Home Motor Motor Sport Lorenzo Sabet Gelar Juara Dunia MotoGP 2015, Rossi Tampil Heroik

Lorenzo Sabet Gelar Juara Dunia MotoGP 2015, Rossi Tampil Heroik

823
0

OTONITY.com – Hasil MotoGP 2015 Seri Valencia, Jorge Lorenzo akhirnya sukses meraih gelar juara dunia MotoGP musim 2015 setelah berhasil finish terdepan di seri Valencia, Spanyol hari Minggu (8/11) waktu setempat. Pebalap dari tim Yamaha tersebut hanya unggul 5 poin saja dari pesaing terdekatnya yaitu Valentino Rossi yang pada seri kali ini hanya mampu finish di urutan keempat. Sementara itu di urutan kedua ada pebalap Spanyol lainnya yakni Marc Marquez dan di urutan ketiga ada  Dani Pedrosa juga berasal dari Spanyol.

Sebelum race di mulai semua penonton dan juga kamera langsung tertuju pada ‘The Doctor’ Valentino Rossi yang pada seri Valencia ini harus start dari posisi paling buncit setelah dirinya menerima hukuman akibat insiden di Sepang, Malaysia dua minggu sebelumnya. Meskipun secara sistematis peluang Rossi untuk bisa merengkuh juara dunia sangatlah kecil namun ternyata pebalap berusia 36 tahun ini tidak putus asa. Buktinya selepas start dimulai Rossi langsung melesat dengan menyalip enam pebalap sekaligus sebelum memasuki tikungan pertama.

Sontak saja semua penggemarnya langsung berteriak riuh setelah idolanya tersebut mulai melewati para pebalap lain, tidak hanya sekali namun Rossi berulang kali melakukan overtake brilian yang kemudian menempatkan posisinya di 10 besar pada 5 lap awal. Pebalap Ducati yaitu Andrea Iannone menjadi rider pertama dan satu-satunya yang mengalami kecelakaan dan bahkan tunggangan pria asal Italia ini langsung patah menjadi dua bagian karena saking kerasnya saat terjadi crash, beruntung Iannone selamat dari kejadian dan terlihat jelas dirinya sangat menyesal karena tidak mampu membantu Rossi untuk bisa meraih gelar juara dunia seperti yang dia ungkapkan sebelum race.

Valentino Rossi

Tiga pebalap terdepan yaitu Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Dani Pedrosa semakin melesat hingga sulit untuk di kejar oleh lawan-lawannya, sementara itu Valentino Rossi harus berjuang hingga akhirnya mampu berada di posisi keempat setelah sukses melewati Andrea Dovisiozo. Namun sayang dengan 12 lap tersisa jarak dirinya dengan tiga pebalap terdepan sudah mencapai 10 detik lebih, kendati sudah berusaha secara maksimal pada akhirnya Lorenzo tetap menjadi juara dunia dengan keunggulan 5 poin.

Menariknya ada satu kejadian yang cukup janggal pada  3 lap terakhir ketika Marquez yang sebenarnya memiliki peluang untuk bisa menyalip Lorenzo justru terlihat memperlambat tempo, akan tetapi ketika Pedrosa melakukan overtake kepada dirinya Marquez langsung mencoba untuk membalas dengan kecepatan tinggi. Marquez pun mengakui kalau sebenarnya dia memiliki celah untuk bisa mengejar Lorenzo namun menurutnya setingan ban yang kurang begitu cocok menjadi kendala utamanya.

Di balik kontroversi tersebut acungan jempol dan apresiasi tinggi patut diberikan kepada Valentino Rossi yang memberikan contoh sangat baik bagi para pebalap muda lainnya, dia menunjukkan semangat juang dan pantang menyerah meskipun peluang untuk bisa meraih gelar juara dunia sangatlah tipis. Bahkan dengan usianya yang saat ini mencapai 36 tahun Rossi masih bisa menunjukkan performa terbaiknya, terbukti dalam 30 putaran The Doctor yang start dari posisi ke-26 mampu finish di urutan ke-4.

Patut kita tunggu kejutan-kejutan apalagi yang akan terjadi di musim 2016 nanti mengingat formasi para pebalap MotoGP akan mengalami perubahan, Valentino Rossi sendiri menyatakan masih akan tetap terus membalap hingga musim depan kendati belum diketahui kapan dia berniat untuk pensiun. Setelah seri yang cukup melelahkan di musim ini para konstruktor jelas akan melakukan berbagai upaya untuk menemukan pebalap yang tepat untuk motor mereka. Kabarnya di musim 2016 nanti pasokan ban semua tim MotoGP tidak lagi berasal dari Bridgestone melainkan dari pabrikan Michelin yang terakhir kali menjadi pendukung balap motor paling bergengsi ini di musim 2008 silam.

a

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here