Home Motor Tips Aman Membeli Motor Baru Di Situs Online

Tips Aman Membeli Motor Baru Di Situs Online

928
0

OTONITY.com – Cara aman beli motor di situs onlineSaat ini tren jual beli online semakin marak di Indonesia dengan melibatkan banyak produk tidak terkecuali kendaraan motor maupun mobil. Masyarakat yang ingin membeli barang baru pun semakin dimudahkan dengan menjamurnya situs-situs jual beli online yang ada di tanah air. Khususnya bagi yang ingin membeli motor baru dengan adanya website online jelas sangat membantu sekali.

Aktivitas masyarakat yang padat serta terbatasnya waktu untuk datang melihat secara langsung menjadi alasan tersendiri mengapa calon pembeli lebih memilih dengan cara online. Bahkan kini tidak hanya motor bekas saja yang terdapat di situs online namun motor baru pun juga sudah banyak didapatkan di lapak-lapak dunia maya tersebut yang pastinya semakin memanjakan calon pembeli.

Meskipun secara sistematis memiliki segudang kelebihan namun sebenarnya membeli motor secara online juga mempunyai peluang kerugian apabila konsumen tidak cermat dan tidak berhati-hati dalam memilih situs yang tepat.

Cara Beli Motor Baru Secara Online

Berikut beberapa tips aman buat anda yang ingin membeli motor secara online :

  1. Pilih situs terpercaya

Untuk yang satu ini konsumen harus benar-benar teliti dalam memilih lapak jual beli online terpercaya, kalau perlu tanya kepada saudara dan teman yang sudah berpengalaman atau bisa juga melihat sejarah situs tersebut melalui google dan sebagainya.

Jika sudah menemukan yang tepat baca terlebih dulu kebijakan-kebijakan mengenai transaksi yang bisa dilakukan seperti mengenai garansi motor, persyaratan yang berlaku hingga kebijakan mengenai pengembalian barang apabila produk tidak sesuai dengan keinginan.

Hindari memilih situs jual beli yang tidak mencantumkan kebijakan seperti di atas karena dikhawatirkan nantinya akan merugikan salah satu pihak.

  1. Periksa reputasi penjual

Dalam membeli barang secara online sebaiknya anda harus bersabar dan jangan terburu-buru melakukan transaksi di situs tersebut, seperti yang dijelaskan di atas anda harus melihat kredibilitas maupun reputasi dari penjual di situs tersebut melalui testimoni maupun komentar yang diberikan oleh pembeli lain.

  1. Pastikan harga motor tidak jauh berbeda dengan OTR daerah

 Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditampilkan oleh website online. Tentunya penjual memiliki cara masing-masing supaya konsumen tergiur untuk membeli barang mereka dan biasanya calon pembeli mudah terjebak terhadap harga produk yang lebih murah dari biasanya.

Mungkin jika harganya tidak terlampau jauh masih bisa diterima akal namun apabila terlalu murah maka anda harus waspada dan berhati-hati. Untuk bisa mengetahui harga pasti motor yang ingin anda beli sebaiknya cari tahu terlebih dulu harga on the road-nya.

4. Baca Dengan teliti Review Motor Yang Dijual

Sebelum memutuskan deal dalam membeli motor secara online sebaiknya anda baca terlebih dulu informasi mengenai kendaraan tersebut dengan cermat. Jangan sampai karena anda mengabaikan review lalu menyesal di kemudian hari karena barang yang diterima tidak sesuai dengan yang ada di situs.

Apabila anda masih ragu sebaiknya hubungi penjual tersebut melalui contact person yang tersedia atau bisa juga mengirimkan pesan mengenai detail kendaraan yang ingin anda beli.

  1. Lihat Metode pembayaran yang Dilakukan

Langkah terakhir dalam membeli motor atau barang secara online adalah cara transaksi pembayaran. Setiap situs jual beli online menawarkan cara transaksi yang berbeda-beda dan anda sebagai konsumen harus cermat dalam memilih yang tepat.

Sebaiknya hindari melakukan transfer melalui nomor rekening pribadi karena bisa saja hal tersebut merupakan penipuan. Sebaiknya pilih situs yang menawarkan pembayaran rekening atas nama badan perusahaan seperti PT atau CV yang pastinya keamanan bisa dipertanggung jawabkan.

Apabila penjual memberikan opsi pembayaran secara Cash on Delivery atau COD sebaiknya anda pilih opsi tersebut karena dipastikan lebih terjamin keamanannya dan anda pun bisa membayar saat serah terima barang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here