Home Motor Motor Sport Yamaha R3 Produksi Indonesia Alami Recall Di Amerika Dan Eropa

Yamaha R3 Produksi Indonesia Alami Recall Di Amerika Dan Eropa

886
0

OTONITY.com – Yamaha R3 Terbaru Mengalami Masalah, Pihak Yamaha secara resmi mengumumkan bahwa motor sport Yamaha R3 untuk pasar Amerika serta Eropa harus dilakukan recall atau penarikan karenaada masalah pada bagian upper triple clamp. Jika tidak segera dilakukan penarikan maka bisa berpotensi membahayakan pengendaranya sebab bagian tersebut dapat retak. Recall ini sendiri diumumkan setelah 16 unit Yamaha R3 mengalami retak pada segitiga penghubung dua suspesi depan di bagian atas.

Sementara itu penarikan yang dilakukan oleh pihak Yamaha adalah untuk produksi periode 1 Januari hingga 31 Agustus 2015. Waktu yang tergolong cukup panjang dan dikhawatirkan tidak hanya terjadi di Amerika serta Eropa saja namun juga beberapa negara yang mendapat jatah Yamaha R3 tersebut. Perlu diketahui Yamaha R3 hanya diproduksi di Indonesia dengan mengusu mesin berkapasitas 321 cc. Meskipun tidak di jual di Indonesia motor sport kelas menengah ini justru dipasarkan ke beberapa negara termasuk India serta kawasan Asia tenggara lainnya.

pihak Yamaha sendiri juga sudah mengajukan recal ke National Highwawy Traffic Safety Administration (NHTSA) yang sepertinya akan melakukan penarikan pada bulan Oktober ini dan bagi para pemilik Yamaha R3 bakal dihubungi secepatnya untuk dilakukan perbaikan tanpa memungut biaya sebagai bukti pertanggung jawaban. Jika Yamaha R3 mengalami sedikit masalah dan harus dilakukan perbaikan namun berbeda dengan kembarannya yang dijual di Indonesia yaitu Yamaha R25.

Yamaha R3 2015

Meskipun menggunakan basis yang sama namun motor sport dengan kapasistas mesin 250 cc ini dipastikan aman dari recall, kabar tersebut diungkapkan sendiri oleh Mohammad Masykur selaku asisten GM PT Yamaha Indonesia Motor Manfacturing (YIMM) mengingat material yang digunakan untuk Yamaha R25 berbeda dengan R3, jelas ini menjadi angin segar bagi pemilik Yamaha R25 di Indonesia mengingat populasi dari motor sport pesaing Honda CBR250R ini terus mengalami peningkatan. Kita lihat saja perkembangan selanjutnya apakah Yamaha R25 benar-benar tidak mengalami penarikan seperti saudaranya di Amerika dan Eropa.

Sedikit informasi mengenai motor sport Yamaha R3 yang merupakan kendaraan roda dua diproduksi oleh PT YIMM dengan mengusung mesin berkapasitas 321 cc berteknologi DOHC dua silinder yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 42 hp pada putaran 10.750 rpm serta torsi puncak hingga 9,6 Nm pada 9.000 rpm. Alasan utama dari pihak Yamaha Indonesia untuk tidak menjualnya di dalam negeri adalah karena terkendala pajak mengingat untuk sebuah motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc akan mendapat beban yang cukup tinggi. Untuk itulah YIMM hanya mengandalkan Yamaha R25 untuk pasar Indonesia karena memiliki harga yang lebih terjangkau.

Sebenarnya secara bentuk dan juga basis baik Yamaha R3 maupun Yamaha R25 tidak jauh berbeda sama sekali, namun untuk urusan dapur pacu jelas Yamaha R3 lebih diunggulkan. Motor sport cukup laris di India dan Amerika tersebut memiliki ban besar dengan disematkan pula single disc berdiameter 298 mm sedangkan untuk bagian belakang terdapat rem cakram berukuran 22 mm. Tidak ketinggalan fitur ABS juga ikut terpasang guna menambah keamanan pengendara.

Di Amerika Serikat motor sport ini dibanderol mencapai Rp 61,3 juta yang bisa dikatakan justru akan lebih mahal jika di jual diĀ Indonesia. Pihak YIMM sendiri memang tidak ada keinginan untuk menjualnya di dalam negeri karena diprediksi tidak akan mendapat antusias yang tinggi dari pecinta motor sport tanah air mengingat kapasitas mesin yang dimiliki hanya berselisih 50 cc saja dari Yamaha R25 namun dibanderol dengan harga sangat tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here