Home Mobil IIMS 2016 Digelar Bulan April, Ini Alasan Dyandra Promosindo

IIMS 2016 Digelar Bulan April, Ini Alasan Dyandra Promosindo

487
0

OTONITY.com – Pameran Otomotif IIMS 2016, Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) untuk tahun 2016 akan mengalami beberapa perubahan dibandingkan tahun 2015 kemarin, salah satunya yaitu waktu penyelenggaraan yang sudah dipastikan untuk tahun depan bakal digelar pada 7-17 April. Selain itu pihak penyelenggara pun juga memastikan pameran otomotif bertaraf internasional tersebut nantinya akan semakin semarak mengingat lebih banyak Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang berencana turut berpartisipasi.

Hendra Noor Sales selaku Direktur Dyandra Promosindo mengatakan alasan utama pihaknya memajukan jadwal IIMS 2016 yaitu supaya tidak berbarengan dengan pameran otomotif lain yang di gelar pada bulan Agustus. Dengan begitu Hendra pun optimis ATPM yang mengikuti bakal semakin  banyak dibandingkan tahun lalu.

Hendra menambahkan pada ajang IIMS 2015 lalu prestentase ATPM hanya mencapai 65 persen saja sedangkan beberapa yang tidak ikut diwakilkan kepada pihak dealer. Saat itu total ada 50 merek kendaraan yang tampil sebagai eksibitor. Dirinya berharap untuk tahun depan keikutsertaan ATPM bisa mencapai 90 persen.

35 Mobil Toyota Indonesia Di IIMS 2014

Menurut Hendra saat ini sudah ada dua ATPM yang sudah terkonfirmasi bakal mengikuti ajang IIMS 2016 yaitu BMW yang pada tahun 2015 absen dan Toyota yang sebelumnya diwakilkan oleh dealer. Sedangkan untuk keputusan para ATPM lainnya kemungkinan besar baru bisa diketahui mulai Januari atau Februari mendatang karena saat ini ATPM sedang merancang pengeluaran di tahun 2016.

Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS sebelumnya selalu menggelar pameran pada bulan Agustus, namun dengan melihat di tahun 2015 yang ternyata berbarengan dengan pameran buatan GAIKINDO untuk itulah mereka lebih memilih untuk memajukan jadwal. Dengan begitu fokus masyarakat yang ingin melihat atau datang ke pameran pun bisa lebih konsentrasi.

Rencananya IIMS 2016 bakal tetap digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat namun sayangnya pihak Dyandra Promosindo bakal kehilangan hal A dan D karena masih digunakan untuk acara lain. Di tahun depan IIMS akan mengusung tema “The Essence of Motor Show” dengan banyak perubahan yang masih belum dilakukan pada pameran-pameran sebelumnya.

Dyandra Promosindo menargetkan untuk IIMS 2016 bisa menarik pengunjung mencapai 380 ribu orang, angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan IIMS 2015 kemarin yang hanya mencapai 359.374 orang selama sepuluh hari penyelenggaraan. Diperkirakan untuk tahun depan akan ada transaksi hingga Rp 2 triliun atau naik Rp 400 miliar dari sebelumnya yang memperoleh nilai transaksi Rp 1,6 triliun berkat terjualnya 4.894 unit kendaraan.

Meskipun di tahun 2015 ini perekonomian dalam negeri sedang mengalami keterpurukan namun Hendra selaku Direktur PT Dyandra Promosindo tetap optimis bisa menggelar IIMS 2016 dengan lancar, apalagi hadirnya pameran otomotif semacam ini juga mendongkrak industri otomotif yang tengah lambat.

Di ajang IIMS 2016 Hendra mengaku pihaknya akan lebih fokus dalam segi penjualan sehingga tidak hanya mengejar jumlah target pengunjung saja namun juga menambah lebih banyak ATPM baik itu dari roda dua maupun roda empat. Nantinya IIMS 2016 juga akan mengusung sedikit sentuhan Speciality Equipment Market Association (SEMA) dengan disesuaikan juga untuk pasar Indonesia.

Seperti diketahui perekonomian tanah air di tahun 2015 mengalami keterpurukan yang membuat banyak perusahaan termasuk industri otomotif mengalami kesulitan. Salah satu faktor utamanya tentu saja melemahnya nilai tukar rupiah yang beberapa waktu lalu bahkan menyentuh angka Rp 16 ribu per dolar.

Jelas dengan semakin terpuruknya rupiah membuat berbagai komponen otomotif yang didatangkan dari luar negeri juga cenderung mengalami kenaikan. Alhasil beberapa pabrikan pun memilih untuk menaikkan harga kendaraannya untuk menekan kerugian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here