang meraih 443.181 unit. Sedan paling laris masih tetap dikuasai oleh Honda City sebanyak 1.160 unit dan Toyota Vios sebesar 669 unit.

Sekedar informasi Suzuki Ciaz pertama kali mengaspal secara global di negara India pada bulan Oktober 2014 silam, setelah itu pada awal Juli 2015 kemarin turut mengaspal pula di pasar Thailand dan untuk Indonesia sendiri baru akan meluncur pada tanggal 20 Agustus 2015 mendatang. Suzuki Ciaz di India dibekali dengan mesin 1.3 liter diesel dan 1.4 liter bensin bertipe K-Series sama seperti yang digunakan oleh Suzuki Ertiga.

Perlu diakui popularitas mobil segmen Multi Purpose Vehivcle (MPV) memang sangat berdampak negatif bagi sedan terutama di pasar tanah air. Kebanyakan masyarakat memilih MPV karena memiliki banyak sekali kelebihan seperti ruang kabin luas, mempunyai ground clearance cukup tinggi serta dibanderol dengan harga lebih terjangkau. Sehingga dianggap lebih sesuai untuk karakteristik konsumen dalam negeri.

Meskipun demikian hal tersebut tidak mengecilkan niat Suzuki Indonesia untuk tetap bertarung di segmen sedan, apalagi Suzuki Ciaz nantinya tidak ditargetkan untuk meraih banyak penjualan namun hanya sebagai pelengkap di seluruh line up milik SIS saja. Di GIIAS 2015 nanti Suzuki Ciaz juga hanya sebatas perkenalan saja dan baru bisa dipasarkan secara resmi pada bulan Desember atau paling lambat awal tahun 2016. Baca Juga, Suzuki Ciaz 2015 Limited Editon Hadir di Thailand, Honda City CNG Sudah Hadir Di Indonesia dan Harga Toyota Vios TRD Sportivo 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here