Home Mobil Formula One GP Singapura Nyaris Batal Gara-Gara Indonesia

Formula One GP Singapura Nyaris Batal Gara-Gara Indonesia

806
0

OTONITY.com – Balap Mobil FI Singapura Tetap Digelar, Kabut asap akibat kebakaran hutan di Provinsi Riau ternyata tidak hanya berdampak terhadap masyarakat Indonesia yang tinggal di Pulau Sumatera saja namun juga mulai dirasakan oleh negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Bahkan pagelaran balap mobil Grand Prix Formula One (F1) seri Singapura yang rencananya bakal digelar pada akhir pekan ini (20/9) bisa saja batal apabila kabut yang meliputi langit di atas kota singa tersebut tidak kunjung hilang.

Seperti yang dilansir oleh Yahoo bahwa kualitas udara di Singapura saat ini dalam tingkat berbahaya dan hal tersebut tentu saja sangat mengganggu para pebalap yang nantinya akan berlaga di lintasan baik dari segi kesehatan maupun penglihatan. Meskipun demikian pihak penyelenggara Formula One Singapura memastikan kalau balapan yang akan di gelar di sikut jalanan Marina Bay tersebut akan tetap di gelar.

Seperti yang dimuat oleh Autosport pada hari Kamis (17/9) bahwa pihak penyelenggara memutuskan untuk tetap menggelar F1 Singapura meskipun sampai saat ini kondisi udara di negara tersebut masih belum stabil, walaupun demikian penyelenggara tetap tidak merubah rencana mereka dan akan terus bekerja sama dengan semua pihak pemerintah guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Selain itu nantinya akan ada petugas medis yang telah berjaga-jaga dan tersedia pula masker bagi para penonton di sepanjang sirkuit.

Brazilian driver Felipe Massa (R) of Fer

Sebenarnya balap F1 GP Singapura ini merupakan seri yang paling ditunggu-tunggu oleh para pebalap mengingat karakter sirkuit cukup unik dan menariknya lagi balapan di gelar di malam hari sehingga memberikan pemandangan yang luar biasa. Tentu saja dengan diselenggarakannya even berkelas dunia tersebut membuat sektor pariwisata dari Singapura semakin meningkat. Bisa dibayangkan berapa kerugian yang akan dialami oleh negara tetangga tersebut apabila balap F1 tidak jadi di gelar akibat asap kebakaran dari Indonesia.

Ternyata kekhawatiran mengenai diselenggarakannya balap F1 di Singapura tidak hanya dirasakan oleh pihak panitia saja namun sejumlah pebalap pun turut mengomentari masalah ini. Salah satunya adalah Jenson Button dari tim McLaren-Honda yang sangat berharap sekali agar beberapa hari ini hujan bisa turun untuk meminimalisir kebakaran hutan di Indonesia. ā€œItu( kebakaran hutan) adalah masalah yang besar. Saya harap asap itu akan segera bersih karena ini akan sangat membahayakan kesehatan,ā€ jelas Button kepada Reuters beberapa waktu lalu.

Button sebenarnya menyadari dengan turunnya hujan kondisi lintasan yang basah akan sangat berpengaruh terhadap kendaraan, namun hal itu menjadi kabar baik karena kabut asap bisa hilang dengan lebih cepat. Seperti yang ramai diberitakan saat ini sebenarnya tidak hanya hutan di Riau saja yang sedang kebakaran namun juga tersebar di beberapa titik seperti di Jambi, sampai saat ini pemerintah Indonesia pun terus berupaya untuk terus memadamkan api hingga menyediakan anggaran mencapai miliaran rupiah.

Tidak hanya itu saja pihak kepolisian juga sudah menangkap ratusan pelaku pembakaran yang di duga memang secara sengaja membakar hutan demi kepentingan pribadi maupun sebuah perusahaan. Hal ini tentu sangat disayangkan sekali mengingat para pelaku ini tidak memikirkan dampak panjangnya, sebab yang dirugikan tidak hanya negara namun juga hewan dan masyarakat di sekitar. Saat ini hampir semua sekolahan di kota Dumai, Riau sedang diliburkan dan masyarakat di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia juga mulai mengurangi aktivitas guna menghindari Sesak nafas akut atau ISPA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here