Home Motor Motor Bebek Suzuki Indonesia Luncurkan Satria FU Injeksi di Akhir Tahun?

Suzuki Indonesia Luncurkan Satria FU Injeksi di Akhir Tahun?

2265
0

OTONITY.com – Motor Suzuki Satria FU Terbaru Mesin Injeksi. Kabar mengejutkan datang dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dimana yang selama ini selalu mempertahankan Suzuki Satria F150 dengan mesin karburator namun pada akhir tahun 2015 ini dikabarkan siap meluncurkan generasi terbaru dengan mesin injeksi. Hal tersebut disampaikan sendiri oleh Hosea Sanjaya selaku President Director PT Global Indonesia Indotrada yang merupakan main dealer dari Suzuki Jabodetabek, Banten dan Serang.

Dirinya mengatakan bahwa model terbaru dari Suzuki Satria F150 nantinya akan tampil lebih elegan terutama di bagian lampu dan di sektor mesin dengan disematkannya teknologi fuel injection. Sanjaya menambahkan diperkirakan akan segera masuk ke dealer resmi pada akhir tahun ini dan baru bisa diluncurkan pada awal tahun depan. Namun untuk harga dirinya belum berani menyebutkan secara pasti dan hanya sedikit memberikan bocoran bahwa banderolnya nanti akan lebih mahal sekitar Rp 1 jutaan dibandingkan dengan generasi lama.

Kabar beralihnya Suzuki Satria F150 dari mesin karburator menuju injeksi mungkin menjadi strategi baru bagi SIS untuk bisa bertarung melawan para kompetitornya. Secara kualitas memang injeksi lebih diunggulkan karena menghasilkan emisi yang lebih rendah serta hemat bahan bakar. Hanya saja SIS sendiri masih melakukan uji coba apakah nantinya New Suzuki Satria F150 FI 2016 bisa diterima masyarakat atau justru para penggemarnya tetap menyukai versi karburator.

Suzuki Satria FU 150 Black Predator 2014

Hingga pertengahan tahun 2015 ini Suzuki Satria F150 masih menjadi penyumbang terbesar bagi PT SIS meskipun beberapa waktu lalu hadir para pesaingnya seperti New Yamaha MX King 150 dan All New Honda Sonic 150R yang tidak hanya berbekal tampang gagah saja namun juga mengusung teknologi injeksi.

Jika melihat dari penyataan Hosea Sanjaya bahwa perubahan nantinya juga meliputi bagian lampu depan maka dapat diprediksi kalau New Suzuki Satria F150 FI nantinya akan tampil dengan tubuh major change. Sayangnya sampai saat ini belum ada bocoran mengenai desain maupun teaser dari generasi tersebut.

Sedikit informasi bahwa di bulan Juni 2015 kemarin PT SIS menghadirkan 3 model terbaru dari Suzuki Satria F150 dengan tipe yang sudah standar Euro3 namun tetap memakai mesin karburator. Hal tersebut dilakukan guna memenuhi peraturan pemerintah untuk menghadirkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Ketiga varian yang dimaksud tersebut diantaranya adalah New Suzuki Satria F150R, Satria F150 S dan Suzuki Satria F150 Special Edition.

Meskipun sudah standar Euro 3 namun ketiganya masih tetap mempertahankan mesin lama yaitu berkapasitas 150cc teknologi DOHC, 4 valve, SASC yang disandingkan pula dengan transmisi manual enam percepatan. Untuk harga yang ditawarkan New Suzuki Satria F150 Special Edition dibanderol mencapai Rp 20,325 juta lalu Satria F150 R Rp 19,82 juta dan Suzuki Satria F150 S dipasarkan dengan harga Rp 18,9 juta yang semuanya berstatus on the road Jakarta.

Jika nantinya versi injeksi dari Suzuki Satria F150 sudah resmi diluncurkan maka akan menambah ketat persaingan motor bebek underbone di Indonesia yang di tahun 2015 ini sedikit mengalami peningkatan setelah sebelumnya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan New Yamaha MX King dengan desain sporty dengan karakter seperti Yamaha R25, sedangkan PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan All New Honda Sonic 150R dengan tampilan sangat elegan dan mengusung ciri khas anak muda yang mengusung mesin sama seperti milik All New Honda CB150R StreetFire 2015.

Kita lihat saja apakah nantinya Suzuki Satria F150 FI masih dapat bertahan melawan para kompetitornya atau justru semakin tenggelam dengan hadirnya teknologi baru tersebut. Baca Juga, Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F150, Suzuki Satria F150 Euro 3 dan Modifikasi Suzuki Satria F150.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here