Home Mobil New Suzuki Ertiga Hybrid 2015 Mulai Diperkenalkan Di India

New Suzuki Ertiga Hybrid 2015 Mulai Diperkenalkan Di India

629
0

OTONITY.com – MPV Suzuki Ertiga Mesin Hybrid Terbaru, Di Indonesia Suzuki Ertiga menjadi salah satu Mobil MPV yang cukup diminati oleh masyarakat tanah air dan bisa dikatakan masih menjadi pesaing serius bagi jajaran mobil keluarga lainnya seperti Daihatsu Great New Xenia, Toyota Grand New Avanza, Honda Mobilio hingga Chevrolet Spin. Memang dari segi penjualan Suzuki Eriga bukanlah yang terbaik di kelasnya, kendati demikian mobil asal pabrikan Jepang ini jelas menawarkan kelebihan tersendiri seperti harga yang relatif lebih murah serta dibekali pula ruang kabin nyaman dengan berbagai fitur unggulan didalamya.

Namun ternyata berbeda dengan di Indonesia yang masih memakai mesin jenis konvensional, di negara India Suzuki Ertiga justru sudah memiliki mesin versi hibrida yang pastinya lebih ramah lingkungan dan menghemat pengeluaran pemiliknya. Seperti yang dilansir oleh laman Indianautoblog bahwa Suzuki Ertiga model terbaru di Indonesia memiliki dua pilihan mesin yaitu bensin dengan menggunakan tipe K14B berkapasitas 1.373 cc empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 91 hp pada putaran 6.000 rpm serta torsi puncak hingga 130 Nm pada 4.000 rpm. Versi bensin ini mengusung transmisi manual lima percepatan dan 4 percepatan pada transmisi otomatis. Sedangkan untuk urusan bahan bakarnya sendiri bisa mencapai 17,5 kilometer per liter untuk manual dan 17,03 km/liter pada transmisi otomatis.

Sedangkan untuk pilihan dapur pacu yang kedua adalah mesin diesel tipe D13A dengan kapasitas 1.284 cc empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 88 Hp pada putaran 4.000 rpm serta torsi puncak 200 Nm pada 1.750 rpm. Mesin ini dipadukan pula transmisi manual lima percepatan yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 24,52 km hanya dengan mengisi satu liter bahan bakar saja. Untuk mesin diesel inilah kemudian disandingkan pula teknologi canggih modern bernama Smart Hybrid Vehicle By Suzuki (SHVS) yang kemudian dilengkapi juga dengan fitur start/stop serta pengaturan bantuan torsi.

Suzuki Ertiga Hybrid 2015

Sebenarnya teknologi hybrid pada mobil Suzuki bukanlah hal baru karena beberapa waktu lalu mereka juga menghadirkan Suzuki Ciaz dengan teknologi serupa. Sementara itu khusus untuk Suzuki Ertiga versi hybrid ini sendiri memiliki dimensi panjang sekitar 4.265 mm, lebar 1.695 mm dengan tinggi 1.685 mm dan jarak sumbu roda 2.740 mm serta dibekali kapasitas tangki bahan bakar yang mampu menampung hingga 45 liter. Sebagai penunjang kenyamanan di sektor depan terdapat suspensi berjenis McPherson sedangkan yang belakang menggunakan suspensi Torsion Beam.

Sebagai kendaraan canggih jelas Suzuki Ertiga Hybrid sudah ditanamkan berbagai fitur modern baik itu untuk menunjang kenyamanan maupun keamanan, sebut saja fitur anti lock brake system atau biasa di sebut dengan ABS, lalu ada juga Electronic Brake Distribution (EBD) alarm, Dual Airbag dan sabuk pengaman pretensioner. Di pasar India Suzuki Ertiga model terbaru ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau yaitu hanya 599.907 INR sampai 826.257 INR atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 124 jutaan hingga Rp 172 jutaan. Sedangkan untuk Suzuki Ertiga Hybrid dipasarkan dengan banderol mencapai 755.826 INR atau Rp 157 jutaan hingga 925.358 INR atau Rp 192 jutaan.

Sayangnya belum ada kabar pasti apakah Suzuki Ertiga Hybrid tersebut juga turut dipasarkan di Indonesia atau tidak, namun kendaraan-kendaraan dengan teknologi hibrida masih sangat jarang sekali diminati oleh masyarakat sehingga kemungkinan mobil MPV berteknologi hibrida tersebut masuk ke Indonesia sangatlah kecil. Beberapa waktu yang lalu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi sudah meluncurkan Suzuki Ertiga Facelift dengan beberapa ubahan namun untuk sektor dapur pacu masih tetap menggunakan mesin konvensional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here