Home Kawasaki Produksi Kawasaki Ninja 150 2-Tak Resmi Dihentikan

Produksi Kawasaki Ninja 150 2-Tak Resmi Dihentikan

2309
0

OTONITY.com – Produksi Motor Kawasaki Ninja 150cc Berhenti. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akhirnya menyerah juga untuk tetap mempertahankan Kawasaki Ninja 150 Series mesin 2-tak. Ketatnya persyaratan dari pemerintah mengenai regulasi emisi yang mengharuskan semua kendaraan bermotor sudah standar EURO 3 menjadi alasan utama mengapa motor sport legendaris Kawasaki tersebut tidak lagi dijual di Indonesia.

Padahal banyak penggemar yang berharap PT KMI tetap memproduksi Kawasaki Ninja 150 dua tak, namun akhirnya pabrikan ciri khas berwarna hijau ini pun memastikan diri bahwa motor sport andalannya tersebut sudah tidak bisa lagi diproduksi pada bulan agustus 2015 ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Michael Chandra Tanadhi selaku Deputi Departemen Head Sales & Promotion Division PT Kawasaki Motor Indonesia yang mengatakan bahwa mulai akhir Juli pihaknya resmi menghentikan produksinya.

Sebenarnya Kawasaki Indonesia sudah berupaya untuk tetap bisa menjual Ninja 150 Series 2-tak seperti melakukan pengembangan pada sektor teknologi agar bisa memenuhi regulasi. Meskipun demikian Chandra menolak ketika ditanya mengenai Kawasaki Ninja 150 dua tak akan punah.

Kawasaki-Ninja-150-SS-Baru

Dirinya menjelaskan di ajang balap Eropa masih banyak yang memakai kendaraan dengan mesin 2-tak sehingga masih ada kemungkinan jika tidak bisa dijual di jalan raya maka Kawasaki Ninja dua tak masih bisa digunakan di sirkuit balap. Sekedar informasi bahwa Kawasaki Ninja 150 2-tak memang memiliki banyak sekali penggemar terutama di kalangan anak muda. Selain mempunyai tampang cukup unik motor sport ini juga dibekali dengan kecepatan yang sangat luar biasa.

Pihak Kawasaki Indonesia mengatakan terakhir kali pihaknya memproduksi ninja 2-tak adalah pada tanggal 31 Juli 2015 kemarin di pabrik KMI yang berada di kawasan Pulogadung, Jakarta timur. Itu pun hanya berjumlah 5.000 unit saja sehingga dapat dipastikan bakal menjadi rebutan banyak penggemarnya maupun para kolektor dan diperkirakan tidak lebih dari dua bulan jumlah tersebut akan ludes terjual semua.

Sekedar informasi motor Kawasaki dengan mesin dua tak pertama kali masuk ke Indonesia pada 1996 silam atau 19 tahun yang lalu. Saat itu motor sport ini langsung menjadi primadona baru dan terus menguasai pasar hingga dua dekade terakhir. Mungkin saja nama merek Kawasaki tidak akan dikenal oleh masyarakat tanah air jika dulu tidak ada produk motor dua tak.

Menariknya meskipun setiap tahun teknologi semakin canggih dan mulai masuk ke dunia otomotif roda dua namun Kawasaki Ninja 150 Series 2-tak masih tetap mampu bertahan, sedangkan untuk memberikan nafas baru PT KMI menyematkan teknologi canggih bernama Super KIPS (Kawasaki Integrated Power Valve System) dan HSAS yang diklaim mampu membuat kualitas gas emisi dari motor menjadi lebih baik.

Bahkan di saat ada pesaing baru seperti Honda CBR150R dan juga Yamaha R15 ternyata Kawasaki Ninja 150 RR masih sangat diminati. Tercatat menurut data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) hingga Juni lalu penjualannya bisa menembus angka 24.267 unit atau memberikan sumbangan sebesar 38,8 persen dari seluruh penjualan KMI yang mencapai 62.541 unit.

Sayangnya karena masalah regulasi akhirnya menghentikan petualangan Ninja dua tak di tanah air. Salah satu alasan dari pemerintah untuk menghentikan produksi mesin 2-tak adalah emisi yang terlalu tinggi serta suara knalpot sangat bising sehingga cukup mengganggu pendengaran pengguna jalan lainnya. Kita lihat saja apakah Kawasaki Indonesia bakal menghadirkan generasi terbaru atau tidak. Baca Juga, Harga Spesifikasi Ninja 150RR Special Edition 2014 Indonesia dan Perbandingan Ninja 150RR, Ninja 250FI dan Ninja RR Mono Dalam Hal Performa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here