Home Daihatsu Daftar Mobil Terlaris Daihatsu Indonesia Bulan Januari-Agustus 2015

Daftar Mobil Terlaris Daihatsu Indonesia Bulan Januari-Agustus 2015

862
0

OTONITY.com – Mobil Daihatsu Paling Laris Tahun 2015, Meskipun pasar otomotif dalam negeri mengalami kemerosotan yang cukup tajam di tahun 2015 ini namun PT Astra Daihatsu Motor (ADM) masih bisa mempertahankan konsistensinya. Terbukti selama Januari hingga Agustus 2015 pabrikan asal Jepang ini sukses menjual kendaraannya sebanyak 100 ribu unit lebih. Untuk penjualan secara wholesales ADM berhasil mencatat angka sebanyak 113.431 unit sedangkan penjualan retail sales mobil Daihatsu yang terjual di Indonesia mencapai 109.430 unit.

Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor mengatakan walaupun kondisi perekonomian dan pangsa pasar sedang turun namun pihaknya sangat bersyukur dapat meraih hasil positif di tahun ini terutama pada bulan Agustus 2015 yang membukukan penjualan paling banyak. Dirinya menambahkan peningkatan penjualan dari ADM diakibatkan oleh meluncurnya Daihatsu Great New Xenia serta diadakannya dua pameran otomotif sekaligus yaitu IIMS dan GIIAS 2015.

Menurut Amelia Daihatsu Xenia generasi terbaru yang diluncurkan membuat masyarakat penasaran dan ingin segera memilikinya, apalagi kembaran dari Toyota Grand New Avanza ini juga memiliki desain stylish, ruang interior lebih nyaman dan tidak ketinggalan pula mesin baru yang membuatnya semakin hemat bahan bakar dibandingkan sebelumnya. Ketiga kelebihan yang dimiliki oleh Xenia jelas memberikan kepuasan terhadap pemiliknya yang rata-rata pembelinya adalah para keluarga.

Namun dalam kurun Januari-Agustus 2015 kemarin penyumbang terbesar dari PT ADM secara wholesales bukan berasal dari Daihatsu Xenia melainkan dari kendaraan niaga Daihatsu Gran Max yang sukses meraih penjualan hingga 50.685 unit atau sekitar 44,7 persen dari seluruh angka penjualan Daihatsu di Indonesia dengan rincian Gran Max pikap sebanyak 40.751 unit atau 35,9 persen sedangkan untuk Gran Max Minibus mencapai 9.934 unit atau 8,8 persen.

Sementara itu Daihatsu Xenia berada di posisi kedua dengan memberikan sumbangan penjualan sebanyak 25.527 unit atau berkontribusi sekitar 22,5 persen, MPV dengan interior elegan ini juga masih yang terbaik di kelas mobil keluarga di Indonesia dengan berada di bawah Toyota Avanza serta bersaing ketat melawan Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga yang juga mendapatkan penyegaran di bulan Agustus kemarin. Sedangkan di urutan ketiga ditempati Daihatsu Ayla yang selama Januari-Agustus terjual sebanyak 22.476 unit atau 19,8 persen.

SUV Daihatsu Terios juga masih cukup tinggi peminatnya dengan berhasil menyumbang penjualan sekitar 9.742 unit, mobil dengan mesin tangguh ini meraih hasil yang sangat positif dalam pameran otomotif kemarin dengan menampilkan edisi khusus namun langsung terjual habis. Di bawah Terios ditempati Daihatsu Luxio dengan penjualan sebanyak 2.498 unit, meskipun berada di segmen mobil MPV namun Luxio memiliki karakter berbeda dibandingkan dengan Daihatsu Xenia sehingga dari segi penjualan juga tidak terlalu banyak mengingat Daihatsu Luxio mempunyai desain cukup panjang sehingga di sektor ruang kabin juga lebih luas. Di bawahnya ada Daihatsu Sirion menempati peringkat berikutnya dengan penjualan mencapai 2.498 unit atau 2,2 persen.

Sedangkan untuk data penjualan retail sales bulan Januari hingga Agustus 2015 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hasil wholesales, misalnya saja Daihatsu Gran Max Pikap yang masih menjadi penyumbang terbesar dengan membukukan angka 48.895 unit atau 36,1 persen sementara itu untuk Gran Max Minibus mencatat penjualan sekitar 9.417 unit atau 8,6 persen. Di urutan kedua juga masih ditempati Daihatsu Great New Xenia dengan 23.230 atau 21.2 persen lalu di susul Daihatsu Ayla dengan penjualan 22.792 unit atau 20,8 persen. Di bawahnya ada Daihatsu Terios yang menyumbang penjualan sekitar 9.625 unit atau 8,8 persen lalu Daihatsu Luxio 2.695 unit atau 2,5 persen dan terakhir ada Daihatsu Sirion dengan 2.192 unit atau hanya mampu memberi sumbangan sekitar 2 persen saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here