Home Motor Ini 5 Finalis Sepeda Motor Terbaik Di Indonesia Tahun 2015

Ini 5 Finalis Sepeda Motor Terbaik Di Indonesia Tahun 2015

848
0

OTONITY.com – Daftar Nominasi Motor Terbaik 2015, Dalam waktu dekat ajang penghargaan bagi sepeda motor terbaik pilihan para jurnalis otomotif atau Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) Motorcycle of the Year (FMY) 2015 bakal kembali di gelar. Sedikitnya ada lima model motor yang sudah ditetapkan sebagai finalis oleh para dewan juri yang terdiri dari berbagai jurnalis media online, harian dan majalah. Sebelumnya ada 42 model sepeda motor terbaru yaitu produksi Oktober 2014 hingga September 2015 dan akhirnya dikerucutkan menjadi lima model saja yang kemudian telah ditetapkan sebagai finalis.

Kelima motor tersebut adalah New Honda CB150R StreetFire, Honda vario 150, Honda Sonic 150R, Kawasaki KLX150 dan Yamaha N-MAX 150. Sementara itu menurut Zainal Abidin selaku Sekretaris Jenderal Forwot mengatakan lima model motor yang menjadi finalis Forwot Motorcycle of the Year 2015 dilakukan dengan pemilihan cukup ketat dan mempersilahkan para juri untuk memilih sepeda motor mana yang dinilai paling baik dengan melihat berbagai aspek.

Beberapa aspek sebagai landasan penilaian dari dewan juri anggota Forwot ini diantaranya meliputi desain, performa, fitur, kenyamanan, keamanan, handling dan harga. Sedangkan menurut Ricky Setiawan selaku ketua dewan juri FYM 2015 mengatakan penilaian tersebut diberikan oleh dewan juri berdasarkan objektivitas para wartawan yang telah merasakan, mengetahui, melihat dan mencoba secara langsung berbagai motor yang menjadi kandidat tersebut.

Sesuai rencana pengumuman pemenang atau peraih Best of The Best FMY 2015 akan diumumkan pada 22 Oktober 2015 mendatang di Balai Sarwono, Jakarta Selatan. Seperti tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dari para pelaku industri otomotif khususnya roda dua di tengah kondisi perekonomian dalam negeri yang masih belum stabil. Tentunya pemilihan para finalis tidak dilakukan oleh sembarangan melainkan 25 dewan juri pilihan terbaik dan pastinya sudah berpengalaman di bidang otomotif.

5 Finalis tahun ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahun 2014 lalu dimana 3 merek ternama masih tetap mendominasi yaitu Honda, Yamaha dan Kawasaki, Lima finalis pada tahun 2014 lalu PT Yamaha Indonesia menghadirkan dua tipe andalannya yaitu Yamaha R25 dan juga Yamaha R15, sementara itu PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki Honda PCX 150 serta Honda CBR150R. Satu lagi hadir dari PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dengan Ninja 250 RR Mono.

Saat itu akhirnya Yamaha R25 dinobatkan sebagai Motorcycle of The Year 2014 karena secara keseluruhan mendapatkan poin 173 poin dengan mengalahkan empat finalis lainnya. Namun sayangnya untuk tahun 2015 ini PT YIMM hanya memiliki Yamaha NMAX 150 saja untuk bertarung empat finalis lainnya. Sedangkan PT AHM mendominasi dengan menyumbang tiga produk yaitu Honda CB150R StreetFire, Honda Sonic 150R dan Honda Vario 150.

Jadi kita lihat saja apakah salah satu dari ketiga motor Honda Indonesia tersebut bisa meraih predikat terbaik, atau justru Yamaha Indonesia bisa kembali meraih gelar yang sama seperti tahun lalu. Bahkan bisa saja KMI dengan Kawasaki KLX 150 bisa menyabet predikat sebagai Best Motorcycle of the Year 2015. Sebenarnya lima finalis yang diluncurkan pada tahun ini memiliki banyak sekali kelebihan mulai dari fitur hingga desain, namun sayang karena perekonomian dalam negeri yang masih kurang begitu stabil membuat penjualan kendaraan roda dua merosot cukup jauh dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Uniknya entah sengaja atau tidak kelima finalis yang merebutkan gelar Best of The Best FMY 2015 tersebut semuanya memiliki mesin berkapasitas 150 cc. Jadi kita lihat saja nanti motor mana yang bakal meraih penghargaan tertinggi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here