Home Motor Klasemen Sementara MotoGP 2015, Lorenzo Buka Peluang Raih Juara Dunia

Klasemen Sementara MotoGP 2015, Lorenzo Buka Peluang Raih Juara Dunia

629
0

OTONITY.com – Klasemen MotoGP 2015 Terbaru Usai Seri Philip Island, Persaingan sengit kembali tersaji dalam lanjutan MotoGP 2015 yang berlangsung pada hari Minggu (18/10) di sirkuit Philip Island Australia. Pertarungan empat pembalap papan atas menyuguhkan aksi yang sangat mengesankan dan menghibur para penggemarnya. Duo andalan Yamaha yaitu Valentino Rossi dan juga Jorge Lorenzo mendapat perlawanan yang cukup ketat dari pebalap Repsol Honda yaitu Marc Marquez dan Pebalap Ducati Andrea Iannone.

Pada akhirnya Marquez menjadi yang terbaik dengan selisih sangat tipis dari Jorge Lorenzo, sementara itu Valentino Rossi harus puas dengan menempati peringkat empat setelah kalah bersaing melawan Iannone. Memang cuaca di sirkuit Philip Island sangat mendukung sekali sehingga para pebalap pun bisa mengeluarkan semua kemampuannya tanpa ada kendala sama sekali.

Memang persaingan ketat sudah mulai tersaji sejak awal start dimana Lorenzo langsung melesat jauh meninggalkan para lawannya, sementara itu Valentino Rossi di awal lap berada di urutan keenam dan sudah mulai bersaing Iannone serta Cal Crutchlow. 20 lap terakhir Lorenzo sebenarnya sudah mulai menjaga jarak dengan para lawannya termasuk Marc Marquez.

Honda MotoGP rider Marquez of Spain waves to fans as he celebrates his pole position after the qualifying session at Argentina's MotoGP Grand Prix at the Termas de Rio Hondo International circuit in Termas de Rio Hondo

Persaingan ketat tersaji ketika Marquez dan Rossi berebut posisi kedua dengan sangat ketat namun yang mengejutkan justru ketika Rossi berusaha menyalip Marquez akan tetapi sedetik kemudian Iannone datang dari dalam saat memasuki tikungan untuk melakukan double overtake yang sebenarnya ini sangat jarang terjadi. Kendati demikian posisi Iannone untuk menempati peringkat kedua tidak berlangsung lama karena Marquez kembali menggeser.

Jarak Lorenzo dan juga Marquez yang sebelumnya nyaris mencapai 1 detik kembali berdekatan sedangkan Iannone masih berada di depan Rossi. Persaingan terus berlangsung sampai 3 lap terakhir dengan melibatkan empat pebalap papan atas, aksi saling overtake membuat para penggemar MotoGP harus menahan nafas dan harus beranjak dari tempat duduknya. Memasuki last lap skill Lorenzo, Rossi, Marquez dan Iannone mulai dikeluarkan untuk merebut posisi terdepan.

Dan memasuki dua tikungan akhir akhirnya Marquez berhasil merebut posisi pertama setelah sukses menyalip Jorge Lorenzo, dalam waktu yang bersamaan Rossi juga sempat mengkudeta posisi Iannone sehingga membuat para penggemar pebalap bernomor 46 tersebut sempat kegirangan, namun memasuki tikungan akhir Iannone kembali berhasil masuk dari dalam untuk merebut posisi ketiga hingga akhirnya pebalap andalan Ducati tersebut finish posisi ketiga.

Valentino Rossi yang sudah berjuang dengan maksimal harus puas fnish di urutan keempat, kendati demikian pebalap senior ini masih tetap memimpin klasemen sementara namun hanya memiliki keunggulan 11 poin saja dari Jorge Lorenzo. Sedangkan untuk Marquez yang meskipun berhasil finish terdepan pada seri Australia ini tetap dipastikan tidak dapat mempertahankan gelar juara dunianya karena terpaut terlalu jauh dengan poin Rossi.

Tentu saja dengan hasil ini membuat persaingan untuk memperebutkan juara dunia menjadi semakin ketat antara Rossi dengan Lorenzo. Balapan MotoGP musim 2015 tinggal menyisakan dua seri lagi yaitu di Malaysia dan Spanyol, jika Rossi mampu finish di depan Lorenzo maka dirinya sukses mewujudkan mimpinya untuk meraih gelar juara dunia ke sepuluh.

Namun kesempatan Lorenzo untuk merebut juara dunia juga masih sangat lebar apalagi pada seri terakhir akan dilangsungkan dirumahnya sendiri.

Berikut klasemen sementara MotoGP 2015 setelah seri Australia :

1. Valentino Rossi – Yamaha – 296 poin
2. Jorge Lorenzo – Yamaha – 285 poin
3. Marc Marquez – Honda – 222 poin
4. Andrea Iannone – Ducati – 188 poin
5. Dani Pedrosa – Honda – 165 poin
6. Bradley Smith – Yamaha – 158 poin
7. Andrea Dovisiozo – Ducati – 153 poin
8. Cal Crutchlow – Honda – 107 poin
9. Danilo Petrucci – Ducati – 97 poin
10. Pol Espargaro – Yamaha – 96 poin
11. Aleix Espargaro – Suzuki – 88 poin
12. Maverick Vinales – Suzuki – 84 poin
13. Scott Redding – Honda – 78 poin
14. Yonny Hernandez – Ducati – 49 poin
15. Hector Barbera – Ducati – 30 poin
16. Loris Baz – Yamaha Forward – 28 poin
17. Alvaro Bautista – Aprilia – 28 poin
18. Jack Miller – Honda – 17 poin
19. Nicky Hayden – Honda – 16 poin
20. Stefan Bradl – Aprilia – 11 poin
21. Eugene Laverty – Honda – 9 poin
22. Katsuyuki Nakasuga – Yamaha – 8 poin
23. Michele Pirro – Ducati – 8 poin
24. Mike Di Meglio – Ducati – 8 poin
25. Hiroshi Aoyama – Honda – 5 poin
26. Takumi Takahashi – Honda – 4 poin
27. Alex De angelis – ART – 2 poin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here