Home Motor Motor Matik Yamaha Fino 125 Teknologi Blue Core Sedang Dipersiapkan

Yamaha Fino 125 Teknologi Blue Core Sedang Dipersiapkan

1276
0

OTONITY.com – Motor Yamaha Fino 125cc Blue Core, Dalam satu tahun terakhir Yamaha terus mengeluarkan motor matik terbaru dengan teknologi canggih bernama Blue Core yang digadang-gadang memilki banyak sekali keunggulan mulai seperti mesin menjadi semakin ramah lingkungan dan hemat bahan bakar namun tetap bertenaga. Setelah Yamaha NMAX 150 disematkan teknologi baru tersebut kini kabarnya PT Tamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tengah bersiap-siap untuk menghadirkan motor matik baru dengan mesin Blue Core.

Model yang dimaksud tersebut adalah skuter bergaya klasik yaitu Yamaha Fino. Kabar itu disampaikan sendiri oleh Mohammad Masykur selaku Asisten GM Marketing PT YIMM beberapa waktu lalu yang menyebutkan bahwa generasi terbaru dari Yamaha Fino akan disematkan teknologi Blue Core dan rencananya siap diluncurkan pada akhir tahun ini.

Tidak hanya mesin saja yang akan tampil baru pada Yamaha Fino Blue Core nanti namun dari segi tampilan juga bakal tampil lebih elegan dan modern namun tetap mempertahankan ciri khas skutik klasik di tubuhnya. Menurut Masykur Yamaha Fino sendiri rencananya akan mengadopsi dapur pacu milik Yamaha Mio M3. Hanya saja pihak Yamaha Indonesia tidak mau menyebutkan secara rinci mengenai berapa harga dan juga waktu peluncurannya.

Sedikit informasi teknologi Yamaha Blue Core mulai masuk ke Indonesia pada akhir tahun 2014 kemarin dan diklaim memiliki tingkat efisiensi bahan bakar sangat baik serta digadang-gadang sesuai untuk kendaraan masa depan. Saat ini hampir semua produk motor matik dari Yamaha sudah mengusung teknologi Blue core dan diprediksi pada tahun 2016 mendatang semua skuternya bakal disematkan teknologi tersebut.

Khusus untuk Yamaha Fino sendiri saat ini memang masih menjadi penyumbang yang cukup besar di pasar motor matik dari YIMM, skutik bergaya retro ini mengusung mesin injeksi dengan kapasitas 125 cc 4 langkah, 2 valve SOHC yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 7,75 Ps pada putaran 8.500 rpm serta torsi puncak hingga 8,5 Nm pada putaran 5.000 rpm.

Sementara itu di sektor kaki-kaki terpasang suspensi depan jenis teleskopik dan untuk yang belakang memakai suspensi tunggal. Sedangkan pada bagian rodanya menggunakan diameter 70/90 – 14 M untuk bagian depan dan 80/90 14M di sektor belakang. Pada roda depan Yamah Fino versi 2014 memang memakai rem bertipe cakram namun pada bagian belakang masih menggunakan tromol.

Yamaha Fino FI yang merupakan pesaing Honda Scoopy ini memiliki dimensi panjang 1.870 mm, lebar 700 mm dengan panjang mencapai .066 mm. Sebagai motor bergaya klasik jelas kendaraan ini memang di desain tidak begitu besar dan juga tidak terlalu tinggi. Apalagi bobotnya yang hanya 95 kg saja membuat Yamaha Fino FI sangat mudah untuk di ajak berakselerasi.

Jika nantinya Yamaha Fino sudah di dukung teknologi Blue Core dapat dipastikan harganya bakal lebih mahal dibandingkan sebelumnya yang hanya dipatok Rp 14,25 juta. Diprediksi mungkin banderolnya nanti bisa mencapai Rp 15 jutaan. Semoga saja nantinya Yamaha Fino Blue Core benar-benar mengalami banyak perubahan yang tidak hanya pada mesinnya saja namun juga semua bagian terutama di sektor bodi yang harus mendapatkan penyegaran lebih stylish serta di sektor kaki-kaki memakai rem cakram baik depan maupun belakang guna menunjang penampilan.

Beberapa skuter buatan YIMM yang sudah dipasarkan di Indonesia diantaranya Yamaha Mio M3, Yamaha NMAX 150 dan untuk versi impor ada Yamaha Grand Filano. Memang di kelas motor matik Yamaha terus bersaing ketat dengan PT Astra Honda Motor yang juga memiliki teknologi baru bernama eSP. Secara karakter baik Blue Core maupun eSP sebenarnya tidak jauh berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here