Home Motor Motor Sport Ini Klasemen Akhir Balap MotoGP Musim 2015

Ini Klasemen Akhir Balap MotoGP Musim 2015

495
0

OTONITY.com – Klasemen MotoGP 2015, Balap MotoGP musim 2015 akhirnya berakhir dengan menobatkan Jorge Lorenzo dari tim Movistar Yamaha sebagai pemenangnya. Pebalap kelahiran Spanyol ini unggul 5 angka dari rekan satu timnya yaitu Valentino Rossi, sementara itu diperingkat ketiga ada juara dunia musim lalu yakni Marc Marquez yang hanya memiliki 242 poin saja. Sedangkan di urutan ke empat dan kelima ada Dani Pedrosa dari tim Repsol Honda dengan 206 poin dan Andrea Iannone ari Ducati Team dengan 188 poin.

Khusus di tiga seri terakhir menjadi yang paling seru dibandingkan seri-seri sebelumnya, dimulai dari GP Australia yang menyuguhkan pertarungan sengit empat pebalap papan atas yaitu Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Valentino Rossi dan Andrea Iannone. Sementara itu di seri berikutnya yaitu di GP Malaysia juga menjadi seri yang tidak akan bisa dilupakan oleh para penggemar ketika Rossi yang mulai terganggu dengan aksi Marquez langsung menunjukkan aksi tidak sportif dengan sengaja menyingkirkan pebalap Spanyol tersebut dengan lututnya. Dan pada akhirnya di seri terakhir GP Valencia Rossi kembali menjadi pembicaraan di jagat dunia karena aksi luar biasa yang ia tunjukkan, meskipun start dari posisi 26 Rossi berhasil melibas 22 pebalap selama 30 putaran.

Selama satu musim yang cukup panjang tersebut balap MotoGP menyuguhkan aksi para rider yang sangat luar biasa mulai dari saling senggol hingga berbagai kontroversi, jadi tidak ada alasan lain mengapa MotoGP dianggap sebagai ajang paling bergengsi di dunia mengalahkan Formula One yang cenderung monoton dan sudah bisa diprediksi siapa juara dunianya.

Lorenzo Juara Dunia MotoGP

Valentino Rossi masih menjadi daya tarik tersendiri pada ajang MotoGP 2015, bukan statusnya sebagai legenda saja namun dengan usianya yang sudah mencapai 36 tahun ternyata pria Italia ini masih mampu bersaing ketat dengan para pebalap muda lainnya sebut saja Marc Marquez yang masih berusia 23 tahun. Peluang Rossi sendiri untuk merebut gelar juara dunia ke-10 nyaris saja berhasil apabila tidak terkendala di 3 seri terakhir, padahal selama satu musim penuh Rossi terus memimpin klasemen dengan konsistensinya yang selalu naik podium, kecuali di Motegi, Philip Island dan Valencia.

Namun sayangnya dengan hanya meraih 4 kemenangan saja tidak cukup bagi Rossi untuk merebut titel juara dunia hingga akhirnya Jorge Lorenzo yang menjadi terbaik dengan 6 kemenangan. Lorenzo sendiri sebenarnya tampil kurang begitu konsisten karena terkadang harus terkendala dengan settingan motor. Sementara itu sang mantan juara dunia yaitu Marc Marquez tidak mampu mencetak hattrick juara dunia karena sudah enam kali terjatuh selama musim 2015 ini.

Tidak jauh dengan Marquez rekan satu timya yaitu Dani Pedrosa bisa dikatakan juga telat panas karena baru menunjukkan performa terbaiknya pada beberapa seri terakhir saja. Semoga di musim 2016 nanti dengan adanya perubahan susunan pebalap dan juga peraturan baru dari Race Direction bisa membuat balap MotoGP semakin ramai, apalagi Valentino Rossi yang disebut-sebut sebagai icon masih sangat antusias untuk tetap bisa balapan hingga tahun depan.

Berikut klasemen Akhir MotoGP 2015 :

  1. Jorge Lorenzo – Movistar Yamaha MotoGP – 330 Poin
  2. Valentino Rossi – Movistar Yamaha MotoGP – 325 Poin
  3. Marc Marquez – Repsol Honda Team – 242 Poin
  4. Dani Pedrosa – Repsol Honda Team – 206 Poin
  5. Andrea Iannone – Ducati Team – 188 Poin
  6. Bradley Smith – Monster Yamaha Tech 3 – 181 Poin
  7. Andrea Dovizioso – Ducati Team – 162 Poin
  8. Cal Crutchlow – LCR Honda – 125 Poin
  9. Pol Espargaro – Monster Yamaha Tech 3 – 114 Poin
  10. Danilo Petrucci – Octo Pramac Racing – 113 Poin
  11. Aleix Espargaro – Team Suzuki Ecstar – 105 Poin
  12. Maverick Vinales – Team Suzuki Ecstar – 97 Poin
  13. Scott Redding – Estrella Galicia 0,0 Marc VDS – 84 Poin
  14. Yonny Hernandez – Octo Pramac Racing – 56 Poin
  15. Hector Barbera – Avintia Racing – 33 Poin
  16. Alvaro Bautista – Aprilia Racing Team Gresini – 31 Poin
  17. Loris Baz – Forward Racing – 28 Poin
  18. Stefan Bradl – Aprilia Racing Team Gresini – 17 Poin
  19. Jack Miller – LCR Honda -17 Poin
  20. Nicky Hayden – Aspar MotoGP Team -16 Poin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here