Home Motor Motor Bebek Suzuki Satria F150 Injeksi Tes Di Sentul, Siap Meluncur Awal 2016

Suzuki Satria F150 Injeksi Tes Di Sentul, Siap Meluncur Awal 2016

1487
1

OTONITY.com – Motor Suzuki Satria F150 Injeksi Terbaru, Ajang Suzuki Indonesia Challenge (SIC) 2015 sudah memasuki babak final yang digelar di sirkuit internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat pada hari Sabtu (19/12) kemarin, namun yang menjadi pusat perhatian bukan hanya aksi para riders saja melainkan sosok motor underbone baru milik PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yaitu Suzuki Satria F150 dengan mesin injeksi.

Motor pesaing Honda Sonic 150R tersebut dilakukan test ride oleh Andreas Gunawan yang merupakan peraih gelar juara Suzuki Asia Challenge. Pada saat uji coba Suzuki Satria F150 injeksi berlivery Ecstar MotoGP itu di temani oleh motor sport Suzuki GZX yang ditunggangi Rapid Topan Sucipto. Jika diperhatikan dengan seksama jelas banyak sekali perubahan yang terdapat pada tubuh Suzuki Satria model terbaru ini. Selain menggunakan mesin berteknologi injeksi dan dilengkapi oleh radiator terdapat pula beberapa ubahan seperti headlamp yang lebih elegan serta spakbor dan lampu rem semakin sporty.

Meskipun pihak Suzuki Indonesia sendiri berusaha untuk menutup-nutupi jadwal peluncuran motor underbone andalannya tersebut namun menurut kabar yang beredar Suzuki Satria FU Injeksi siap meramaikan pasar otomotif roda dua pada awal 2016. Sementara itu menurut Endro Nugroho selaku Deputy Managing Director 2W PT SIS dirinya masih enggan untuk menjelaskan lebih banyak mengenai motor barunya tersebut, namun yang jelas menurut Endro untuk urusan tenaga bakal jauh lebih dahsyat dibandingkan generasi sebelumnya.

Suzuki Satria F150 Injeksi

Dapat dipastikan Suzuki Satria F150 Injection akan memakai sistem pendingin cairan, selain itu di bagian dalam mesin ukuran klep intake dan exhaust juga menjadi lebih besar. Inilah yang membuat motor underbone terbaru tersebut memiliki tenaga lebih baik dibandingkan sebelumnya karena semakin besar klep yang digunakan maka campuran bahan bakar dan udara juga semakin besar sehingga performa motor pun turut terdongkrak. Jika sebelumnya Suzuki Satria mesin karburator hanya memakai intake 22 dan exhaust 19 maka untuk model injeksi ini menggunakan intake 24 serta exhaust 21.

Menurut salah seorang sumber dari Suzuki peluncuran Satria F150 mesin injeksi memang benar akan dilakukan pada awal 2016 dan saat ini pihaknya tengah menggarap pembuatan iklan. Seperti diketahui berita mengenai segera dilahirkannya Suzuki Satria F150 Injeksi sudah cukup lama beredar namun sayangnya pihak SIS masih terus menutup-nutupi.

Menurut Endro Nugroho pihak SIS saat ini terus melakukan riset dan pengembangan pada andalannya tersebut supaya nantinya bisa menjadi motor tercepat dikelasnya. Memang hingga sekarang Suzuki Satria lebih identik sebagai kendaraan yang sering digunakan dalam ajang balapan terutama di Indonesia baik itu resmi maupun jalanan. Hanya saja di tahun 2015 ini persaingan motor bebek underbone semakin memanas setelah dua pesaing utamanya yaitu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan New Yamaha MX King 150 dan PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan New Honda Sonic 150R.

Jika tidak segera melakukan perubahan bukan tidak mungkin Suzuki Satria F150 bakal semakin ketinggalan daru dua pesaing utamanya itu, selain berpengaruh terhadap segi penjualan tentu saja juga turut mempengaruhi hasil event balap di kelas underbone 150cc. Sampai saat ini PT SIS masih tetap menjual versi karburator namun dalam waktu dekat kabarnya produksi Suzuki Satria F150 model lama akan segera dihentikan.

Dengan melihat berbagai persiapan yang telah dilakukan oleh Suzuki Indonesia kemungkinan besar peluncuran model terbaru dari Satria F150 ini akan dilakukan selambatnya pada awal tahun depan atau diperkirakan pada bulan Januari 2016.

Baca Juga : Keunggulan Suzuki Satria FU Injeksi 2016

1 COMMENT

  1. tapi memang harus diakui kalo satria injeksi paling superior atas SEMUA mesin kelas 150 4 tak Standar pabrik yang beredar di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here