Home Mobil Mobil Konsep Mobil Listrik Buatan Anak Bangsa, Desain Futuristik!

Mobil Listrik Buatan Anak Bangsa, Desain Futuristik!

6322
0

OTONITY.com – Mobil Listrik Indonesia. Sebenarnya Indonesia sudah dapat memproduksi mobil listrik sendiri dengan bantuan dari berbagai merk mobil terkenal di dunia. Baru baru ini mobil yang sudah mendapat banyak penghargaan baik nasional atau internasional tersebut dipamerkan dalam ajang IIMS 2013 kemarin yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Mobil berdesain futuristik ini menggunakan motor listrik sebagai penggerak utama dan diberi nama SV-2. Sebelumnya SV-1 juga sudah dibuat tetapi hanya berbeda stripping saja.

Mobil listrik ini mengingatkan kita pada mobil listrik Dahlan Iskan yang bernama Tuxuci dan mengalami kecelakaan beberapa waktu lalu. SV-2 ini mendapatkan Custom Built dari Bandung berkolaborasi dengan merk-merk aksesoris terkenal seperti Pioneer, V-Kool sampai Autovision. Sedangkan pihak LIPI mendapatkan bagian untuk membuat mesinnya. “Kendaraan ini dibuat untuk menggugah orang indonesia agar tertarik menggunakan mobil listrik. Dengan spesifikasi setara dengan mobil sport buatan negara luar negeri.” Ucap Andre Mulyadi dari Signal Custom.

Mobil listrik buatan indonesia ini dedesan tanpa menggunakan atap seperti mobil convertible dengan perangkat multi system entertainment dari Pioneer. Banyak peranti canggih yang disematkan dalam kabin mobil dimulai dari power, speaker, hingga monitor LCD pada bagian dashboard. Semua custom tersebut berasal dari Pioneer.

Untuk bodi mobil LIPI menggunakan perpaduan plat galvanish 0.9 mm, serat karbon dan FRP. Mengedepankan unsur aerodinamika yang baik sehingga bentuknya pun terlihat lebih tipis layaknya supercar. Pada bagian lampu LED belakang menggunakan perangkat dari Autovision.

Untuk motor listriknya LIPI menggunakan baterai lithium ion 144 volt dengan kapasitas 160 Ah. Tenaga yang dihasilkan pun cukup besar yaitu dapat mencapai 100 PS dengan torsi maksimum 146.3 Nm. Kecepatannya pun dapat menyentuh 150 kpj.

Untuk mengisi daya pun dapat dilakukan melalui arus listrik rumah dengan tegangan 220 volt selama 1 jam saja sudah dapat mengisi baterai secara penuh. Dengan baterai LiFPO4 yang diklaim sangat ramah lingkungan, bebas racun dan keuntungan lainnya dapat didaur ulang.

Jika ditinjau kembali memang spesifikasi mobil listrik ini mirip dengan super car, mulai dari pemilihan desain bodi mobil, velg kuat dan ringan, penggunaan rem ABS berperfoma tinggi. Mungkin saja jika semua pihak mendukung termasuk pemerintah mobil ini akan dilepas ke pasaran untuk diprodiksi secra masal. Jelas Andre. Kira-kira berapa ya kisaran harganya? Hal tersebut bisa kita lihat dari mobil sport listrik sebelumnya yang harganya bisa mencapai 1 M. Jadi siap-siap bersabar dan merogoh kocek cukup dalam untuk membawa pulang mobil listrik indonesia ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here