Toyota Fortuner Buatan Indonesia Bakal Diekspor Ke Australia

0

OTONITY.com – Mobil Toyota Fortuner Terbaru Produksi IndonesiaSetelah sukses melakukan ekspor di beberapa negara di kawasan Timur Tengah, kini PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berencana memperluas ekspor mereka dan kali ini negara tujuannya adalah Australia. Salah satu produk yang sudah dipastikan bakal di krim ke negara tetangga tersebut yaitu Toyota Fortuner.

Kabar baik ini disampaikan langsung oleh I Made Dana Tangkas selaku Direktur Korporasi dan Hubungan Internal PT TMMIN yang mengatakan selama ini sekitar 70 persen ekspor mobil buatan TMMIN lebih banyak menuju ke Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Negara arab sendiri memiliki perekonomian yang sangat baik berkat penghasilan besar mereka dari sumber daya alam minyak bumi. Sedangkan menurut made Dana tujuan ekspor ke Australia merupakan target yang cukup potensial karena bisa menutup pasar perekonomian yang sedang melemah. Apalagi di tahun 2017 mendatang pabrik Toyota di negara Kanguru tersebut bakal di tutup sehingga peluang Indonesia juga semakin besar.

Toyota Fortuner 2015

Made menjelaskan Toyota Fortuner akan menjadi kendaraan yang akan di kirim ke Australia, namun hingga saat ini strategi tersebut masih dalam tahap studi sedangkan untuk keputusannya sendiri baru dipastikan setelah melihat perjanjian free trade agreement antara pemerintah Indonesia dengan Australia. Seperti di ketahui saat ini PT TMMIN memproduksi sendiri Toyota Fortuner di salah satu pabrik mereka yang ada di kawasan Karawang, Jawa barat. Pabrik tersebut tidak hanya memproduksi Fortuner saja namun juga fokus untuk mencetak Toyota Innova untuk dalam negeri dan ekspor.

Saat ini Australia sudah kedatangan Toyota Fortuner untuk pertama kalinya namun masih didatangkan secara impor dari Thailand, meskipun demikian di waktu mendatang Australia sepertinya bakal lebih memilih Indonesia karena secara geografis lebih dekat sehingga lebih menghemat biaya pengiriman dibandingkan harus mendatangkan dari Thailand.

Sedikit informasi All New Toyota Fortuner produksi Thailand diperkenalkan secara resmi di negara gajah putih tersebut pada bulan Juli lalu. Untuk model baru pada mobil SUV ini memiliki perubahan yang cukup banyak terutama di bagian depan dengan tampilan lebih garang. Pihak Toyota sendiri memberikan tujuh pilihan warna bagi para calon konsumennya.

Sedangkan untuk bodinya sendiri All New Toyota Fortuner juga lebih besar dibandingkan model sebelumnya yaitu lebih panjang sekitar 90 mm, lebih lebar 15 mm namun bodinya di buat lebih rendah 15 mm. Sedangkan untuk jarak poros tidak mengalami perubahan sama sekali yaitu tetap 2.750 mm.

Beralih ke bagian dapur pacu All New Toyota Fortuner memiliki tiga pilihan mesin yaitu diesel berkapasitas 2.4 liter yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 150 hp, lalu mesin diesel 2.8 liter bertenaga 177 hp dan mesin 2.7  liter yang mempunyai tenaga 166 hp. Untuk kedua mesin diesel tersebut merupakan pengganti dari mesin lama yaitu 2.5 liter dan 3.0 liter. Sedangkan khusus untuk mesin bensin lama mengalami pembaruan sehingga meskipun berkapasitas tetap 2.7 liter namun memiliki tenaga yang lebih besar.

Mesin-mesin tersebut kemudian dipadukan dengan transmisi otomatis enam percepatan yang disandingkan pula sistem 4WD sehingga lebih tangguh untuk melewati segala medan. Tidak hanya itu saja berkat teknologi Torsen Differential mesin dari Toyota Fortuner terbaru ini menjadi jauh lebih hemat bahan bakar.

Perubahan lainnya terdapat pada sektor kaki-kaki dengan menggunakan suspensi multi-link yang lebih stabil dan lebih empuk. Jadi meskipun digunakan di jalur dengan medan sulit mobil SUV ini tetap nyaman.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY