Home Motor Motor Bebek Yamaha Vega Segera Dibekali Teknologi Injeksi?

Yamaha Vega Segera Dibekali Teknologi Injeksi?

776
0
SHARE

OTONITY.com – Motor Bebek Yamaha Vega Terbaru. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah berkomitmen untuk mengisi semua line up kendaraannya dengan dibekali teknologi fuel injection. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir YIMM sudah menghadirkan berbagai produk baru dengan mesin injeksi seperti Yamaha Byson FI namun ternyata masih ada varian lagi yang masih belum memiliki teknologi tersebut yaitu Yamaha Vega Series.

Motor bebek kelas menengah ke bawah ini hingga pertengahan tahun 2015 masih tetap belum mendapatkan perubahan terutama di sektor dapur pacu sehingga Yamaha Vega Series di pasar Indonesia hingga kini masih tetap memakai mesin karburator. Inilah yang akhirnya membuat harga dari pesaing Honda Revo tersebut masih tetap dibanderol murah dan bahkan bisa dikatakan paling rendah dibandingkan dengan model motor Yamaha Indonesia lainnya.

Sekedar informasi bahwa pemerintah Indonesia sudah menerapkan peraturan bahwa seluruh pabrikan sepeda motor di Indonesia harus standar emisi Euro 3 terhitung mulai bulan Agustus 2015 ini. Hal itu bertujuan agar kualitas udara menjadi lebih rendah sehingga membuat kendaraan semakin ramah lingkungan. Salah satu upaya yang bisa membuat kendaraan berubah menjadi Emisi Euro 3 adalah dengan menyematkan teknologi injeksi sedangkan kendaraan dengan memakai mesin karburator kebanyakan masih berstandar Euro 2.

Sebenarnya Yamaha Vega Series menjadi motor bebek paling laris bagi PT YIMM dalam beberapa tahun terakhir karena selain memiliki harga yang sangat murah juga memiliki tingkat konsumsi bahan bakar cukup irit sehingga cocok digunakan oleh semua kalangan baik pelajar, pedagang dan lain sebagainya.

Selain Yamaha Vega Series ada satu lagi produk murah dari PT YIMM yang sudah cukup lama diperkenalkan yaitu Yamaha Force, bedanya meskipun memiliki tampang tidak jauh berbeda namun saudaranya ini justru sudah dibekali dengan teknologi fuel injection. Sayangnya menurut data penjualan Yamaha Force masih kalah laku dibandingkan dengan Yamaha Vega Series sehingga banyak masyarakat berharap agar motor bebek ini bisa segera dibekali teknologi injeksi.

Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) terhitung pada sejak Januari hingga Juli 2015 Yamaha Vega Series berhasil terjual sebanyak 61.244 unit sedangkan untuk Yamaha Force justru hanya terjual sekitar 3.149 unit saja. Sementara itu Mohammad Masykur selaku asisten GM Pemasaran PT YIMM mengatakan saat ini pihaknya masih terus mengupayakan untuk bisa mengubah Yamaha Vega Series dan Yamaha Force agar sesuai standar Euro 3.

Dengan demikian tidak menutup kemungkinan pula dalam waktu dekat ini Yamaha Vega bakal dibekali dengan teknologi injeksi meskipun hingga kini belum ada penjelasan secara resmi dari pihak Yamaha Indonesia. Apalagi batas waktu pemerintah bagi para produsen untuk menciptakan kendaraan dengan emisi Euro 3 terhitung mulai bulan Agustus ini.

Yamaha Vega menjadi kendaraan yang paling disukai oleh masyarakat menengah ke bawah dan di pasar Indonesia sendiri bertarung ketat melawan Honda Revo, menariknya pesaingnya tersebut kini justru sudah dibekali teknologi injeksi sehingga semakin ramah lingkungan dan hemat bahan bakar meskipun secara harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Yamaha Vega.

Nama Yamaha Vega sudah tidak asing lagi bagi masyarakat tanah air karena selalu disandingkan dengan Yamaha Jupiter. Dari tahun ke tahun motor bebek andalan YIMM tersebut terus mengalami perubahan namun sayangnya hanya sebatas facelift saja baik dari bagian depan maupun belakang. Selain itu kelemahan lain dari Yamaha Vega adalah di sektor pengereman bagian belakang masih mengandalkan tromol sehingga terlihat sangat jadul sekali. Namun jika nantinya sudah memakai teknologi injeksi serta menggunakan rem cakram di sektor belakang dapat dipastikan harganya bakal mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Baca Juga, Honda Revo FI 2015 Hadir Dengan Striping Baru dan Spesifikasi Harga Yamaha Force Terbaru Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here