Home Mobil Toyota NAV1 Diskon Harga Hingga Rp 35 Juta

Toyota NAV1 Diskon Harga Hingga Rp 35 Juta

1199
0

OTONITY.com – Mobil Toyota NAV1 Potong Harga, Kehadiran Toyota Sienta ke Indonesia sepertinya tinggal menunggu waktu yang tepat saja. Pasalnya baru-baru ini tersiar kabar kalau Toyota NAV1 sudah tidak akan dijual dan diproduksi lagi di Indonesia. Toyota NAV1 sendiri diperkenalkan untuk pertama kalinya ke pasar tanah air pada bulan Desember 2012 silam serta baru mengalami penyegaran sebanyak satu kali dan itu pun dua tahun setelah peluncurannya atau tepatnya di tahun 2014 kemarin.

Masa depan mobil MPV bertubuh bongsor ini sepertinya sudah berada di ujung tanduk karena menurut kabar yang beredar di tahun 2016 sudah tidak akan dijual lagi. Tanda-tanda tersebut bahkan mulai terlihat jelas mengingat sampai saat ini PT Toyota Astra Motor (TAM) juga tidak kunjung melakukan penyegaran kembali meskipun di Jepang sendiri Toyota NAV1 atau di negara Sakura tersebut bernama Toyota Noah sudah memiliki generasi terbaru.

Di kutip dari kompasotomotif ternyata kabar tersebut memang benar karena menurut salah satu tenaga penjual Toyota di kawasan Jakarta mengungkapkan ada dua model yang siap berhenti produksi pada mulai tahun 2016 yaitu Toyota Etios Valco serta Toyota NAV1. Bahkan menurut pramuniaga tersebut stok Toyota NAV1 sampai saat ini masih ada dan bagi konsumen yang berminat membeli bakal diberikan diskon harga hingga Rp 35 juta.

Toyota NAV1 Indonesia

Sedikit informasi mengenai Toyota NAV1 merupakan mobil MPV bongsor yang dengan mengusung model pintu geser serta dirakit sendiri oleh PT Sugity Creatives di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. Mobil ini sendiri bersaing ketat melawan Honda Freed dan Daihatsu Luxio di pasar Indonesia. Namun sayangnya penjualan Toyota NAV1 masih kalah jauh dibandingkan mobil MPV lain buatan PT TAM seperti Toyota Innova dan Toyota Avanza.

Menurut data yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) berdasarkan penjualan wholesales atau dari pabrik ke dealer, sepanjang Januari hingga November 2015 Toyota NAV1 hanya terjual sebanyak 541 unit. Menariknya angka penjualan tersebut justru sedikit lebih baik dibandingkan saat periode yang sama di tahun lalu dengan meraih penjualan sekitar 535 unit.

Sementara itu untuk harganya sendiri Toyota NAV1 dibanderol paling murah Rp 396,35 juta untuk tipe G AT sedangkan yang paling mahal mencapai Rp 422,2 juta tipe V AT Limited Lux dengan status on the road Jabodetabek. Kabarnya untuk penerusnya nanti yaitu Toyota Sienta bakal di jual di antara banderol Toyota Grand New Avanza dan All New Toyota Kijang Innova.

Selama tiga tahun kehadirannya di Indonesia memang penjualan Toyota NAV1 cenderung menurun. Sempat meraih penjualan tertinggi pada tahun 2013 yaitu mencapai 2.830 unit, kini NAV justru semakin tidak berdaya dan mulai kalah bersaing dengan mobil-mobil keluarga lainnya. Apalagi sejak Toyota Innova dan Toyota Avanza terbaru diluncurkan konsumen pun semakin tidak berminat untuk membeli Toyota NAV1 karena secara harga juga tidak jauh berbeda.

Sebenarnya peluang Toyota NAV1 untuk tetap bisa bertahan di pasar tanah air masih cukup terbuka mengingat mobil MPV bertubuh besar ini diproduksi sendiri oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). dengan investasi pada waktu lalu mencapai Rp 13 triliun untuk operasi selama 5 tahun.

Sementara itu menurut Yui Hastoro selaku Direktur Technical TMMIN saat ini produksi Toyota NAV1 hanya 100 unit saja setiap bulannya. Hanya saja Yui masih belum mau menjelaskan mengenai masa depan pesaing Honda Freed tersebut. “Kita punya model life, itu ada minor change atau major change seperti Innova saat ini. Di situasi seperti itu biasanya kita menentukan keputusan mau diteruskan atau diganti model lain,” ungkap Yui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here