Home Motor Harga Motor Skuter Listrik Indonesia Ramaikan GIIAS 2015, Harga Rp 20 Jutaan

Skuter Listrik Indonesia Ramaikan GIIAS 2015, Harga Rp 20 Jutaan

1673
0

OTONITY.com – Skuter Listrik Lokal Meluncur di GIIAS 2015. Pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 menjadi ajang pameran bagi sepeda motor listrik yang diproduksi di dalam negeri melalui APT PT Juara Bike dengan meluncurkan dua skuter bernama Selis Merak dan Jalak yang dibanderol hanya Rp 20,5 juta saja. Sebagai kendaraan ramah lingkungan tentu Merak memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Sementara itu pada Selis Jalak memiliki karakter yang berbeda dan jika diperhatikan sekilas tampilannya sedikit mirip seperti Honda MSxX.

Skuter Selis Merak menggunakan tenaga baterai berkekuatan 72V20AH membuat motor matik ini mampu melesat hingga kecepatan 80 km/jam dan dapat menempuh jarak mencapai 55 km dalam satu kali pengecesan. Edi Sanjaya yang menjabat sebagai supervisor marketing Sepada 88 selaku distributor Selis mengatakan untuk satu kali pengisian baterai dari Skuter listrik Merak ini hanya memerlukan waktu sekitar lima sampai delapan saja.

Tidak jauh berbeda dengan motor matik kebanyakan kendaraan asli buatan anak bangsa ini juga dibekali bagasi yang luas serta memiliki tampilan unik, menariknya lagi di sektor kaki-kaki Merak dibekali dengan rem cakram baik di bagian roda depan maupun belakang dengan disematkan pula ban tubeless agar semakin nyaman digunakan. selain itu tampilan modern juga bisa terlihat dengan jelas terutama di sektor speedometer yang telah mengusung model full digital.

 Namun sayangnya skuter Merak tersebut belum bisa diproduksi secara massal dan hanya sebatas pemesanan saja, walaupun demikian pihak distributor mengklaim untuk urusan garansi dan layanan servis akan diberikan sebaik mungkin. Menurut Edy Sanjaya jika konsumen mengalami masalah pihaknya memiliki service center yang terletak di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Atau bisa juga teknisi datang ke rumah pemilik untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Tidak hanya itu saja konsumen Merak akan mendapatkan garansi baterai selama tiga bulan serta dinamo satu tahun.

Sebelumnya Selis juga sempat tampil di ajang Jakarta Fair Kemayoran 2015 yang berlangsung beberapa bulan silam, produsen kendaraan listrik lokal ini sebenarnya masih menggunakan beberapa suku cadang yang didatangkan dari China dan diproduksi di daerah Mauk, Tangerang. Secara tampilan Selis Merak tidak jauh berbeda dengan motor-motor matik asal Jepang dan yang menjadikan motor ini lebih istimewa adalah di sektor dapur pacunya.

Sedikit informasi Selis merupakan gabungan dua suku kata yaitu Se dan Lis atau jika dipanjangkan menjadi Sepeda dan Listrik. Di pasar Indonesia Selis sudah memiliki  banyak varian mulai dari kendaraan sepeda hingga motor namun uniknya kebanyakan produknya menggunakan nama-nama jenis burung. Misalnya saja sepeda listrik Walet, Merpati, Elang, Garuda, Camar dan Butterfly.

Sayangnya tidak semua komponen dari Selis menggunakan buatan dalam negeri sehingga masih kurang begitu cocok jika nantinya di sebut sebagai motor nasional. Harga yang cukup terjangkau dikarenakan beberapa part dari kendaraan ini didatangkan dari China.

Jika di GIIAS 2015 ada skuter listrik Selis maka di IIMS 2015 terdapat motor listrik buatan Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya bekerja sama dengan Garansindo yang digadang-gadang akan menjadi motor nasional di masa mendatang. Meskipun baru sebatas prototype namun setidaknya sudah bisa mengobati rasa penasaran pecinta otomotif nasional terkait hadirnya skuter listrik buatan anak bangsa tersebut.

Galih Admojo selaku anggota tim Peneliti ITS mengatakan motor tersebut menggunakan tenaga listrik dengan transmisi otomatis dan akan diproduksi dalam waktu dekat, sedangkan untuk penjualan secara massal pihaknya menargetkan bisa terlaksana pada tahun 2017 mendatang. Motor listrik buatan ITS tersebut menggunakan 162 baterai Lithium-Ion bertenaga 20 Ah dengan daya 96 Volt yang mampu melesat hingga kecepatan 90 km/jam. Menariknya hanya dengan satu kali pengisian selama 1,5 jam saja skuter ini bisa digunakan untuk menempuh jarak mencapai 90 km. pengisian sudah bisa dilakukan di rumah atau di mana saja karena nantinya akan disediakan charger eksternal. Baca Juga, Harga Motor Listrik Zero Terbaru di Indonesia, Motor Listrik Terbaru Yamaha E-Vino 2015 dan Motor Listrik Kerjasama ITS & Garansindo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here