Home Mobil Tips Merawat Dan Memperbaiki Spion Elektrik Mobil Yang Benar

Tips Merawat Dan Memperbaiki Spion Elektrik Mobil Yang Benar

3457
0

OTONITY.com – Cara Perbaiki Spion Mobil, Di era modern sepert saat ini kendaraan roda empat sudah mulai melakukan banyak perubahan mulai dari sektor ruang kabin hingga eksteriornya, salah satunya terdapat pada bagian spion yang sekarang mengusung sistem elektrik sehingga dapat di atur posisinya dengan hanya menekan tombol yang terdapat di area dashboard.

Dulu spion elektrik cuma bisa kita temukan di kendaraan-kendaraan kelas atas saja namun kali ini dengan semakin berkembangnya zaman hampir semua produk mobil sudah memiliki fitur tersebut karena selain untuk menunjang penampilan juga agar lebih mempermudah pemiliknya dalam mengatur posisi spion.

Kerusakan Umum

Namun sebenarnya spion elektrik pada mobil ini juga memiliki beberapa kelemahan yang bisa saja membuat bagian tersebut mengalami kerusakan, salah satu tanda-tanda spion elektrik rusak adalah tidak berfungsinya ketika tombol di tekan. Spion elektrik sendiri memiliki perangkat seperti kabel yang terdapat di dalam bodi dari spion tersebut sehingga jarang sekali mengalami kerusakan. namun dalam kondisi tertentu bisa saja bagian ini langsung tidak berfungsi walaupun tanpa terjadi benturan. Kerusakan lain yang biasa dialami pada spion yaitu kaca pecah, spion patah dan spion rusak elektrik tidak berfungsi dengan baik.

Salah satu perangkat dari kaca spion elektrik yang sering menjadi penyebab kerusakan adalah gear patah karena hanya terbuat dari plastik. Biasanya ini terjadi disebabkan spion elektrik sering di tutup secara paksa atau terbentur sesuatu dengan keras. Jika sudah begitu satu-satunya cara yaitu dengan membongkar rumah spion lalu di lakukan penyambungan kembali bagian gear yang rusak, atau apabila sudah tidak dapat diperbaiki lagi maka disarankan untuk mengganti set gear yang baru.

Spion elektrik pada sebuah mobil memang dirancang untuk mempermudah pengemudi mengatur posisi spion tanpa harus keluar atau membuka jendela kendaraan. Tombol pengatur spion elektrik biasanya terdapat di samping kanan setir kemudi. Untuk itulah sangat disarankan sekali selalu merawat komponen yang satu ini karena memiliki fungsi cukup vital selama perjalanan. Bayangkan saja jika bagian gear rusak dan spion menjadi tidak bisa mengunci alias oblak, tentu pengemudi akan merasa kebingungan ketika melihat ke kendaraan dibelakangnya.

Namun jika sudah mengalami kerusakan sebaiknya segera diperbaiki ke bengkel langganan atau bengkel resmi untuk mendapat penanganan yang lebih lanjut, selain itu anda juga bisa memeriksanya sendiri apabila memang memiliki keahlian sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dalam melakukan perbaikan. Ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan saat mendiagnosa kerusakan pada bagian spion elektrik.

Perbaiki Spion Elektrik Sendiri

Yang pertama periksa terlebih dulu bagian kabel sekring apakah terputus atau tidak, jika masih tersambung berarti kerusakan terdapat pada bagian lainnya. Untuk lebih aman lagi silahkan cek sekring dengan cara nyalakan mobil lalu tutup dan buka spion secara manual, perlu diingat lakukan cara ini dengan sangat perlahan agar tidak merusak gear yang ada didalamnya. Namun jika cara tersebut tidak berhasil maka kerusakan bisa saja disebabkan oleh bagian elektrik kaca spion.

Untuk cara yang satu ini anda tidak disarankan melakukannya sendiri karena harus ada alat dan juga keahlian khusus, selain itu jika ada bagian yang harus diganti hanya bengkel khusus saja yang memiliki komponen penggantinya. Itulah beberapa tips mengenai cara merawat dan mengecek masalah kaca spion elektrik. Banyak pemilik kendaraan tidak begitu mementingkan fungsi dari spion elektrik itu sendiri karena menganggap hanya untuk pemanis mobil saja.

Padahal kaca spion elektrik merupakan bagian yang sangat penting sekali selama berkendara, untuk itu sebelum melakukan perjalanan pastikan terlebih dulu posisi spion yang benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here