Home Mobil Daftar 5 Mobil MPV Terlaris di Indonesia September 2015

Daftar 5 Mobil MPV Terlaris di Indonesia September 2015

1179
0

OTONITY.com – Mobil MPV Paling Laris di Indonesia, Meskipun masih menjadi yang paling diminati oleh masyarakat tanah air namun karena melemahnya perekonomian dalam negeri saat ini berimbas juga terhadap penjualan mobil MPV di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan minat masyarakat untuk membeli mobil keluarga tersebut sedikit dikurangi mengingat saat ini berbagai bahan kebutuhan pribadi juga mengalami peningkatan akbiat melemahnya nilaii tukar rupiah terhadap dolar.

mengambil dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada bulan September 2015 ini semua pabrikan otomotif terutama kendaraan roda empat masih tetap mengalami penurunan atau bisa dikatakan belum stabil. Padahal beberapa pabrikan sudah berupaya untuk mempertahankan pasar di segmen Low MPV dengan menghadirkan model-model terbaru.

PT Toyota Astra Motor (TAM) misalnya yang secara resmi telah meluncurkan dua mobil sekaligus yaitu Toyota grand New Avanza dan Toyota Grand New Veloz. Keduanya memang diprioritaskan sebagai penerus dari model lama dan sudah mulai diperkenalkan pada pertengahan Agustus silam.

Toyota Grand New Veloz 2015

Tercatat di bulan September 2015 penjualan Toyota Avanza terbaru tersebut hanya mencapai 16.332 unit saja atau mengalami penurunan sekitar 0,07 persen dibandingkan bulan Agustus lalu yang sedikit lebih baik yaitu 16.344 unit. Menariknya meskipun kondisi perekonomian sedang lesu penjualan Toyota Avanza di bulan September 2015 ini justru lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya meraih 12.266 unit atau bisa dikatakan kini naik 33,5 persen.

Di bawah Toyota Avanza ada mobil MPV andalan PT Honda Prospect Motor (PHM) yaitu Honda MobilioHonda Mobilio. Mobil dengan desain elegan ini juga ikut mengalami penurunan pada bulan September 2015 ini yaitu hanya 3.970 unit atau turun 16,3 persen dari bulan sebelumnya yang meraih 4.746 unit. Bahkan dibandingkan tahun lalu penjualan Honda Mobilio pada periode sama juga mengalami penurunan yang cukup drastis yaitu mencapai 47,7 persen karena di bulan September 2014 silam mampu terjual sebanyak 7.594 unit.

Di posisi berikutnya ada Daihatsu Xenia yang memperoleh penjualan sekitar 3.619 unit. Saudara kembar dari Toyota Avanza ini juga ikut mengalami penurunan di mana pada bulan September kemarin lebih rendah dibandingkan Agustus lalu yang mencapai 4.941 unit. Kendati demikian Daihatsu Xenia berhasil menggeser posisi Suzuki Ertiga yang hanya mampu menempatkan mobil Low MPV milik PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tersebut di urutan ke empat dengan meraih penjualan sebesar 2.580 unit atau turun mencapai 29,4 persen dibandingkan bulan sebelumny yang meraih 3.656 unit.

Penjualan Suzuki Ertiga September 2015 ini juga merosot drastis hingga 45,3 persen yaitu 2.580 unit dibandingkan dengan periode sama di tahun 2014 silam yang mampu terjual sebanyak 4.723 unit. Di bawah Suzuki Ertiga ada Chevrolet Spin dengan meraih penjualan 344 unit atau turun sekitar 15,4 persen dari bulan Agustus 2015 yang mencapai 407 unit.

Penjualan pada Agustus 2015 silam memang sedikit lebih baik karena ada dua pameran otomotif sekaligus di Indonesia yaitu GIIAS 2015 dan juga IIMS 2015. Inilah yang sedikit mendongkrak penjualan mobil-mobil MPV karena para pabrikan menghadirkan produk unggulannya masing-masing. Namun selepas dua pameran itu penjualan mobil kembali menurun seperti bulan-bulan sebelumnya.

Hadirnya pameran otomotif dan juga diluncurkannya model-model low MPV terbaru ternyata hanya membantu sesaat saja. Belum jelas kapan penjualan mobil kembali normal mengingat perekonomian yang masih belum stabil, ditambah lagi beberapa pabrikan sudah bersiap untuk menaikkan harga jual kendaraannya yang pastinya membuat masyarakat semakin enggan untuk membeli mobil baru.

Daftar penjualan 5 MPV terlaris di Indonesia bulan September 2015 :

Toyota Avanza 16.332 unit
Honda Mobilio 3.970 unit
Daihatsu Xenia 3.619 unit
Suzuki Ertiga 2.580 unit
Chevrolet Spin 407 unit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here