Home Motor Harga Motor Scooter Retro E-Vino 2015 Dirilis, Motor Listrik Terbaru Yamaha

Scooter Retro E-Vino 2015 Dirilis, Motor Listrik Terbaru Yamaha

1755
0

OTONITY.com – Sepeda Motor Listrik Yamaha E-Vino 2015 Jepang. Jika melihat desainnya pasti anda mengira kalau motor matik tersebut adalah Yamaha Fino yang ada di Indonesia. Namun ternyata skuter berbentuk unik tersebut adalah New Yamaha E-Vino dan hanya ada di pasar Jepang saja. Menariknya karakter dari Yamaha E-Vino jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia, salah satunya adalah di sektor dapur pacu yaitu sudah menggunakan tenaga listrik.

Tentu saja secara akselerasi Yamaha E-Vino terbilang cukup lembut namun tetap nyaman untuk digunakan di jalan perkotaan. Di bagian dapur pacunya motor matik ini dibekali dengan baterai berkekuatan 50V lithium-ion yang dapat menambah output saat motor melaju dengan kecepatan rendah. Dalam satu kali pengisian saja skuter bertenaga listrik dari pabrikan berlogo garpu tala ini sanggup menempuh jarak hingga 29 km asalkan dengan kecepatan rata-rata tidak lebih dari 30 km/liter.

Walaupun tenaga yang dimiliki tidak terlalu besar namun sepertinya Yamaha E-Vino 2015 tersebut sangat cocok sekali bagi masyarakat Jepang yang ingin bersantai dan menikmati perjalanan. Menariknya lagi skuter keren ini juga telah disediakan baterai bongkar pasang sehingga ketika digunakan untuk menempuh perjalanan jauh maka tetap bisa melaju dengan menggunakan baterai cadangan yang mencapai 100V dengan pengisian ulang selama tiga jam.

Yamaha E-Vino 2015

Uniknya motor listrik dari Yamaha ini juga sudah dibekali dengan tiga mode berkendara, misalnya saja bagi pengendara yang ingin bersantai bisa memakai pilihan mode Standar, sedangkan apabila menginginkan sedikit kecepatan anda bisa menggantinya dengan menggunakan mode Power dan adalah mode Boost yang bisa dimanfaatkan ketika dalam keadaan melewati jalur kurang mulus termasuk jalan menanjak di area pegunungan.

Menurut laman Response.jp kabarnya kembaran Yamaha Fino dengan tenaga listrik ini akan diluncurkan secara resmi pada tanggal 20 Agustus 2015 namun baru dijual di negara Jepang saja. Pabrikan Yamaha memang tidak hanya fokus terhadap kendaraan konvensional saja namun juga mulai memproduksi beberapa motor yang lebih ramah lingkungan serta hemat bahan bakar.

Meskipun motor listrik Yamaha E-Vino belum bisa dijual di Indonesia namun beberapa varian skuter sudah mulai dibekali dengan teknologi canggih seperti Blue Core yang diklaim memiliki segudang keunggulan. Selain di Jepang Yamaha E-Vino juga turut dijual di Taiwan dengan banderol sekitar Rp 23 jutaan.

Motor listrik berdesain unik ini sebenarnya dikembangkan seperti Yamaha EC-03 namun dengan beberapa penyempurnaan. Bobotnya yang hanya 55 kg tentu saja menjadi kelebihan tersendiri Yamaha E-Vino yaitu mempermudah dalam berakselerasi terutama untuk menembus macet di perkotaan. Cukup disayangkan memang  jika motor ramah lingkungan ini tidak dijual di Indonesia padahal bisa menjadi alternatif untuk tetap menjaga kualitas udara sekaligus mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan bahan bakar minyak yang semakin menipis.

Apalagi dengan banderolnya yang kurang dari Rp 25 juta tentu tidak terlalu membebani konsumen, hanya saja masih tetap memerlukan persiapan yang panjang agar kendaraan listrik seperti Yamaha E-Vino bisa mengaspal di Indonesia. Pasalnya infrastruktur khususnya di sektor otomotif masih kurang begitu memadai sehingga akan ada kendala apabila tetap memaksakan motor listrik masuk ke Indonesia. Kecuali jika nanti pemerintah sudah memberlakukan kebijakan baru mengenai kendaraan non konvensional serta telah memiliki infrastruktur yang mendukung tentu tidak terlalu sulit untuk menjual kendaraan seperti Yamaha E-Vino.

Misalnya saja pabrikan lokal bernama Viar yang kabarnya sudah memiliki motor matik bertenaga listrik, namun karena pemerintah belum memiliki peraturan mengenai kendaraan listrik maka rencana untuk segera menjualnya pun masih belum terlaksana. Baca Juga, Harga Motor Listrik Zero Terbaru 2015 Indonesia, Motor Listrik Kerjasama ITS & Garansindo Ramaikan IIMS 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here