Home Mobil Tata Motors Indonesia Siapkan Lima Mobil Baru Di Tahun 2016

Tata Motors Indonesia Siapkan Lima Mobil Baru Di Tahun 2016

1364
0

OTONITY.com – Mobil Tata Indonesia Terbaru, Tata Motor merupakan salah satu pabrikan non Jepang yang bisa dibilang cukup sukses di pasar Indonesia kendati pabrikan otomotif asal India ini lebih mengandalkan kendaraan komersial dibandingkan dengan mobil penumpang. PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TDMI) ternyata sudah mempersiapkan berbagai produk baru di tahun 2016 nanti.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Manoj Arora selaku Marketing Advisor TMDI. “Kami rencananya akan memperkenalkan sekira empat hingga lima model pada tahun depan,” Jelasnya. Untuk model yang nantinya akan dipasarkan menurut Manoj pihaknya tetap fokus terhadap mobil niaga dengan mesin diesel. Menariknya bukan hanya jenis small dan medium truck saja yang akan diperkenalkan ke Indonesia namun pihak Tata Motors juga bakal memboyong mobil bus, hanya saja belum diketahui kapan waktu pasti peluncuran kendaraan panjang tersebut.

Manoj menambahkan dengan hadirnya model-model baru yang bakal meluncur pada tahun depan berarti akan melengkapi berbagai produk Tata Motors yang sebelumnya sudah di jual di Indonesia. Perlu diketahui saat ini PT TMDI sudah memiliki enam model seperti Tata Super Ace, Vista, Safari Storme dan Aria. Dari deretan model tersebut Tata Super Ace menjadi yang paling laris dengan memberikan sumbangan penjualan mencapai 60 persen dari seluruh mobil Tata yang ada di Indonesia.

Tata Super Ace

Untuk itulah di tahun 2016 nanti PT TMDI akan menyiapkan varian baru pada Tata Super Ace agar konsumennya tidak merasa bosan dengan tampilan yang itu-itu saja. Manoj memberikan sedikit bocoran kalau tahun depan pihaknya juga berencana untuk meluncurkan mobil penumpang namun dirinya belum mau menjelaskan model apa yang dimaksud tersebut. Pria kelahiran India ini juga menjelaskan 100 persen produk Tata nantinya adalah kendaraan niaga karena saat ini tengah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.

Guna memberikan pelayanan terbaik bagi para calon konsumennya Tata bakal menambah point menjadi 125 titik karena saat ini pabrikan asal India ini baru memiliki 76 titik dengan 16 diantaranya melayani 3S (Sales, Service dan Sparepart). Ketika disinggung mengenai target penjualan untuk tahun 2016 nanti Manoj menjelaskan kalau pihaknya tidak memiliki target jangka pendek karena Tata Indonesia punya target lima tahun yaitu di tahun 2019 nanti Tata Motors bisa menembus 10 merek mobil terbesar di Indonesia.

Dalam dua tahun terakhir Tata Motors Indonesia memang lebih fokus menjual kendaraan komersial dibandingkan kendaraan penumpang. Di tahun depan pun hal tersebut juga bakal sama karena masyarakat Indonesia lebih mengenal Tata sebagai distributor mobil niaga.

kendati demikian tidak menutup di tahun berikutnya akan ada mobil penumpang yang siap meramaikan pasar Indonesia, sayangnya pihak TMDI memang sampai saat ini belum ada rencana sama sekali untuk mendatangkan mobil MPV meskipun penjualan kendaraan khusus keluarga tersebut sangatlah bagus.

Hal tersebut terlihat jelas melalui data yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) bahwa di bulan Januari-November 2015 penjualan kendaraan berjenis Low MPV mencapai 242.982 unit. Toyota Avanza menjadi yang paling laris di Indonesia dengan memperoleh penjualan sebanyak 12.506 unit, kemudian di urutan kedua ada Daihatsu Xenia mencapai 33.440 unit dan Honda Mobilio ada diperingkat ketiga dengan 23.913 unit.

Sementara itu di segmen kendaraan komersial Tata Motors memiliki beberapa pesaing yang bisa dikatakan cukup berat. Salah satunya yaitu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang memiliki mobil pikap bernama New Daihatsu Gran Max, kendaraan yang satu ini bahkan menjadi penyumbang terbesar bagi ADM di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here