Home Motor Harga Motor Strategi Baru Kawasaki Setelah Ninja 150 2-Tak Berhenti Produksi

Strategi Baru Kawasaki Setelah Ninja 150 2-Tak Berhenti Produksi

2296
0

OTONITY.com – Strategi Pemasaran Motor Kawasaki Baru 2015. Kabar mengenai dihentikannya produksi Kawasaki Ninja 150 mesin 2-tak memang cukup mengejutkan banyak pihak. Pihak PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sendiri memang tidak punya pilihan lagi selain melakukan discontinue, pasalnya mesin dari Kawasaki Ninja dua tak dianggap tidak memenuhi regulasi emisi yang telah ditetapkan  oleh pemerintah Indonesia.

Sebenarnya KMI tidak tinggal diam dan terus melakukan upaya untuk tetap bisa menjual produk andalannya tersebut. Namun sayangnya hingga batas akhir ditentukan Kawasaki Indonesia tidak mampu mempertahankan nama besar dari Ninja 150 R Series sehingga kini sudah dianggap punah.

Menariknya meskipun sudah tidak lagi mengandalkan Kawasaki Ninja 150 2-tak, KMI sendiri langsung melakukan strategi baru guna meraih target penjualan serta tetap mempertahankan para penggemarnya. Salah satunya adalah dengan meluncurkan model-model terbaru seperti Kawasaki D-Tracker yang telah diperkenalkan beberapa waktu lalu.

Kawasaki Ninja RR 2-Tak Berhenti Produksi

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Chandra Tanadhy selaku Deputy Head Sales & Promotion Department, Marketing Divison PT Kawasaki Motor Indonesia. menurutnya untuk mengisi kekosongan harga serta line tidak ada cara lain selain meluncurkan motor terbaru. Bahkan tidak menutup kemungkinan pula pada waktu mendatang Kawasaki Indonesia bakal meluncurkan motor sport baru yang diprioritaskan akan menggantikan Ninja 150 dua tak, tentu dengan beberapa ubahan di sektor mesin agar bisa tetap dijual di Indonesia. Namun sayangnya sampai saat ini pihak KMI masih bungkam mengenai hal tersebut sehingga belum banyak informasi yang didapatkan.

Strategi kedua yang telah dipersiapkan oleh Kawasaki Indonesia adalah dengan terus meningkatkan penjualan Kawasaki Ninja RR Mono dan Ninja Z250SL. Kedua produk tersebut memang diprioritaskan untuk bisa meneruskan kejayaan Kawasaki Ninja 150 dua tak meskipun secara karakter jauh berbeda.

Di pasar Indonesia sendiri Kawasaki Ninja RR Mono kini dibanderol dengan harga Rp 44,8 juta untuk varian standar. Sedangkan pada tipe Ninja RR Mono ABS dibanderol mencapai Rp 50,9 juta dengan status on the road Jakarta. Sementara itu harga Kawasaki Z250SL dipasarkan dengan banderol lebih murah yaitu hanya Rp 41,3 juta untuk standar dan varian ABS sebesar Rp 47,6 juta berstatus OTR Jakarta.

Karakter Kawasaki Ninja RR Mono lebih ke arah motor sport racing karena dibekali fairing pada bagian sisinya. Di segmen ini motor berkapasitas 250 cc tersebut terus bersaing ketat melawan Honda CB250R dan juga Yamaha R25. Apalagi dari harga juga tidak jauh berbeda sehingga menambah ramai persaingan sportbike full fairing di pasar tanah air.

Sementara itu Kawasaki Z250SL lebih menonjolkan aura garang berkat tubuh telanjangnya. Motor naked ini hanya memiliki satu pesaing saja yaitu Yamaha MT-25 yang dibanderol sekitar Rp 46 juta. Sayangnya Kawasaki Z250SL masih kalah jauh dari pendatang baru tersebut meskipun secara harga hanya memiliki selisih sangat sedikit.

Kawasaki memang dikenal sebagai pabrikan yang selalu menciptakan motor-motor sport berkelas dan bertampang keren. Jadi tidak menutup kemungkinan pula pabrikan dengan ciri khas berwarna hijau ini akan meluncurkan sportbike baru dengan mesin 150 cc untuk menggantikan Ninja 150 2-tak. Semoga saja meskipun sudah tidak lagi menjual Ninja dua tak nama besar Kawasaki masih tetap mampu bertahan di pasar tanah air.

Penjualan motor Kawasaki Indonesia memang tidak sebesar Honda atau Yamaha karena pabrikan ini hanya mengandalkan segmen motor sport saja. Berbeda dengan kedua pesaingnya tersebut yang mempunyai banyak sekali varian motor bebek maupun matik. Satu lagi sosok motor underbone milik KMI adalah Kawasaki Athlete namun produknya ini hanya dibekali mesin 125 cc sehingga belum bisa bersaing dengan Suzuki Satria F150 atau Honda Sonic 150. Baca Juga, Produksi Kawasaki Ninja 150 2-Tak Resmi Dihentikan, Modifikasi Kawasaki Ninja 150 RR dan Perbandingan Ninja 150RR, Ninja 250FI Dan Ninja RR Mono Dalam Hal Performa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here