Home Motor Motor Yamaha Buatan Indonesia Laris Manis Di Luar Negeri

Motor Yamaha Buatan Indonesia Laris Manis Di Luar Negeri

1223
0

OTONITY.com – Ekspor Yamaha Indonesia Tahun 2015, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjadi salah satu agen pemegang merek ternama di Indonesia dengan berbagai produk unggulan yang telah diperkenalkan mulai dari motor bebek, sport hingga motor matik. Meskipun bukan sebagai yang terbaik di Indonesia namun bisa dikatakan motor-motor Yamaha Indonesia justru cukup terkenal di luar negeri.

Dari segi total penjualan otomotif secara nasional YIMM jauh tertinggal dari pesaing terberatnya yaitu PT Astra Honda Motor (AHM) yang bahkan memasuki akhir tahun ini sudah menguasai semua segmen termasuk di kelas motor sport yang sebelumnya dipegang Yamaha Indonesia. Namun jangan salah untuk urusan ekspor YIMM jauh meninggalkan para lawannya.

Menurut data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada bulan Oktober saja Yamaha Indonesia Motor Manufacturing berhasil melakukan ekspor sebanyak 15.164 unit dengan sumbangan terbesar dari penjualan All New Yamaha Soul GT sebanyak 5.000 unit, lalu Yamaha NMAX 150 4.824 unit dan sport naked Yamaha MT-25 sekitar 1.880 unit.

harga motor 250cc yamaha r25 abs terbaru indonesia

Sementara itu untuk data penjualan ekspor selama tahun 2015 Yamaha Indonesia secara total sudah melakukan pengiriman sebanyak 118.964 unit. Tentu saja jumlah tersebut menjadi yang paling tinggi dibandingkan dengan pabrikan otomotif dalam negeri lainnya. Dari penjualan secara keseluruhan Yamaha R25 menjadi produk paling banyak dilakukan ekspor yaitu mencapai 35.200 unit atau menyumbang 30 persen. Motor sport berkapasitas 250 cc ini dilakukan ekspor ke beberapa negara termasuk ke Jepang yang notebenya adalah negara dengan prosedur paling ketat di dunia.

Sedangkan untuk penjualan ekspor kedua ada Yamaha NMAX dengan total mencapai 23.404 unit atau sekitar 20 persen. Untuk Yamaha NMAX dikirim ke beberapa negara termasuk Malaysia dan juga ke kawasan Eropa namun dengan mesin yang lebih kecil. Sementara di urutan ketiga ada motor matik Yamaha Soul GT 125 dengan angka ekspor sekitar 21.500 unit. Yang paling mencengangkan adalah total jumlah ekspor dari Yamaha Indonesia ini naik hingga 848 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Mohammad Masykur selaku Asisten GM PT YIMM mengatakan permintaan motor-motor produksi Yamaha Indonesia dari berbagai negara cukup besar. Bahkan Yamaha NMAX yang baru saja diluncurkan sudah mulai memikat banyak pecinta skuter di luar negeri. Sedikit informasi Yamaha Indonesia pada tahun ini melakukan ekspor terhadap delapan produk andalannya seperti Yamaha R25, Yamaha R15, NMAX, Yamaha Soul GT 125, Yamaha V-Ixion, Jupiter MX, Yamaha MX King hingga Yamaha MT-25.

Yamaha R25 tercatat menjadi raja ekspor di periode Januari-Oktober 2015. Motor sport ini sendiri memiliki mesin berkapasitas 250 cc 4-tak berteknologi DOHC dengan desain sangat elegan yang diklaim memiliki tampilan mirip Yamaha R1. Di pasar Indonesia Yamaha R25 sebenarnya memiliki beberapa pesaing serius mulai dari Honda CBR250R hingga Kawasaki Ninja 250 FI.

Namun Yamaha R25 memiliki kelebihan dari segi harga karena diproduksi sendiri di dalam negeri tepatnya di pabrik Yamaha Indonesia yang berada di kawasan Pulo Gadung. Tidak hanya Yamaha R25 saja namun semua motor buatan YIMM yang di ekspor ke luar negeri sudah memenuhi standar di negara masing-masing terutama di sektor keamanan. Di negara Jepang misalnya Yamaha R25 dan Yamaha NMAX di negara tersebut sudah dilengkapi varian ABS sebagai penunjang keselamatan pengendara. Sementara itu di Indonesia sendiri varian Non ABS masih dipasarkan dan cukup diterima dengan baik oleh masyarakat karena memiliki selisih harga cukup mencolok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here