Home Honda Honda CB150R StreetFire Geser Yamaha V-Ixion Sebagai Motor Sport Terlaris

Honda CB150R StreetFire Geser Yamaha V-Ixion Sebagai Motor Sport Terlaris

1090
0

OTONITY.com – Motor Sport Terlaris Indonesia Bulan Oktober, Akhirnya tahta pemimpin sepeda motor sport nasional yaitu Yamaha V-Ixion harus rela terlepas setelah di bulan Oktober 2015 kemarin penjualannya kalah telah dibandingkan dengan motor sport milik PT Astra Honda Motor (AHM) yakni All New Honda CB150R StreetFire. Padahal Yamaha V-Ixion sudah cukup lama menjadi raja di segmen ini dan bisa dikatakan menjadi yang paling favorit.

Menanggapi hal tersebut Mohammad Masykur selaku Asisten General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan penyebab dari menurunnya permintaan dari Yamaha V-Ixion diakibatkan bencana asap di beberapa wilayah Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Selain itu menurutnya kondisi perekonomian dalam negeri yang belum stabil juga menjadi faktor penentu menurunnya penjualan sepeda motor.

Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) di bulan Oktober kemarin Yamaha V-Ixion hanya mampu terjual sebanyak 18.309 unit atau turun drastis dibandingkan dengan September lalu yang mampu terjual hingga 34.070 unit. Sebaliknya di bulan Oktober penjualan All New Honda CB150R justru tembus hingga 27.050 unit sekaligus menguasai pasar motor sport nasional mencapai 52,1 persen. Sedangkan di bulan September lalu motor sport naked 150 cc dari pabrikan Honda tersebut hanya terjual  14.048 unit saja.

Honda CB150R StreetFire 2015 Indonesia

Sekedar informasi penjualan segmen motor sport secara nasional di bulan Oktober membukukan angka sebesar 75.142 unit atau turun sekitar 1,3 persen dari bulan sebelumnya yang mencatat penjualan sebanyak 76.124 unit. Meskipun sedang mengalami penurunan namun motor sport dari Honda justru melonjak naik yaitu mencapai 50,8 persen.

Selain All new Honda CB150R StreetFire yang mendongkrak kenaikan penjualan ada juga model motor sport milik AHM lainnya seperti Honda CBR Series dengan meraih angka 6.270 unit, kemudian ada juga Honda Verza 150 yang mampu terjual sebanyak 4.976 unit. Thomas Wijaya selaku General Manager Sales Division AHM mengungkapkan pencapaian positif yang diraih oleh All New Honda CB150R StreetFire membuktikan kalau minat masyarakat terhadap motor baru tersebut semakin tinggi.

Apalagi secara desain dan juga performa generasi terbaru dari Honda CB150R memang jauh lebih sempurna dibandingkan model sebelumnya. Jadi tidak mengherankan kalau sekarang motor sport naked yang satu ini mengambil alih pimpinan penjualan di segmen sportbike 150 cc yang sudah lama dipegang oleh Yamaha V-Ixion.

Kendati demikian pihak Yamaha Indonesia sendiri optimis untuk kedepannya motor sport andalannya bisa kembali menguasai pasar, seperti yang diungkapkan oleh Masykur bahwa dari setiap penjualan pasti ada naik atau turun, mengenai penurunan penjualan di bulan Oktober menurutnya faktor terbesar adalah akibat kabut asap yang cukup mengganggu aktivitas dealer-dealer di wilayah tertentu.

Sebelumnya Yamaha Indonesia memperkenalkan V-Ixion Advance di pertengahan tahun dengan tampilan yang lebih fresh seperti bentuk kepala lebih macho serta ukuran spakbor belakang lebih diperkecil. Tidak ketinggalan hadir pula versi MotoGP yang tentunya memiliki desain lebih atraktif. Sementara itu pesaing utamanya yaitu PT AHM baru memperkenalkan All New Honda CB150R StreetFire di semester kedua bersamaan dengan peluncuran All New Honda Sonic 150R.

Secara konsep desain Honda CB150R terbaru memang jauh lebih sempurna dari model sebelumnya, sebut saja kaki-kaki yang lebih kokoh, tampilan speedometer semakin modern, grafis lebih tajam dan elegan serta bentuk bodi belakang juga menjadi lancip. Tidak hanya itu saja kini Honda CB150R terbaru memakai behel belakang yang mirip seperti milik Honda CBR Series sehingga terkesan lebih garang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here