Home Motor Ini Kelebihan & Kekurangan Sistem Karburator Pada Motor

Ini Kelebihan & Kekurangan Sistem Karburator Pada Motor

1870
0

OTONITY.com – Kelebihan dan Kekurangan Motor Karburator. Penggunaan teknologi injeksi pada kendaraan sepeda motor sudah tidak asing lagi, hampir semua pabrikan memakai teknologi tersebut agar produknya bisa semakin hemat bahan bakar serta mengikuti perkembangan zaman. Meskipun demikian ada juga beberapa pabrikan yang memang sengaja mempertahankan mesin karburator pada beberapa motor mereka misalnya saja PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Suzuki Satria F150.

Pada dasarnya mesin karburator memang masih ketinggalan dibandingkan dengan injeksi, namun banyak alasan mengapa masyarakat masih ada yang membeli motor dengan mesin karburator. Misalnya saja adalah sepeda motor dengan mesin karburator dibanderol dengan harga lebih murah. Bahkan selisihnya terkadang bisa mencapai Rp 500 ribu lebih.

Selain itu kelebihan lain motor karburator adalah lebih mudah dalam hal perawatannya. Komponen yang terdapat pada mesin jenis ini tidak begitu rumit dan terlihat lebih sederhana sehingga bengkel-bengkel biasa pun dengan mudah bisa memperbaikinya, bahkan anda sendiri pun juga bisa melakukan perawatan jika mengerti komponen-komponen yang terdapat di dalamnya.

Suzuki Satria FU150 Modifikasi Balap

Kelebihan terakhir mengenai sepeda motor dengan mesin karburator adalah masalah performa yang ternyata bisa dengan mudah ditingkatkan. Cukup hanya mengganti ukuran main jet dan pilot jet maka akselerasi dari motor karburator yang telah dimodifikasi ini akan jauh lebih baik dibandingkan dengan motor sistem injeksi.

Sayangnya dibalik berbagai kelebihan tersebut motor mesin karburator memiliki banyak sekali kekurangan dan salah satu yang paling jelas terlihat adalah masalah bahan bakar. Pada kendaraan jenis ini membutuhkan penyetelan yang sesuai agar campuran antara bahan bakar dengan udara atau AFR bisa berjalan dengan baik, namun terkadang penyetelan AFR tersebut sering berubah-ubah akibat getaran pada motor saat digunakan.

Inilah yang kemudian membuat pemilik harus sering melakukan penyetelan ulang pada AFR, selain itu penyebab motor karburator menjadi lebih boros adalah tidak adanya kontrol AFR dengan perangkat elektronik seperti milik injeksi yang biasanya bertugas untuk membuat pembakaran lebih sempurna. Jadi tidak mengherankan kalau motor-motor yang masih memakai karburator lebih sering melakukan pengisian ulang.

Fungsi utama dari karburator motor itu sendiri adalah mencampur bahan bakar dengan udara, motor yang masih memakai mesin seperti ini biasanya menggunakan bensin. Sedangkan beberapa komponen yang terdapat di dalam karburator diantaranya adalah mangkok atau biasa di kenal dengan float chamber, lalu klem atau jarum pelampung, jarum gas, main jet, katup gas, skrup udara, katup cuk, pemancar kecil dan pemancar besar. Masing-masing komponen memiliki peran yang vital bagi sepeda motor sehingga apabila ada masalah dari salah satu bagian maka pembakaran menjadi tidak sempurna.

Di Indonesia sendiri mesin karburator masih dengan mudah ditemui pada ajang balapan yang memang lebih mengandalkan akselerasi maupun kecepatan. Beberapa motor yang sering terdapat pada arena adu balap di tanah air adalah Yamaha Jupiter MX 135, lalu ada juga Suzuki Satria F150 hingga Yamaha Jupiter Z. Meskipun demikian kini balap road race di Indonesia sudah cukup banyak yang menggunakan motor injeksi seperti Honda Blade FI.

Dalam lima tahun belakangan para pabrikan lebih banyak meluncurkan motor injeksi guna memenuhi permintaan konsumen. Dengan demikian tinggal menunggu waktu saja untuk menanti motor mesin karburator hilang di pasar Indonesia. PT Astra Honda Motor (AHM) salah satunya yang sudah memastikan diri di sejak tahun 2014 kemarin semua produknya dirubah menjadi injeksi. Tidak ketinggalan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga melakukan hal serupa dan mulai terwujud di tahun 2015 ini dengan produk terakhir yang dirubah adalah Yamaha MX King 150 dan Yamaha Byson FI. Baca Juga, Cara Membersihkan Karburator Motor dan Perbedaan Mesin Injeksi dan Karburator.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here