Home Honda New Honda Sonic 150R Mulai Di Ekspor Dalam Waktu Dekat

New Honda Sonic 150R Mulai Di Ekspor Dalam Waktu Dekat

1094
0

OTONITY.com – Motor Honda Sonic 150R Terbaru, Meskipun baru diluncurkan namun popularitas New Honda Sonic 150R sangatlah tinggi di pasar Indonesia, menargetkan penjualan pada konsumen usia muda ternyata motor bebek sport ini juga diminati oleh semua kalangan. PT Astra Honda Motor (AHM) selaku pemegang merek motor Honda di Indonesia bahkan berencana untuk melakukan ekspor pada andalan terbarunya tersebut dengan beberapa negara tujuan.

Kabar itu disampaikan sendiri oleh Margono Tanuwijaya selaku Direktur Marketing PT AHM beberapa waktu yang lalu dengan mengatakan rencana ekspor Honda Sonic 150R sudah dilakukan persiapan dan untuk permulaan jumlah unit yang akan di kirim tidak terlalu banyak. Sebenarnya Honda Indonesia bisa dikatakan masih jarang sekali melakukan ekspor produk buatannya ke negara lain.

Padahal secara penjualan untuk dalam negeri motor Honda masih menjadi yang paling laris dengan mengalahkan para kompetitor utamanya seperti Yamaha, Suzuki hingga Kawasaki. Terakhir PT AHM telah mengekspor All new Honda BeAT eSP (CW) dan All New Honda BeAT eSP CBS-ISS ke negara Filipina. Setidaknya ada 30 ribu unit yang akan di kirim ke negara kepulauan tersebut.

Honda Sonic 150R Repsol

Sayangnya sampai saat ini pihak Honda Indonesia belum ingin menjelaskan mengenai negara yang akan di tuju. Meskipun demikian diprediksi penjualan Honda Sonic 150R untuk ekspor juga akan cukup tinggi mengingat di dalam negeri saja motor ini sudah langsung diminati oleh masyarakat meskipun baru diperkenalkan beberapa bulan. Bahkan penjualan Sonic sendiri mampu menggeser motor ayam jago andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yaitu Suzuki Satria F150 yang sempat menguasai pasar beberapa tahun.

Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) penjualan Honda Sonic 150R di bulan Oktober saja sudah mencapai 9.411 unit sedangkan untuk penjualan Suzuki Satria F150 di bulan yang sama hanya mencapai 5.744 unit saja.

Sebenarnya nama Honda Sonic di Indonesia bukanlah hal baru karena beberapa tahun silam motor ini juga pernah meramaikan jalanan tanah air. Hanya saja pada saat itu Honda Sonic masuk ke Indonesia secara impor dengan mesin berkapasitas 125 cc, sedangkan untuk yang terbaru ini merupakan buatan PT Astra Honda Motor sendiri dengan desain yang lebih segar dan pastinya menggunakan mesin lebih bertenaga.

Saat ini pasar motor bebek dengan mesin 150 cc memang masih sangat sepi, setidaknya hanya ada tiga produk saja di segmen ini yaitu Honda Sonic 150R, Suzuki Satria F150 dan Yamaha MX King 150. Meskipun secara penjualan masih kalah telah dibandingkan dengan varian motor matik namun dengan hadirnya tiga produk tersebut bisa membuat konsumen memiliki banyak pilihan terutama bagi para remaja.

Yamaha MX King 150 sudah mulai di ekspor ke beberapa negara tetangga sejak pertama kali diperkenalkan beberapa bulan silam, di dalam negeri pun penjualan motor bebek sport ini sangatlah tinggi dengan meninggalkan jauh Honda Sonic 150R dan Suzuki Satria F150. Bahkan tidak hanya MX King 150 saja yang dilakukan ekspor namun PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga sudah melakukan berbagai motor andalannya seperti Yamaha NMAX, MT-25, Yamaha R25 dan R15 serta Yamaha Soul GT 125.

Sedangkan untuk PT AHM sendiri memang masih cukup pasif dalam hal ekspor kendaraan karena sepertinya mereka lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri terlebih dulu yang hingga sekarang terus mengalami peningkatan. Bahkan bulan ini saja penjualan motor Honda tetap menjadi yang tertinggi di semua segmen. Misalnya di kelas motor matik ada Honda Vario Series dan Honda BeAT eSP, sedangkan di segmen motor bebek ada Honda Supra X Series dan di kelas motor sport ada All New Honda CB150R StreetFire.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here