Home Motor Motor Bebek Deretan Motor Bebek Terlaris Di Indonesia Januari-November 2015

Deretan Motor Bebek Terlaris Di Indonesia Januari-November 2015

1598
0

OTONITY.com – Daftar Motor Bebek Paling Laris Di Indonesia, Segmen motor bebek memang sudah tidak lagi ramai seperti 10 tahun lalu. Selain karena faktor selera konsumen namun langkah para agen pemegang merek kendaraan roda dua yang lebih memilih untuk lebih banyak menjual motor-motor berjenis matik ke pasar tanah air jelas sangat mempengaruhi penjualan motor bebek. Meskipun begitu para pabrikan tetap saja mempertahankan segmen ini mengingat tidak sedikit pula konsumen yang masih setia terhadap motor bebek.

Sementara itu menurut data yang dirilis oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) terhitung sejak januari hingga November 2015 penjualan motor bebek di pasar dalam negeri hanya berada di angka 788 ribuan unit. Atau memperoleh pangsa sekitar 13,23 persen saja dari seluruh total penjualan sepeda motor di Indonesia yang selama 11 bulan ini meraup 5,9 juta unit.

Dari seluruh penjualan motor bebek tersebut pabrikan Yamaha dan Honda masih tetap mendominasi pasar. Salah satu produk andalan PT Astra Honda Motor (AHM) yaitu New Honda Supra X 125 CW FI menjadi yang paling laris di Indonesia dengan meraih penjualan sebanyak 130.298 unit, motor yang satu ini memang sudah cukup lama digemari oleh masyarakat tanah air karena diklaim memiliki bahan bakar sangat hemat dan juga bodinya sesuai dengan kondisi daerah Indonesia.

Honda Supra X 125 Terbaru

Sedangkan di urutan kedua ditempati oleh Yamaha MX King 150. Motor bebek sport buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ini padahal baru diluncurkan pada tahun 2015 namun langsung menjadi model motor bebek paling laris dari pabrikan YIMM dengan mengalahkan Yamaha Vega Series. Terhitung selama 11 bulan terakhir New Yamaha MX King 150 sudah terjual sebanyak 124.451 unit.

Berikutnya di urutan ketiga ada New Honda Revo Fit FI yang mampu membukukan angka sekitar 93.735 unit selama Januari-November 2015. Penjualan motor bebek satu ini memang tergolong cukup memuaskan mengingat harganya yang sangat murah. Sementara itu pesaing terdekatnya yaitu Yamaha Vega RR untuk tipe DB harus puas berada diperingkat ke empat dengan memperoleh penjualan sekitar 74.853 unit.

Memang jumlah penjualan dari motor murah andalan YIMM ini sudah tidak lagi sebanyak tahun-tahun sebelumnya, apalagi di tahun 2015 Yamaha Vega RR berubah nama menjadi Yamaha Vega Force perpaduan antara model Yamaha Vega dengan Yamaha Force injeksi. Satu lagi produk motor bebek Yamaha indonesia yang cukup digemari oleh masyarakat tanah air yaitu New Yamaha Jupiter Z CW FI. Dengan membukukan penjualan sebanyak 58.517 unit.

Motor Matik Kian Diminati

Seperti kita ketahui hampir semua pabrikan roda dua di Indonesia lebih mengandalkan produk-produk motor bebek untuk mendongkrak penjualan, hal tersebut diyakini cukup berhasil mengingat para konsumen memang menginginkan kendaraan yang lebih nyaman digunakan baik itu untuk orang tua maupun remaja.

Jadi tidak mengherankan kalau dalam beberapa tahun terakhir para ATPM berlomba-lomba melahirkan produk skuter anyar untuk menarik lebih banyak pelanggan. Bahkan di tahun 2015 ini saja motor matik terus membanjiri pasar tanah air meskipun kondisi perekonomian dalam negeri masih lesu.

PT Astra Honda Motor (AHM) misalnya meluncurkan Honda Vario 150 eSP yang harganya tembus Rp 20 jutaan, kemudian untuk pesaing terdekatnya yaitu PT YIMM turut melahirkan skuter berkapasitas 150 cc namun memiliki tubuh lebih besar dengan mengusung nama New Yamaha NMAX 150.

Untuk tahun depan diprediksi pasar skuter bakal semakin kuat mengingat ATPM telah menyiapkan berbagai produk baru, sedangkan untuk motor bebek sepertinya harus puas sebagai pelengkap karena minimnya suplai model baru, hanya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saja yang dikabarkan akan menghadirkan motor bebek underbone terbaru mereka yaitu Suzuki Satria F150 injeksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here