Home Motor V-Ixion Masih Jadi Motor Sport Terlaris Yamaha Indonesia

V-Ixion Masih Jadi Motor Sport Terlaris Yamaha Indonesia

1011
0

OTONITY.com – Daftar Motor Terlaris Yamaha Bulan September, Meskipun bukan sebagai penguasa secara keseluruhan di pasar nasional namun PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih tetap menjadi raja di segmen penjualan motor sport. Terbukti menurut data di bulan September 2015 kemarin pabrikan berlogo garpu tala tersebut sukses membukukan penjualan hingga 39.742 unit dan menariknya Yamaha V-Ixion masih menjadi yang paling laris dengan memberikan sumbangan hingga 34.070 unit. Jelas ini membuktikan bahwa Yamaha V-Ixion masih tetap diminati oleh masyarakat tanah air meskipun beberapa waktu lalu memiliki pesaing baru yaitu All New honda CB150R StreetFire 2015.

Sementara itu untuk Yamaha R Series juga mengalami peningkatan penjualan pada September 2015 ini yaitu mencapai 4.263 unit pada R15 atau naik 8,25 persen dibandingkan Agustus lalu dan untuk Yamaha R25 versi ABS mencatat penjualan sebanyak 418 unit. Selain R Series ada juga beberapa model yang mengalami peningkatan penjualan misalnya saja di kelas motor matik ada All New Yamaha Soul GT memberikan penjualan sebanyak 16.381 unit atau naik 40,26 persen di bulan September ini. Kemudian di kelas motor bebek ada produk baru yaitu New Yamaha Vega Force FI yang baru berumur satu bulan namun sudah membukukan penjualan sebanyak 2.871 unit.

Untuk penjualan ekspor bisa dikatakan Yamaha Indonesia sangatlah sukses untuk bulan September kemarin karena bisa mengirim sebanyak 21.159 unit atau naik 22 persen dibandingkan Agustus lalu. Beberapa motor buatan YIMM yang sudah di ekspor diantaranya Yamaha NMAX, Yamaha Soul GT, Yamaha R15, R25, R3, MT-25 Yamaha Jupiter MX, MX King 150 dan Yamaha V-Ixion pastinya.

Yamaha NMAX 150 2015 Indonesia

Peningkatan penjualan ekspor cukup besar dialami oleh Yamaha R25 dimana pada bulan Januari sampai September sudah membukukan angka hingga 34.040 unit atau menyumbang 33 persen dari seluruh penjualan ekspor Yamaha yang pada 9 bulan pertama ini menapai 103.800 unit. Sukses lainnya juga terdapat pada Yamaha NMAX 150 yang mulai diminati oleh masyarakat luar negeri dan menurut data sudah di kirim sebanyak 18.580 unit atau memberikan sumbangan sebesar 18 persen.

Tidak hanya Yamaha R25 dan NMAX saja namun pendatang baru Yamaha MT-25 pun juga mulai menunjukkan peningkatan dengan ekspor mencapai 19.820 unit sejak pertama kli diperkenalkan bulan Juni silam. Sementara itu menurut Mohammad Masykur selaku Assisten GM Marketing PT YIMM mengatakan peningkatan ekspor di tahun 2015 ini membuktikan kalau negara lain sudah mulai tertarik dengan produk-produk buatan Yamaha Indonesia.

Terlepas dari kasus yang menimpa Yamaha R3 di beberapa negara seperti Amerika, Eropa dan Australia sepertinya YIMM akan meraih hasil sukses dari penjualan ekspor mereka. Yamaha R3 sendiri merupakan motor sport berkapasitas 320 cc dan hanya diproduksi di Indonesia, kerusakan yang terdeteksi adalah sektor segitiga di bagian depan dan harus dilakukan recall untuk mengantisipasi kecelakaan pada pemiliknya.

Kendati demikian untuk kembarannya yaitu Yamaha R25 dipastikan tidak mengalami masalah serupa karena meskipun secara basis dan desain keduanya hampir sama namun pihak Yamaha Indonesia menjelaskan kalau bahan yang digunakan berbeda. Yamaha R25 sendiri sudah di ekspor ke Jepang, India dan beberapa negara lainnya.

Namun sayangnya meskipun sebagai raja untuk kelas ekspor PT YIMM masih berada di urutan kedua sebagai motor terlaris di Indonesia karena masih kalah dari penjualan PT Astra Honda Motor (AHM). AHM yang mengandalkan penjualan motor matik seperti Honda BeAT dan Honda Vario Series sukses menarik banyak pengguna sepeda motor tanah air. Sementara itu di kelas motor sport AHM masih kalah telak dari YIMM dan di segmen motor bebek keduanya nyaris imbang meskipun Honda Indonesia sedikit berada di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here