Home Mobil Mobil Bekas Ini Kerugian-kerugian Yang Bisa Terjadi Saat Membeli Mobil Bekas

Ini Kerugian-kerugian Yang Bisa Terjadi Saat Membeli Mobil Bekas

1204
0

OTONOTY.com – Kelemahan Membeli Mobil Bekas, Bagi sebagian masyarakat membeli mobil bekas adalah sebuah pilihan yang tepat karena pastinya bisa mendapatkan kendaraan impian dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga baru. Selain itu harga jual dari mobil bekas tersebut juga tidak terlalu jauh dari sebelumnya sehingga para pembeli pun merasa lebih diuntungkan.

Apalagi dengan melihat kondisi perekonomian dalam negeri yang sedang mengalami banyak masalah seperti saat ini sepertinya sulit bagi masyarakat untuk bisa membeli mobil baru meskipun selama tahun 2015 ini beberapa produsen mengeluarkan produk yang bisa dikatakan jauh lebih menarik dibandingkan tahun lalu. Namun sayangnya harga-harga mobil keluaran terbaru ini pastinya juga jauh lebih tinggi sehingga cukup memberatkan bagi masyarakat yang ingin membelinya. Jadi membeli mobil bekas dalam kondisi seperti saat ini sudah sangat tepat sekali yang pastinya bisa memperoleh dengan harga terjangkau.

Kendati demikian tetap saja ada beberapa kelemahan ataupun kekurangan saat membeli mobil bekas. Salah satu yang paling sering terjadi adalah tertipu oleh pembeli dimana kondisi kendaraan yang terlihat masih normal ternyata sudah tidak layak lagi untuk dipakai. Kerugian lainnya bisa di dapat ketika membeli mobil yang saat di cek terlihat normal namun ternyata setelah digunakan sudah terdapat beberapa komponen yang aus atau sudah tidak normal sehingga pembeli pun harus bersiap-siap untuk mengeluarkan biaya tambahan.

Cek Mobil Bekas

Sebenarnya masalah-masalah tersebut bisa dihindari dengan mudah apabila anda tahu cara memilih mobil bekas yang tepat. Selain itu dengan membaca referensi dari artikel website atau bisa juga bertanya kepada yang sudah ahli adalah pilihan tepat agar tidak tertipu saat membeli mobil bekas. Salah satu resiko bagi pembeli yang harus dihindari adalah memilih mobil bekas yang pernah mengalami kecelakaan.

Memang secara bodi sudah tidak nampak karena penjual biasanya telah melakukan perbaikan, namun sebenarnya secara struktur bodi kendaraan yang pernah mengalami kecelakaan sudah tidak nyaman lagi sehingga ketika digunakan berbahaya sekali bagi pengemudi maupun penumpang apalagi saat digunakan untuk melaju dalam kecepatan tinggi.

Ada bagian lain yang tidak kalah pentingnya selain di sektor eksterior yaitu mesin. Waspadai membeli mobil bekas dengan gejala-gejala yang tidak wajar. Performa mesin mobil akan sangat berpengaruh sekali terhadap kenyamanan pemiliknya, untuk itu hindari membeli mobil yang beberapa komponen suku cadangnya sudah tidak layak pakai lagi.

Selain itu permasalahan lain yang terdapat di Indonesia adalah tidak adanya data mengenai riwayat servis dari mobil bekas tersebut sehingga anda sebagai calon pembeli pun tidak bisa mengetahui berapa kali melakukan servis pada mobil bekas yang ingin anda beli itu.

Untuk itulah dibutuhkan pengetahuan yang lebih luas bagi calon pembeli mobil bekas agar tidak tertipu. Sebelum membeli ada beberapa prosedur yang wajib anda lakukan seperti melakukan pengecekan pada kondisi bodi, sektor kaki, interior termasuk jok, mesin hingga kelistrikan. Selain itu anda juga harus memastikan kalau nomor pada surat sesuai dengan rangka mesin.

Agar terhindar dari beberapa masalah di atas anda bisa mengajak mekanik yang sudah handal supaya bisa mengetahui kerusakan-kerusakan pada mobil tersebut, selain itu jika memang ada kerusakan mekanik tersebut pasti mengetahui perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk dilakukan perbaikan.

Itulah beberapa kelemahan ataupun kerugian ketika membeli mobil bekas, namun apabila ditangani dengan benar maka hal-hal tersebut bisa saja dihindari dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here