Home Motor Motor Sport Yamaha MT-15 Bakal Meluncur Tahun 2016?

Yamaha MT-15 Bakal Meluncur Tahun 2016?

938
0

OTONITY.com – Motor Yamaha MT-15 Terbaru Indonesia, Kabar mengenai kelahiran Yamaha MT-15 untuk meramaikan pasar motor sport nasional semakin santer terdengar, meskipun pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih bungkam dan enggan untuk membocorkan mengenai kehadiran model terbarunya tersebut namun baru-baru ini angin segar mengenai nasib Yamaha MT-15 sudah mulai jelas.

Hal tersebut disampaikan sendiri oleh Mohammad Masykur selaku Asisten GM Pemasaran PT YIMM yang mengungkapkan bahwa Yamaha MT-15 masih dalam tahap trial namun belum selesai sehingga tidak mungkin diperkenalkan pada tahun ini. Masykur menambahkan pihaknya sangat berhati-hati sekali dalam melakukan pengujian terhadap motor sport naked terbarunya ini, jadi beberapa foto yang beredar tentang Yamaha MT-15 saat dilakukan pengujian di jalanan tersebut masih sebatas tes saja.

Menurut Masykur dari berbagai pengujian tersebut nantinya akan dilakukan evaluasi apakah sudah cukup atau masih perlu dilakukan penyesuaian lagi. Dirinya menampik apabila Yamaha MT-15 akan diluncurkan di akhir tahun ini karena cepat atau tidaknya produk tersebut diluncurkan tergantung dengan hasil tes nanti.

Yamaha MT15 Terbaru

Hanya saja dirinya juga enggan untuk mengungkapkan apakah peluncurannya akan dilakukan pada tahun 2016 mendatang karena menurut Masykur semuanya harus bergantung dari hasil tes dan evaluasi, jadi jika perlu dilakukan penyesuaian kembali maka peluncurannya pun juga akan semakin molor.

Rumor yang beredar bahwa Yamaha MT-15 bakal menjadi pengganti Yamaha V-Ixion yang dari data penjualan di bulan Oktober kemarin mengalami penurunan cukup drastis yaitu yang biasanya mencapai 35 ribu unit lebih namun di bulan kemarin hanya mencapai 18 ribu unit saja. Ada dua indikasi kuat mengapa penjualan Yamaha V-Ixion mengalami penurunan tajam yaitu yang pertama adalah hadirnya All New Honda CB150R StreetFire sebagai pesaing utama, sedangkan untuk kedua kemungkinan para calon konsumen lebih memilih menunggu kehadiran Yamaha MT-15 yang isu peluncurannya sudah semakin kencang.

Sementara itu pihak Yamaha Indonesia sendiri melalui Mohammad Masykur menjelaskan penurunan penjualan Yamaha V-Ixion diakibatkan bencana kabut asap di beberapa daerah di tanah air seperti Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Selain itu menurutnya kondisi perekonomian dalam negeri yang belum stabil juga menjadi penentu utama.

Masykur juga belum mau membocorkan apakah kehadiran Yamaha MT-15 nanti sebagai pendamping Yamaha V-Ixion atau justru secara perlahan menggantikan V-Ixion. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya Yamaha MT-15 bakal dilahirkan sebagai versi naked dari motor sport Yamaha R15, Jelas secara spesifikasi mesin tidak akan memiliki banyak perubahan namun di bagian desain dan juga bentuk terutama di sektor depan bakal mengalami banyak sekali perbedaan.

Selain itu dari segi bobot juga akan lebih ringan karena tanpa dilengkapi dengan embel-embel fairing. Tidak hanya itu saja biasanya harga dari versi naked bakal lebih murah dengan selisih cukup banyak dibandingkan dengan versi fairing. Pihak Yamaha Indonesia sendiri sudah memiliki Yamaha MT-25 yang diluncurkan pada pertengahan tahun ini.

Kita tunggu saja kehadiran Yamaha MT-15 di pasar nasional dan dapat diprediksi dengan hadirnya produk baru tersebut membuat segmen motor sport di kelas 150 cc milik YIMM bakal semakin kuat karena sebelumnya ada beberapa model yang cukup laris seperti Yamaha V-ixion Advance, Yamaha Byson dan Yamaha R15.

Dan seperti saudaranya yaitu Yamaha MT-25 kelahiran Yamaha MT-15 di Indonesia kemungkinan besar menjadi debut pertamanya di dunia sekaligus melengkapi keluarga MT lainnya, sebut saja Yamaha MT-09, MT-07, MT-25 dan MT-03 yang rumornya juga bakal segera dirilis.

Source img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here