Home Honda Harga Honda PCX 150 Produksi Lokal Diatas Rp 30 Juta

Harga Honda PCX 150 Produksi Lokal Diatas Rp 30 Juta

2920
0

OTONITY.com – Honda PCX Buatan Indonesia Terbaru, Saat ini Yamaha NMAX 150 menjadi satu-satunya motor matik premium yang meraih penjualan sangat mengesankan di tahun 2015. Skuter bongsor buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tersebut memang belum genap berusia satu tahun namun sudah mampu menggeser penjualan Honda PCX 150 dari PT Astra Honda Motor (AHM). Bisa dikatakan Yamaha NMAX meraih sukses berkat diproduksi sendiri di dalam negeri sehingga harganya pun juga lebih murah. Sementara itu untuk Honda PCX 150 masih didatangkan secara utuh CBU dari negara lain.

Dilihat dari segi harganya Honda PCX 150 jauh lebih mahal dibandingkan pesaing utamanya tersebut. Motor matik bertubuh besar yang didatangkan dari Vietnam ini masuk ke Indonesia dengan harga Rp 39,8 juta, sementara itu untuk Yamaha NMAX yang paling murah yaitu tipe non ABS hanya dibanderol Rp 23,5 juta saja sedangkan untuk versi ABS dibanderol Rp 27,9 juta. Jelas selisih harga yang cukup jauh diantara keduanya sangat mempengaruhi jumlah peminat.

Sebenarnya pihak AHM sendiri menyadari kalau perkembangan motor matik bongsor sangatlah pesat. Seperti yang diungkapkan oleh Margono Tanuwijaya selaku Direktur Pemasaran Honda Indonesia bahwa semuanya sedang dipelajari termasuk dalam menghitung ulang berapa besaran harga yang akan dipasarkan apabila nantinya benar-benar memproduksi sendiri Honda PCX 150 di Indonesia.

Honda PCX 150 Matte Black 2015

Namun sayangnya Margono tidak yakin kalau Honda PCX 150 versi lokal nantinya bisa dibanderol di bawah Rp 30 juta. Pasalnya karakter dari PCX berbeda dengan Yamaha NMAX, Apabila motor matik milik Honda tersebut tetap dipasangkan fitur-fitur terbaik menurut Margono diprediksi harganya tetap diatas Rp 30 juta.

Margono menambahkan saat ini saja ketika Honda PCX 150 masih berstatus sebagai CBU skuter tersebut masih mampu terjual sekitar 500 unit  setiap bulannya, angka yang cukup lumayan baik mengingat pasar dari motor matik impor sangatlah jarang. Meskipun demikian menurut Margono tidak menutup kemungkinan kalau Honda PCX 150 diproduksi di dalam negeri, walaupun begitu apabila hal tersebut dilakukan pihaknya tidak ingin menurunkan spek dari PCX hanya untuk menekan harga jual supaya lebih murah.

Semoga saja untuk kedepannya PT AHM bisa memproduksi secara lokal pada Honda PCX 150 supaya harganya bisa dijangkau oleh para penggemarnya, sebenarnya AHM sudah memiliki motor matik 150 cc yaitu Honda Vario 150 eSP. Namun segmennya jelas berbeda dengan PCX karena secara dimensi tubuh Vario jauh lebih ramping.

Seperti diketahui persaingan Yamaha NMAX 150 dan Honda PCX 150 sudah mulai memanas pad tahun 2015 ini. Keduanya sama-sama berada di segmen skuter premium dengan kapasitas mesin 150 cc dan tentu saja keduanya memiliki kelebihan-kelebihan yang berbeda. Dari segi desain sebenarnya Yamaha NMAX dan PCX tidak jauh berbeda yaitu dibekali kaca pelindung di bagian depan sedangkan untuk sektor belakang terlihat membulat.

Beralih ke bagian dimensi keduanya benar-benar sangat cocok sekali bagi pengguna dengan badan cukup besar. Yamaha NMAX 150 memiliki ukuran panjang 1.955 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.115 mm. Sedangkan untuk Honda PCX memiliki dimensi panjang 1.917 mm, lebar 738 mm serta tinggi 1.094 mm. Beralih ke bagian kaki-kaki ban milik Yamaha terlihat lebih besar yaitu 110/70 – 13 untuk bagian depan dan 130/70 – 13 di belakang. Sementara itu Honda PCX memiliki ban berukuran 90/90 – 14 di depan dan 100/90 – 14 untuk bagian belakang. Bobotnya sendiri justru lebih berat PCX yaitu mencapai 129 kg sedangkan pada NMAX berbobot 127 kg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here