Home Mobil New Toyota Sienta 2016 Siap Diproduksi Di Indonesia?

New Toyota Sienta 2016 Siap Diproduksi Di Indonesia?

2565
0

OTONITY.com – Mobil Toyota Sienta Terbaru, Penjualan Toyota NAV1 di Indonesia dikabarkan bakal dihentikan dalam waktu dekat karena sudah jarang sekali ada peminatnya. Kendati demikian PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah mempersiapkan penggantinya dengan tampilan yang jauh lebih keren dan elegan dibandingkan NAV1. Mobil keluarga terbaru dari TAM tersebut bernama New Toyota Sienta yang nantinya akan berada di bawah Toyota Kijang Innova.

Toyota Sienta sendiri diproduksi oleh Toyota Motor Corp dan untuk generasi terbarunya sudah diperkenalkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2015 di Jepang beberapa waktu lalu. Secara desain memang Sienta jauh lebih menarik dibandingkan NAV1 sehingga tidak mengherankan kalau banyak pihak menganggap mobil keluarga anyar ini mampu bersaing melawan Honda Freed.

Mobil MPV bongsor dari Toyota ini mengusung desain yang terinspirasi dari sepatu tracking dengan menawarkan pintu model geser. Di dalam Toyota Sienta sendiri mempunyai ruang kabin yang cukup lega dengan konfigurasi kursi tiga baris. Sementara itu di sektor eksterior bisa dikatakan New Toyota Sienta memiliki bodi yang cukup mewah dengan grill berukuran besar serta dilengkapi pula lampu berdesain keren. Tidak ketinggalan di sektor belakang terdapat garnish dengan menghubungkan lampu dan bumper.

Toyota Sienta 2016 Indonesia

Di dalam ruang interior New Toyota Sienta terdapat sebuah fitur hiburan menarik yaitu berupa layar sentuh berukuran 4,2 inch terletak di bagian dashboard. Sedangkan untuk sektor dapur pacu mobil in mengusung dua pilihan mesin yaitu tipe hybrid berkapasitas 1.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 73 hp.

Ada juga pilihan mesin bensin konvensional berkapasitas 1.5 liter siklus Atkinson berteknologi Cooled EGR (Exhaust Gas Recirculation) dan VVT-IE (Variable Valve Timing yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 108 hp. Sayangnya belum ada kabar dari pihak Toyota Indonesia mengenai mobil baru ini apakah akan di jual pada tahun 2016 atau masih harus membutuhkan waktu yang lebih lama.

Di Jepang sendiri Toyota Sienta terbaru dibanderol 1.689.709 yen atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 182 jutaan. Jika nantinya masuk ke Indonesia diprediksi mobil ini akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal dan bahkan bisa saja mencapai Rp 200 jutaan.

Namun menurut kabar yang beredar Toyota indonesia sepertinya memang sedang serius untuk menghadirkan pesaing Honda Freed ini ke pasar tanah air untuk menggantikan Toyota NAV1 yang rencananya bakal di hentikan produksinya pada tahun 2016.

Menariknya Toyota Sienta dikabarkan akan diproduksi sendiri oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di pabrik mereka yang ada di kawasan Karawang Plat III Jawa Barat. Tentu saja dengan produksi sendiri di Indonesia harga Toyota Sienta bakal jauh lebih murah dibandingkan harus impor langsung dari Jepang. Selain itu apabila benar Toyota Sienta akan menjadi mobil MPV keempat yang dibuat oleh TMMIN setelah Toyota Avanza, Innova dan NAV1.

Dengan melihat harganya yang lebih murah serta mengusung tampilan unik Toyota Sienta nantinya akan mengisi line up di tengah Toyota Avanza dan Toyota Innova model terbaru yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu. Diprediksi untuk Indonesia nanti Toyota Sienta tidak akan hadir dalam varian mesin hybrid karena memang kurang peminat di pasar tanah air.

Di pasar Indonesia mobil dengan pintu model geser memang belum terlalu populer, selain karena masih kurang begitu di kenal masyarakat biasanya mobil pintu geser juga dianggap kurang menarik. Padahal mobil-mobil berjenis ini lebih nyaman dan mudah dalam mengakses penumpang saat keluar masuk kendaraan. Beberapa mobil pintu geser di Indonesia yang masih tetap bertahan diantaranya Toyota NAV1, Honda Freed dan Daihatsu Luxio.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here