Home Jenis Mobil Hatchback Toyota Etios Valco Berhenti Dijual Di Indonesia Tahun 2016?

Toyota Etios Valco Berhenti Dijual Di Indonesia Tahun 2016?

2044
0

OTONITY.com – Mobil Toyota Etios Valco Indonesia, Sejak diperkenalkan ke publik tanah air pada 2013 lalu memang penjualan Toyota Etios Valco bisa dikatakan masih sangat rendah, hal itu disebabkan karena harga jual dari mobil hatchback ini cukup tinggi. Menurut kabar yang beredar mulai tahun 2016 nanti PT Toyota Astra Motor (TAM) akan menghentikan produksi dari pesaing Honda Jazz ini.

Seperti yang dilansir oleh Kompas otomotif, meskipun pihak Toyota Indonesia sendiri masih belum mau memberikan informasi mengenai hal tersebut namun tanda-tanda bakal berhentinya pemasaran Toyota Etios Valco di Indonesia sudah mulai terlihat.

Beberapa dealer Auto2000 bahkan sudah tidak memiliki banyak stok pada Toyota Etios Valco ini, tidak hanya itu saja menurut salah satu pramuniaga apabila ada konsumen yang ingin membeli harus menunggu hingga satu bulan lebih. Harga yang relatif cukup tinggi menjadi kendala mengapa penjualan Toyota Etios Valco sangat rendah.

Toyota Etios Valco 2015 Indonesia

Banyak calon konsumen yang lebih memilih untuk membeli Toyota Avanza tipe terendah karena secara harga juga tidak jauh berbeda. Sedikit informasi menurut data yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) penjualan Toyota Etios Valco terhitung sejak bulan Januari hingga November 2015 hanya mencapai 5.137 unit saja.

Itu berarti rata-rata penjualan mobil yang sebenarnya memiliki desain stylish ini hanya mencapai 400 unit setiap bulannya, bahkan di awal semester kedua penjualan Toyota Etios Valco berada di angka 100 unit saja. Penjualan tertinggi terjadi pada bulan Maret yang mencapai 924 unit, kemudian di bulan November kemarin berada di angka 579 unit.

Toyota Etios Valco bisa dikatakan merupakan salah satu mobil hatchback dengan desain elegan, hal tersebut bisa dilihat dengan jelas di sektor fascia yang mengusung tampilan menawan dengan kedua lampu utama menyambung bersama grill depan. Tidak hanya itu saja di sektor depan ini juga dilengkapi lampu kabut atau fog lamp sehingga menambah tampan pada mobil yang satu ini.

Beralih ke ruang interior pada Toyota Etios Valco ini memiliki ruang kabin yang cukup lega hingga mampu menampung sebanyak 5 orang dewasa. Selain dibekali jok kursi yang nyaman mobil berkelas ini juga memiliki fitur-fitur modern di dalamnya sehingga membuat para penumpang betah berlama-lama selama perjalanan.

Secara bodi sebenarnya Toyota Etios Valco ini bisa dikatakan perpaduan antara mobil hatchback dan MPV, untuk dimensinya sendiri Etios memiliki panjang 3.755 mm. Lebar 1.695 mm dengan tinggi 1.510 mm. Sementara itu untuk kaki-kakinya dibekali dengan velg berukuran 15 inch dengan dibalut ban berdiameter 185/60.

Beralih ke sektor ruang dapur pacu Toyota Etios Valco untuk pasar Indonesia mengusung mesin 3 NR-FE berteknologi DOHC dengan kapasitas 1.2 liter empat silinder 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 80 PS pada putaran 5.600 rpm serta torsi puncak hingga 10,6 Kgm di putaran 3.100 rpm. Tidak ketinggalan transmisi manual lima percepatan menjadi pendukung utama pada mobil ini.

Berbicara soal fitur jelas Toyota Etios Valco sudah cukup mumpuni dan sangat mewakili sosok city car buatan Jepang, misalnya saja fitur hiburan yang sangat lengkap, kemudian ada juga rear window wiper, power door lock, tachometer, 2DIN Audio 4 Speaker serta auto door.

Memang untuk masalah harga bisa dikatakan mobil ini dibanderol lumayan tinggi yaitu mencapai Rp 145 juta hingga Rp 172 jutaan. Walaupun demikian konsumen pastinya sangat dimanjakan sekali dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh mobil keren. Jadi sangat disayangkan apabila di tahun 2016 nanti PT TAM benar0benar menghentikan produksi dari Toyota Etios Valco.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here