Home Motor Mulai April 2016, SIM C Dibagi Menjadi Tiga Jenis, Apa Fungsinya?

Mulai April 2016, SIM C Dibagi Menjadi Tiga Jenis, Apa Fungsinya?

787
0

OTONITY.com – Kategori SIM C Terbaru 2016, Pemerintah Republik Indonesia beserta Korlantas Polri bakal memberlakukan peraturan baru mengenai kepemilikan surat Ijin Mengemudi (SIM) C yaitu disesuaikan dengan kapasitas mesin motor pemiliknya. Jika sebelumnya pengguna bisa sangat mudah memiliki SIM C baik itu pemilik motor berkapasitas besar maupun kecil, maka kini peraturan pun mulai di ubah guna menjaga ketertiban dan juga keselamatan di jalan raya.

Seperti yang dijelaskan oleh  Kombes Pol. Drs Unggul Sedyantoro, Msi selaku Kabid Manajemen Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Korlantas Polri bahwa mulai April 2016 peraturan baru tersebut akan mulai diterapkan. Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan segala proses mulai dari infrastruktur serta sarana prasarana.

Nantinya kepemilikan SIM C akan dibagi menjadi tiga bagian yaitu SIM C untuk pengguna dengan motor bermesin di bawah 250 cc, lalu SIM C1 bagi pemilik motor berkapasitas mesin antara 250 cc hingga 500 cc dan SIM C2 untuk pemilik motor dengan mesin di atas 500 cc.

Kombes Pol. Drs Unggul Sedyantoro, Msi menambahkan bagi bikers yang sudah memiliki dan lulus SIM C2 maka tidak diwajibkan memiliki SIM C dan SIM C. Namun bagi pemilik SIM C yang mengendarai motor di atas 250 cc maka akan dikenai tilang.

Beragam respon pun langsung terjadi usai pemerintah berencana memberlakukan hal tersebut, tidak terkecuali para pecinta moge yang justru menganggap rencana tersebut akan sangat efektif dalam mengurangi kecelakaan di jalan raya. Pasalnya bagi yang masih belum memiliki mahir dalam mengendarai motor besar maka belum diperbolehkan untuk memiliki SIM C1 atau SIM C2.

Pasalnya pemilik moge sendiri rata-rata adalah masyarakat golongan menengah ke atas karena harga motor-motor berkapasitas besar sendiri tidaklah murah. Tentu ini menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat bagi para Korlantas karena harus lebih banyak memberikan penyuluhan bagi para masyarakat.

Berbicara mengenai motor berkapasitas besar sebenarnya bukanlah hal baru di Indonesia karena saat ini sudah banyak pengguna moge yang tidak hanya berasal dari golongan masyarakat umum saja namun juga ada yang dari kalangan artis dan para pesohor tanah air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here