Home Mobil Ini Daftar Kota/Kabupaten Paling Aman Di Indonesia untuk Pengguna Jalan

Ini Daftar Kota/Kabupaten Paling Aman Di Indonesia untuk Pengguna Jalan

882
0

OTONITY.com – 4 Kota Dengan Keselamatan Jalan Raya Terbaik, Indonesia Road Safety Award (IRSA) kembali di gelar dan untuk tahun 2015 ini terdapat empat kota/kabupaten yang akhirnya terpilih sebagai peraih penghargaan karena dianggap mampu menciptakan lingungan jalan raya yang aman untuk keselamatan berkendara.

Adira Finance selaku penyelenggara IRSA 2015 menasbihkan Surabaya, Jepara,  Balikpapan dan Hulu Sungai selatan sebagai daerah paling aman bagi pengendara. Untuk pemilihan pemenangnya sendiri dilakukan penyaringan yang cukup ketat karena melibatkan 76 kota/kabupaten yang ada di Indonesia serta dalam pemilihan sendiri penyelenggara menggunakan lima parameter keselamatan jalan seperti perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, penanganan pra dan pasca kecelakaan, manajemen keselamatan jalan,  jalan yang berkeselamatan dan kendaraan yang berkeselamatan.

Sebelum dilakukan pemilihan juara 76 kontestan tersebut menjalani berbagai seleksi mulai dari survei secara acak hingga penilaian dari para ahli transportasi. Dari ke-76 daerah tersebut kemudian di pilah menjadi 16 kota/kabupaten, lalu kembali dikerucutkan menjadi 12 daerah hingga akhirnya dipilihlah 4 kota/kabupaten pemenang.

Berkendara Motor Tertib

Surabaya (Pemenang Kategori kota dengan Jumlah Penduduk di atas 1 Juta)

Penyelenggara IRSA 2015 menetapkan surabaya sebagai peraih penghargaan dengan kategori kota jumlah penduduk lebih dari 1 juta, salah satu keunggulannya karena daerah penyangga utama Provinsi Jawa Timur ini memiliki fasilitas publik yang membuat mobilitas masyarakat menjadi lebih pendek.

Tidak hanya itu saja, Surabaya juga telah memiliki ribuan meter trotoar sehingga membuat nyaman para pejalan kaki dan selain itu pemerintah Kota juga melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah untuk memberikan sosialisasi tentang keselamatan jalan raya kepada para remaja.

Jepara (Kabupaten terbaik kategori penduduk di atas 1 juta)

Jepara masuk ke dalam jajaran daerah paling aman di Indonesia karena menerapkan beberapa kebijakan yang sangat membantu para pengguna jalan, misalnya saja melalui peraturan pemerintah yang mengintegrasikan puskesmas dan juga mobil ambulance bisa datang ke lokasi kecelakaan kurang dari 10 menit.

Dengan adanya peraturan tersebut ternyata mampu menekan angka kecelakaan di Jepara hingga 48 persen pada 2014 dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu pemerintah juga membuat sebuah aplikasi smartphone bernama Petualangan Baseta (Badut Keselamatan Berlalu Lintas) yang membuat para pengguna telepon pintar lebih mudah memahami tentang peraturan berlalu lintas.

Balikpapan ( peraih kategori kota dengan penduduk di bawah 1 juta)

Berikutnya ada kota Balikpapan yang memiliki sistem keselamatan cukup modern dimana pemerintah kota telah menerapkan sistem uji kelayakan menggunakan komputerisasi sehingga lebih aman dan akurat.

Kebijakan lainnya yaitu dengan menambah lebih banyak rambu jalan serta memberlakukan rekayasa lalu lintas yang sangat baik saat momen-momen tertentu untuk mencegah kemacetan. Selain itu Pemkot juga gencar melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi terhadap para remaja. Strategi tersebut ternyata cukup berhasil dimana angka kecelakaan di kota Balikpapan turun 23 persen pada 2014 lalu.

Hulu Sungai Selatan (Peraih kategori kabupaten dengan penduduk di atas 1 juta)

Hulu sungai Selatan berhasil masuk empat besar karena memiliki sistem keselamatan jalan yang sangat baik, pemerintah daerah memprioritaskan anggaran besar untuk infrastruktur jalan dan memberikan kenyamanan ruang yang baik bagi pejalan kaki dengan adanya trotoar luas tanpa ada gangguan.

Tidak hanya itu saja salah satu daerah di Kalimantan Selatan ini juga mengandalkan pihak lain termasuk media massa untuk memberikan sosialisasi keselamatan berkendara kepada masyarakat luas serta bekerjasama dengan pihak rumah sakit agar bisa melakukan penanganan lebih cepat ketika ada kecelakaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here