Home Mobil Mobil Niaga Tata Xenon XT Double Cabin 4×4 Rilis, Saingi Strada Triton

Tata Xenon XT Double Cabin 4×4 Rilis, Saingi Strada Triton

2421
0

OTONITY.com – Mobil Baru Tata Xenon XT D-Cab Indonesia. Pasar mobil pikap double cabin di Indonesia pada tahun ini sepertinya akan semakin ramai, setelah sebelumnya PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan New Toyota Hilux dan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meluncurkan New Mitsubishi Strada Triton kini giliran PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) turut memperkenalkan New Tata Xenon XT-D-Cab 4×4. Mobil baru asal India ini diprediksi akan menjadi pesaing ketat di segmennya mengingat harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau.

Seperti yang dijelaskan oleh Biswadev Sengupta selaku Presiden Direktur TMDI bahwa Tata Xenon XT D-Cab 4×4 merupakan mobil kabin ganda yang didesain dengan rangka kuat serta mampu digunakan dalam segala keperluan sehingga sangat layak jika dipakai sebagai kendaraan operasional dengan tingkat efisien paling baik di kelasnya. Pihak Tata juga yakin produk terbarunya tersebut bisa diterima dengan baik oleh masyarakat tanah air karena saat ini pertumbuhan sektor pertanian dan perkebunan juga semakin meningkat.

Melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Tata Xenon XT D-Cab 4×4 resmi diluncurkan dengan mengusung mesin diesel berkapasitas 2.2 liter DICOR EURO 2 yang dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan serta teknologi  GBS-76-5/4.1 dan manual overdrive  sehingga memudahkan pengemudi dalam melakukan perpindahan gigi. Pihak Tata Indonesia mengklaim dengan hadirnya dapur pacu tersebut membuat mobil pikap ganda terbarunya ini sanggup melesat hingga kecepatan puncak 160 km/jam. Selain itu konsumsi bahan bakarnya pun juga tergolong irit dibandingkan para kompetitornya karena sudah didukung mesin water cooled injection common rail turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 149 hp dan torsi 320 Nm.

Tata Xenon 2015 Indonesia

Sebagai mobil tangguh perpaduan antara truk dan SUV New Tata Xenon XT D-Cab 4×4 memiliki ground clearance yang cukup tinggi yaitu sekitar 210 mm dengan panjang bodi 1.430 mm, lebar 1.410 mm dan tinggi 400 mm. tidak mengherankan jika kemudian pesaing Toyota Hilux ini mampu melibas medan yang cukup berat dan menanjak sekalipun. Belum lagi di sektor suspensinya mengusung jenis independen antri rollbar serta fitur Limited Slip Differential sehingga kendaraan tetap stabil walaupun sedang menanjak di perbukitan.

Meskipun merupakan mobil pikap kelas menengah ke bawah namun setidaknya di dalam Tata Xenon XTD-Cab 4×4 ini sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih terutama di sektor keselamatan seperti dual airbags, reinforce 3 layer body construction, side impact beams dan ABS. namun sayangnya di ajang GIIAS yang berlangsung di Tangerang Selatan tersebut pihak TMDI hanya sebatas perkenalan saja karena pemesanannya sendiri baru akan di buka pada awal tahun 2016 mendatang.

Di pasar Indonesia nantinya Tata Xenon XT D-Cab 4×4 akan bersaing ketat dengan mobil pikap kabin ganda lainnya yang sudah terlebih dulu diluncurkan seperti Mazda BT-50, Toyota Hilux, Mitsubishi Triton dan Ford Ranger. Saat ini mobil-mobil pikap double cabin yang bereda sudah tidak lagi hanya diperuntukkan untuk urusan bisnis saja namun juga mulai merambah ke gaya hidup pemiliknya.

Para konsumen pun sudah terbiasa menggunakan mobil-mobil jenis ini di jalanan perkotaan apalagi pihak pabrikan sudah mendesain mobil tersebut dengan tampilan yang lebih sporty dan elegan namun tetap tidak meninggalkan ciri khas utamanya yaitu dibekali dapur pacu yang tangguh serta memiliki ground clearance cukup tinggi. Kendaraan berjenis ini memang cocok dipakai di Indonesia karena kebanyakan jalanan perkotaan sering dilanda banjir sedangkan di pedesaan masih memiliki aspal yang kurang rata serta medan perbukitan.

Source img http://www.indianautosblog.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here