Home Motor Deretan Motor Bekas Paling Diminati di Indonesia

Deretan Motor Bekas Paling Diminati di Indonesia

2351
0

OTONITY.com – Motor Second Terlaris. Seperti yang kita ketahui pasar otomotif di tahun 2016 ini memang masih belum stabil dan jauh dari harapan. Banyak pabrikan terutama di segmen motor bebek mengeluarkan produk barunya guna menarik lebih banyak konsumen, namun faktanya hanya bisa meraih hasil cukup bagus saat menjelang lebaran saja sedangkan sebelum itu masih cukup memprihatinkan.

Dampak dari melemahnya pasar ternyata tidak hanya terjadi pada pabrikan saja namun juga pada penjual sepeda motor di Indonesia. Meskipun demikian para pengusaha mokas ini masih tetap sedikit meraih untung dengan beberapa produk yang selama ini menjadi buruan para calon konsumen. Sepeda motor matik tetap jadi andalan utama karena saking banyaknya peminat.

Honda Beat Dan Vario 125 Paling Laris

Hampir setiap calon pembeli yang datang selalu menanyakan matik, sedangkan untuk motor sport menjadi prioritas kedua lalu diikuti oleh motor bebek. Menariknya di masing-masing segmen memiliki andalan tersendiri, misalnya saja di kelas skuter ada merek Honda yang selalu banyak dicari oleh masyarakat. Honda BeAT masih tetap menjadi buruan utama lalu disusul kemudian Honda Vario 125, setelah itu baru di susul Yamaha Mio Series termasuk Mio M3.

Motor Bekas Paling Laris

Kelas 150cc Yamaha Vixion Terlaris

Sementara itu di segmen motor sport ada Yamaha V-Ixion yang menjadi primadona bagi setiap pelaku usaha motor bekas. Sportbike berkapasitas 150 cc milik PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ini menjadi favorit banyak orang, tidak mengherankan jika setiap tersedia di showroom langsung cepat laku karena saking banyaknya peminat.

Yamaha R25 Bekas Masih Jarang

Sedangkan untuk motor sport kelas 250 cc ternyata Kawasaki Ninja 250 menjadi rajanya baik model terbaru maupun yang lama. Sedangkan untuk Yamaha R25 juga sudah mulai banyak yang mencari namun untuk bekasnya sangat jarang sekali, berbeda dengan Yamaha R15 yang bisa dengan cukup mudah sudah mulai banyak dijumpai di showroom motor bekas.

Motor Bebek Sulit Bersaing

Sayangnya untuk jenis motor bebek sepertinya sudah sangat sulit sekali untuk diharapkan lagi, banyak penjual mokas kesulitan menjual kendaraan bebek karena peminatnya mulai jarang. Bahkan menurut keterangan salah satu penjual di daerah Jakarta mengatakan ada juga beberapa jenis yang tetap menginap di showroom hingga berbulan-bulan.

Beberapa produk yang masih cukup diminati adalah Honda Supra X 125 dan Yamaha Vega mesin 110 cc. Selain itu ada juga Suzuki Satria F150 namun motor milik SIS tersebut cukup sulit tersedia untuk bekasnya. Tahun 2016 ini memang benar-benar sangat berat bagi para penjual motor bekas. Bahkan menjelang musim mudik pun penjualan tidak kunjung membaik dan justru menurun drastis setelah lebaran.

Penjualan Motor Bekas Tidak Stabil

Salah satu alasan mengapa penjualan motor bekas di tahun 2016 ini sangat buruk adalah krisis keuangan serta pergantian tahun ajaran baru yang berlangsung secara bersamaan sehingga membuat masyarakat cenderung tidak terlalu berhasrat untuk membeli kendaraan. Bahkan setelah lebaran justru banyak pemilik yang menjual motornya karena akan digunakan untuk biaya membayar sekolah.

Bulan puasa dan juga hari raya lebaran memang bersamaan dengan pendaftaran siswa baru yang di tahun 2016 ini berlangsung pada bulan Juni hingga Agustus. Banyak orang tua lebih mementingkan membiayai sekolah anaknya terlebih dulu daripada harus membeli motor baru maupun bekas. Diperkirakan semuanya akan kembali normal pada awal tahun 2016 nanti meskipun tidak langsung membaik seperti tahun-tahun sebelumnya.

Banyak pelaku usaha motor bekas yang kemudian lebih memilih untuk menjual barang dagangannya dengan harga murah dan hanya mengambil untung sedikit. Para penjual tersebut mengaku yang penting masih tetap bisa bertahan dari pada harus gulung tikar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here