Wednesday, December 30th, 2015 - Motor, News, Oto Guide

OTONITY.com – Tips Touring Dengan Motor, Berkendara saat musim liburan panjang seperti saat ini memang sangat menyenangkan, apalagi bagi pecinta touring sepeda motor sejati pastinya lebih memilih untuk menghabiskan malam pergantian tahun baru di tempat yang belum pernah dikunjungi. Namun berlibur menggunakan kendaraan roda dua juga harus mematuhi segala hal supaya selalu aman dan nyaman selama perjalanan.

Baik mempersiapkan kondisi motor dan juga fisik pengendara sangatlah penting karena untuk menempuh perjalanan jauh tidak hanya dibutuhkan biaya saja namun juga tubuh prima serta motor yang dalam kondisi benar-benar bagus.

Bagi yang ingin melakukan touring untuk berlibur berikut beberapa tips ringan yang bisa anda terapkan :

  1. Pastikan tubuh anda benar-benar fit untuk bisa berkendara dalam waktu yang lama. Apabila memang dalam kondisi tidak sehat jangan memaksa untuk tetap berangkat, mengkonsumsi obat-obatan tidak dianjurkan karena dikhawatirkan justru mengandung bahan mudah kantuk sehingga mengakibatkan kecelakaan saat berkendara.
  2. Jika tubuh dirasa memang sudah bugar jangan lupa lakukan pemanasan sebelum berangkat. Hal ini dilakukan untuk mencegah kram dan saat menempuh perjalanan jauh. dengan pemanasan tubuh terasa lebih ringan dan tidak mudah mengantuk. Mulailah pemanasan dari kepala, tangan, pinggang hingga pergelangan kaki.
  3. Jangan lupa selalu bawa surat-surat berkendara seperti STNK, SIM dan pastinya KTP yang masih berlaku
  4. Cek kondisi motor terutama fungsi rem, kondisi ban dan penerangan. Pastikan komponen-komponen tersebut benar-benar dalam keadaan baik.
  5. Apabila anda menempuh perjalanan yang memakan waktu cukup lama sebaiknya selalu isi bahan bakar anda sebelum jarum menyentuh garis merah.
  6. Jika saat perjalanan hujan deras mulai turun sebaiknya jangan memaksa untuk melanjutkan perjalanan, dengan meluangkan waktu beristirahat tubuh anda akan kembali fit dan motor pun juga tidak terlalu tersiksa.
  7. Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan di depan anda terutama dengan kendaraan besar. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi apabila kendaraan di depan melakukan pengereman secara mendadak terutama bus yang sering naik turunkan penumpang di pinggir jalan.
  8. Yang terakhir selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas karena pengendara yang baik. Hal itu sangatlah penting karena membantu menjaga ketertiban jalan raya serta memberikan contoh yang baik bagi pengendara lain.

5 Tips Ringan Berkendara Motor Di Saat Musim Hujan

Tips Mudah Redam Amarah Saat Mengemudi

Tips Posisi Mengendarai Motor Yang Benar

Tips Aman Menerjang Banjir Menggunakan Mobil

Tips Berkendara Mobil Yang Aman Ketika Jalanan Berkabut

Motor Matic Yamaha XMAX 250 Meluncur, Ada 4 Pilihan Warna

Daftar Harga Aksesoris Suzuki GSX-R150 2017

Harga Aksesoris Resmi Suzuki GSX-S150 2017

Toyota Great Corolla – Harga, Spesifikasi Dan Review Singkat

Toyota Soluna Bekas – Harga, Spesifikasi Dan Review Singkat